Pasti Seru! 5 Ide Lomba 17 Agustus Bareng Keluarga di Rumah

ide lomba 17 agustus untuk keluarga

Moms, bertepatan tanggal 17 Agustus dirayakan untuk memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia.Mumpung di rumah saja, ini saatnya Moms dan Ayah untuk merencanakan waktu berkualitas sambil merayakan kemerdekaan RI. Cari tahu apa saja ide atau lomba menarik untuk mengisi hari raya 17 Agustus di rumah.

Daftar ide lomba 17 Agustus di Rumah 

Pada tahun-tahun sebelumnya si Kecil merayakannya di sekolah dengan upacara atau berbagai perlombaan. Tapi sudah dua kali ini si Kecil menghabiskan waktunya di rumah saat 17 Agustus.

Menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga pastinya memberikan manfaat Moms. Komunikasi yang terjalin saat menikmati waktu berkualitas dapat meningkatkan kebahagiaan, kenyamanan, serta melepas stres. Coba, kapan terakhir kali Moms dan keluarga merencanakan event kecil-kecilan di rumah dan dimeriahkan oleh canda tawa?

Baca juga: Ketahui Tips Mengajari Anak Berenang Berikut Ini!

Nah, ini saat yang tepat untuk merayakan kebersamaan pada hari libur nasional kemerdekaan RI. Supaya tak bosan di rumah, berikut ide lomba 17 Agustus bersama keluarga.

1. Lomba membaca pidato teks proklamasi

anak membaca pidato proklamasi, ide lomba 17 agustus

Nah, untuk menanamkan semangat nasionalisme, ajak si Kecil untuk membaca teks proklamasi oleh Ir. Soekarno. Moms juga bisa mendadani anak bergaya ala Presiden Soekarno untuk menambah keseruan.

Ide ini cukup menarik dijadikan lomba 17 Agustus, karena memberikan edukasi dengan cara menyenangkan di rumah tentang semangat nasionalisme.

Baca juga: Melatih Anak Bicara dengan Cara Berikut Ini

2. Melukis masker

Ide lomba 17 Agustus ini tentunya menarik untuk dikaryakan di keluarga ya, Moms. Terlebih lagi ini di tengah pandemi. Bahannya cukup sederhana dengan menyiapkan masker polos, cat khusus kain, dan kuas. Biarkan anak-anak berkreasi menurut imajinasinya. 

Jika dilihat dari sisi perkembangannya, melukis membantu si Kecil untuk memproses informasi secara visual melalui gambar. Di samping itu, otak si Kecil juga terstimulasi, terutama untuk mengembangkan fungsi kognitif dan motoriknya lho, Moms.

3. Lomba melengkapi puzzle

puzzle

Melengkapi puzzle juga menjadi ide lomba seru pada 17 Agustus. Ajak anak-anak untuk melengkapi puzzle secara terpisah. Tentu melengkapi puzzle butuh waktu yang agak lama, tetapi prosesnya perlu dinikmati sehingga sekeluarga pun turut merayakan keseruannya.

4. Lomba makan kerupuk

Tradisi ini pasti tidak akan pernah membosankan untuk diadakan kembali pada 17 Agustus. Bahannya pun sederhana, cukup sediakan tali rafia untuk menggantung kerupuk. 

Pasti Moms  dan Ayah merasa ikut bersemangat melihat si Kecil berusaha meraih kerupuk dan melahapnya hingga habis. Moms dan Ayah juga bisa ikutan lomba untuk memeriahkkan suasana.

Baca juga: Mengajari Anak Naik Sepeda dengan 7 Cara Berikut Ini!

5. Lomba menyusun lego

Punya lego di rumah? Coba yuk adakan lomba menyusun lego. Temanya bisa seputar perjuangan kemerdekaan dann membebaskan si Kecil untuk berimajinasi. Nah, Moms bisa meminta ia untuk bercerita ada kisah apa dibalik lego yang telah disusunnya. Si Kecil jadi ditantang untuk mengolah imajinasinya dan menuangkan menjadi kata-kata. Pasti seru deh!

Itulah beberapa ide lomba 17 Agustus yang bisa dengan sederhana dilakukan keluarga di rumah. Semoga hari kemerdekaan RI dapat diisi oleh momen seru, ya! Selamat mencoba.

Baca juga: Ketahui Tips Mengajari Anak Berenang Berikut Ini!

Referensi:

Thatcher, D. (2020). The Top Ten Benefits of Spending Time with Family | Highland Springs. Retrieved 16 August 2021, from https://highlandspringsclinic.org/blog/the-top-ten-benefits-of-spending-time-with-family/

AASA | American Association of School Administrators. (2021). Retrieved 16 August 2021, from https://www.aasa.org/schooladministratorarticle.aspx?id=7378

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x