Apakah Moms menerapkan sistem KB kalender? Ada yang berpendapat bahwa berhubungan sebelum haid aman untuk dilakukan jika Moms sedang ingin mencegah kehamilan. Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui kebenaran pendapat tersebut. 

Apakah berhubungan sebelum haid dapat meningkatkan peluang hamil?

Seorang obgyn dari Boston University memaparkan bahwa sangat sulit untuk menentukan kapan masa ovulasi yang tepat. Tetapi, masa setelah haid berakhir merupakan waktu yang paling tidak subur. 

Sulit untuk menentukan kapan Moms akan berovulasi setiap bulannya, oleh karena itu secara teknis peluang untuk bisa hamil ada pada empat sampai lima hari sebelum ovulasi. Mungkin saja hari setelahnya adalah masa yang paling tidak subur. 

Setelah dilepaskan, telur hanya bisa hidup selama 12 sampai 24 jam. Sementara sperma bisa hidup di dalam vagina selama dua sampai lima hari. Setelah Moms mengalami masa subur dengan asumsi bahwa telur tidak dibuahi, tubuh pun akan bersiap untuk melepaskan lapisan endometrium dan melewati telur. 

Menurut American Pregnancy Association, wanita yang mempunyai siklus haid teratur selama 28 hari akan lebih mudah diprediksi. Yang mana hari-hari setelah masa subur, berhubungan sebelum haid pada waktu tersebut adalah waktu yang aman untuk menghindari kehamilan

Tiga sampai empat hari sebelum menstruasi tidak terlalu berpeluang jika ingin mendapatkan kehamilan walaupun tidak menutup kemungkinan juga bahwa Moms akan hamil. Hal ini dikarenakan sebagian besar wanita memiliki hari-hari yang paling subur di sekitar titik tengah siklus atau setidaknya dua minggu sebelum mendapatkan menstruasi.

Namun, Moms juga tetap harus waspada karena kemungkinan hamil sebelum haid bisa saja terjadi. Sebab, siklus menstruasi tidak bisa diprediksi. Ada banyak faktor yang tidak diketahui dan juga tidak bisa dikendalikan yang mampu mempengaruhi ovulasi wanita. 

Oleh karena itu, saat Moms dan pasangan belum siap untuk memiliki kehamilan, menggunakan perlindungan merupakan sebuah keharusan, termasuk dengan menggunakan proteksi seperti kondom atau alat KB yang lain. 

Itulah penjelasan tentang peluang hamil ketika berhubungan sebelum haid yang bisa Moms pahami. Semoga membantu!

Baca juga: KB Implan, Susuk Efektif Pencegah Kehamilan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like