Alat kontrasepsi seperti pil KB umum digunakan bagi Moms yang tidak berencana memiliki anak. Penggunaan pil ini cukup populer di masyarakat, bahkan Moms bisa langsung membelinya di apotek terdekat. Lalu, bagaimana cara minum pil KB dengan benar dan sesuai dengan anjuran? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini!

Cara Minum Pil KB

Cara minum pil kontrasepsi tentu berbeda-beda tergantung pada jenis pil KB yang Moms pilih untuk dikonsumsi. Akan tetapi, ketika pertama kali ingin menggunakan pil KB, Moms dapat mempraktekan salah satu dari metode cara minum pil kb agar tidak hamil seperti bawah ini, terlepas dari jenis pil KB yang akan Moms konsumsi. Antara lain:

Metode ‘hari pertama’

Cara pertama yaitu Moms dapat memulai minum pil KB pertama pada hari pertama menstruasi dan efek mencegah kehamilan akan langsung dapat Moms rasakan.

Metode ‘hari Minggu’

Pil KB pertama diminum ketika hari Minggu pertama setelah menstruasi. Moms masih perlu menggunakan alat kontrasepsi lainnya, seperti kondom, selama tujuh hari ketika ingin melakukan hubungan intim.

Metode ‘memulai dengan cepat’

Moms bisa langsung minum pil aktif pertama pada hari apapun. Berbeda dengan metode ‘hari pertama’, Moms masih perlu menggunakan alat kontrasepsi lain, seperti kondom ketika ingin melakukan hubungan seksual selama tujuh hari.

Metode ‘hari kelima’

Cara berikutnya yaitu Moms bisa minum pil KB pertama ketika hari kelima menstruasi.

Cara Mengonsumsi Pil KB yang Benar Sesuai Jenis

Pada saat Moms mengonsumsi pil KB yang pertama, Moms tidak perlu memperhatikan jenis pil KB yang dikonsumsi. Akan tetapi untuk jadwal konsumsi berikutnya, cara minum haruslah sesuai dengan aturan pakai dari jenis pil KB yang dipilih. Hal ini karena cara kerja setiap jenis pil KB berbeda-beda.

Umumnya terdapat dua macam pil KB, yaitu pil KB kombinasi dan pil KB progestin. Pil KB kombinasi biasanya dijual dalam bentuk paket 21 hari, 28 hari, dan 91 hari.

Cara minum pil KB Progestin (POP/mini pill)

Mengonsumsi pil mini caranya yaitu satu pil tiap hari pada waktu yang sama dengan toleransi keterlambatan tiga jam. Seperti contohnya apabila Moms mengonsumsi pil KB progestin pada pukul 1, keesokan hari dan seterusnya Moms harus minum pil KB di waktu yang sama atau maksimal sebelum pukul empat.

Pil KB progestin ini dijual dalam bentuk paket 28 hari. Moms wajib minum pil KB progestin setiap hari selama 28 hari atau empat minggu berturut-turut.

Ketika mengonsumsi pil KB progestin, Moms dapat mengalami menstruasi yang tidak teratur dan bahkan tidak mengalami menstruasi.

Cara minum pil KB kombinasi 21 hari

Pil KB kombinasi juga harus Moms konsumsi satu pil tiap hari. 

Apabila Moms memilih pil KB kombinasi yang berisi 21 pil, Moms dapat meminum satu pil tiap hari selama 21 hari atau tiga minggu berturut-turut. Moms tidak perlu minum pada waktu yang sama tiap harinya. 

Pada minggu keempat, Moms tidak perlu mengonsumsi pil KB lagi. Sebab, hal ini merupakan waktu menstruasi Moms. Setelah minggu keempat, barulah Moms dapat minum pil KB kombinasi lanjutan.

Cara minum pil KB kombinasi 28 hari

Cara pakai pil KB kombinasi paket 28 hari sebenarnya mirip dengan aturan mengonsumsi pil KB kombinasi paket 21 hari.

Moms hanya cukup mengonsumsi satu pil tiap harinya selama 28 hari atau empat minggu berturut-turut. Pada hari ke-29, Moms dapat melanjutkan konsumsi pil KB Moms.

Pada pil KB kombinasi paket 28 hari, terdapat pil kosong yang tidak memiliki kandungan hormon (plasebo) untuk diminum pada hari terakhir.

Pil KB bebas hormon ini berlaku sebagai pengingat untuk menerapkan kebiasaan minum pil KB tiap hari dan untuk melanjutkan paket pil KB yang baru dengan tepat waktu.

Cara minum pil KB kombinasi 91 hari

Cara menggunakan pil KB paket 91 hari juga hampir sama dengan cara mengonsumsi pil KB kombinasi paket 28 hari.

Moms harus mengonsumsi pil KB kombinasi paket 91 hari setiap hari. Pada saat Moms mengonsumsi pil KB kombinasi paket 91 hari, Moms hanya akan menstruasi tiap tiga bulan sekali

Sama dengan pil KB kombinasi paket 28 hari, pil KB kombinasi paket 91 hari juga mempunyai pil KB bebas hormon yang merupakan pil di minggu terakhir.

Sebagai cara agar Moms tidak lupa mengonsumsi pil KB, Moms bisa menuliskan jadwal pada memo, pasang alarm, ataupun menandai pengingat di kalender.

Pengingat jadwal minum penting agar pil KB efektif dan Moms tidak kebobolan hamil, terutama apabila yang dikonsumsi merupakan pil KB jenis progestin.

Itulah beberapa cara minum pil KB yang bisa Moms terapkan, semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Efek Samping Penggunaan KB Spiral dan Cara Mengatasinya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like