Moms, salah satu cara pencegahan kehamilan dengan angka efektivitas paling besar adalah meminum pil KB. Namun, metode ini sangat tergantung pada cara penggunaan yang tepat. Karena, salah memakai pil KB atau tidak mengikuti jadwal penggunaan pil KB akan menyebabkan alat kontrasepsi ini tidak akan efektif. Yuk, simak jabaran di bawah ini tentang cara tepat memakai pil KB.

Panduan pil KB

Secara umum, pil KB memiliki dua bentuk, pil KB 21 hari dan pil KB 28 hari. Pil KB 21 hari terdiri dari pil yang berisi hormon, sementara pil KB 28 hari merupakan kombinasi antara hormon dan placebo. Kedua pil ini memiliki fungsi yang sama, tinggal Moms memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk Moms yang baru pertama kali menggunakan pil ini, cara tepat memakai pil KB adalah dengan meminumnya di hari pertama haid selama tujuh hari. Di hari kedelapan, kalau Moms ingin melakukan hubungan, sebaiknya tetap menggunakan kondom. Atau kalau ingin mencegah kehamilan, ada baiknya tidak melakukan hubungan seks di hari kedelapan sampai 14 saat Moms sedang memakai pil KB.

Cara tepat memakai pil KB yang lain adalah pil ini harus diminum di waktu yang sama setiap hari. Dan jangan sampai ada satu hari pun terlewat. Ini merupakan hal penting supaya pil KB bisa bekerja lebih efektif. Setelah 21 hari memakai pil KB, Moms akan mengalami haid seperti biasa.

Pil KB bisa dipakai setiap saat selama Moms yakin tidak dalam keadaan hamil. Untuk Moms yang sedang menyusui, sebaikan pemakaian pil KB dilakukan setelah selesai ASI Eksklusif atau tiga bulan setelah berhenti menyusui.

Jika Anda baru beralih ke pil KB dari metode kontrasepsi lain, misalnya KB suntik, pil dapat diminum langsung tanpa harus menunggu haid dulu. Setelah melahirkan, pil KB boleh kembali dilanjutkan setelah 6 bulan ASI Ekslusif atau setelah 3 bulan jika Anda tidak menyusui. Intinya, pil KB dapat mulai diminum setiap saat asal Anda yakin tidak sedang hamil.

Baca juga: KB Implan, Susuk Efektif Pencegah Kehamilan

Cara tepat memakai pil KB sesuai merek

Moms akan menemukan ada tiga merek pil KB yang beredar, cara tepat memakai masing-masing merek tidak jauh berbeda namun, ada sedikit perbedaan yang harus dicermati.

Pil KB Andalan

Merek ini adalah yang paling sering digunakan. Pil KB Andalan memiliki paket 21 dan paket 28 hari. Satu pil diminum setiap hari dan pada jam yang sama.

Pil KB Diane

Serupa dengan merek sebelumnya, pil KB Diane pun harus diminum satu kali sehari pada jam yang sama. Setelah memulai siklusnya, Moms harus minum obat sampai habis.

Pil KB Yasmin

Untuk pil KB Yasmin yang harus diperhatikan adalah pil ini tidak boleh dikonsumsi saat Moms sedang hamil atau sudah telat haid dua kali berturut-turut. Untuk Moms yang baru saja melahirkan, pil dapat diminum setelah empat minggu pasca melahirkan.

Kalau Moms terlupa meminum pil, segera minum pil KB begitu ingat, walaupun berarti harus minum dua pil di hari yang sama, selama tidak lebih dari 12 jam. Setelah itu lanjutkan meminum pil KB seperti biasa, Tapi, kalau sudah terlambat minum pil lebih dari dua hari, ada baiknya juga menggunakan kondom.

Saat Moms terlupa, kalau masih tersisa tujuh pil atau lebih, pil bisa tetap diminum seperti biasa. Tapi, kalau yang tersisa kurang dari tujuh pil, sebaiknya menggunakan paket baru.

Efek samping dari penggunaan pil KB adalah meningkatnya risiko stroke dan serangan jantung. Untuk Moms yang berusia di atas 35 tahun atau memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya berhati-hati menggunakan pil KB. Metode kontrasepsi ini juga tidak boleh digabung dengan metode kontrasepsi lain, kecuali kondom.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like