Diperlukan perencanaan untuk mencegah kehamilan ketika berhubungan intim. Dengan perencanaan, Moms dan suami tidak perlu khawatir akan kehamilan yang tidak diinginkan. Moms dan pasangan dapat melakukan cara mencegah kehamilan setelah berhubungan dengan beberapa cara. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui beberapa cara yang bisa diterapkan. 

Berikut cara mencegah kehamilan setelah berhubungan 

1. Menggunakan alat kontrasepsi

Cara mencegah kehamilan setelah berhubungan yang pertama yaitu dengan menggunakan alat kontrasepsi. Ini merupakan cara umum yang dilakukan pasangan jika sedang ingin menunda kehamilan. 

Sudah banyak pilihan alat kontrasepsi yang bisa digunakan, mulai dari pil KB, kondom, spiral, KB suntik atau implan. Jika Moms ingin menggunakan alat kontrasepsi, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan serta kenyamanan. 

2. Ejakulasi di luar

Seperti yang Moms ketahui bahwa kehamilan dapat terjadi ketika sel sperma pria bertemu dengan sel telur perempuan atau yang biasa disebut dengan pembuahan. Oleh karena itu, salah satu cara mencegah kehamilan setelah berhubungan intim yaitu dengan mengeluarkan sperma di luar rahim. Hal ini dapat menjadi cara yang efektif untuk mencegah kehamilan. 

3. Hindari melakukan hubungan intim saat masa ovulasi

Setiap wanita tentu memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda satu sama lain. Ketika pendarahan berhenti, maka saat itulah seorang wanita sedang mengalami masa ovulasi atau masa subur. Pada saat masa awal ovulasi ini, tubuh sedang bersiap untuk melepaskan sel telur. Apabila Moms berhubungan intim pada masa ini, kemungkinan kehamilan pun akan tinggi. 

4. Menggunakan kontrasepsi darurat

Menggunakan kontrasepsi darurat adalah salah satu cara mencegah kehamilan setelah berhubungan. Tetapi, Moms perlu pengawasan dokter terlebih dahulu untuk menggunakannya. 

Dokter bisa memberi resep obat berupa alat kontrasepsi darurat yang berisi Levonorgestrel yang merupakan suatu hormon progesteron sintetik di dalam dosis yang tinggi. Namun, obat ini hanya bisa bekerja pada waktu kurang dari 72 jam setelah hubungan intim guna memastikan keefektifannya.

Obat ini hanya mampu mencegah pembuahan dan tidak dapat menggagalkan pembuahan jika sudah terjadi. Penting untuk diketahui bahwa jenis obat ini tidak dijual secara bebas dan membutuhkan resep dokter karena memiliki efek samping sehingga tidak bisa dikonsumsi secara bebas. 

5. Jangan percaya dengan mitos

Masih banyak pemberitaan yang menuliskan beberapa mitos yang berhubungan dengan cara mencegah kehamilan setelah berhubungan. Contohnya, dengan mengonsumsi beberapa makanan seperti buah pepaya. Nyatanya, pepaya yang dianggap mampu mencegah kehamilan justru membantu meningkatkan tingkat prostaglandin dan oksitosin di dalam tubuh perempuan selama masa kehamilan. 

Itulah beberapa cara yang bisa Moms lakukan jika ingin menunda kehamilan. Apapun cara yang dilakukan, Moms dan suami disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar mendapatkan hasil yang maksimal serta menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Cara Tepat Memakai Pil KB

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like