Beda dengan melahirkan normal, Moms yang menjalani operasi caesar tentu perlu waktu pemulihan yang lebih lama lagi. Untuk kembali pulih total setelah Moms operasi caesar tentu tidak mudah. Ada banyak hal yang perlu Moms perhatikan agar keadaan cepat kembali pulih. Lalu, apa saja hal yang perlu dihindari setelah menjalani operasi caesar?

Apa saja hal yang harus dihindari setelah Moms operasi caesar?

Setelah Moms operasi caesar, mungkin Moms tidak akan diizinkan untuk langsung pulang ke rumah dan harus dirawat di rumah sakit selama beberapa hari. Moms akan dirawat secara baik oleh tim medis saat masih berada di rumah sakit. Namun, saat sudah pulang ke rumah, Moms harus merawat diri sendiri supaya cepat pulih dan dapat beraktivitas secara normal kembali. 

Pada umumnya, wanita membutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk pulih setelah melakukan operasi caesar. Tentunya dengan melakukan anjuran yang benar serta menghindari beberapa pantangan. 

Nah, apa saja sih hal yang harus dihindari setelah Moms operasi caesar? Berikut ini penjelasannya.

Beberapa aktivitas fisik yang harus dihindari setelah operasi caesar

1. Melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang berat

Setelah Moms operasi caesar, Moms tentunya tidak diizinkan untuk melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang berat. Misalnya seperti bersepeda, berenang, serta aerobik. Namun, bukan berarti Moms hanya boleh berdiam diri seharian di rumah, lho.

Moms dapat melakukan aktivitas fisik yang dapat membuat tubuh Moms tetap bergerak, contohnya seperti berjalan kaki. 

2. Berhubungan seksual dengan pasangan

Setelah Moms operasi caesar, disarankan untuk tidak berhubungan sek selama 6 minggu pasca operasi. Saat itu, rahim sudah pulih kembali dan biasanya pendarahan pun sudah berhenti secara sepenuhnya, Selain itu, perubahan hormon yang terjadi setelah operasi akan membuat Moms menjadi kurang bergairah. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan waktu untuk kembali normal.

3. Kekurangan tidur

Walaupun sulit mengatur waktu tidur disaat Moms juga harus merawat bayi serta memberinya ASI eksklusif, namun sebaiknya Moms perlu pintar dalam mencari waktu luang setelah Moms operasi caesar untuk beristirahat.

4. Membawa barang berat

Setelah Moms operasi caesar, sebaiknya hindari membawa barang yang melebihi berat bayi karena hal ini akan mempengaruhi luka operasi caesar. 

Baca juga: Ibu Tidak Boleh Tidur Siang Setelah Melahirkan?

Apa saja pantangan saat merawat luka operasi caesar?

1. Tidak menjaga kebersihan diri

Setelah Moms operasi caesar dan sudah diizinkan untuk pulang ke rumah oleh dokter, ingatlah untuk menjaga luka bekas operasi agar tetap bersih. Moms memang tidak perlu mengganti perban luka jahitan sendiri karena hal ini akan dilakukan saat sedang kontrol ke dokter.

Hal yang perlu Moms lakukan yaitu hanya dengan menjaga kebersihan diri. Moms harus membiasakan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Selain itu, pastikan juga area luka agar tetap bersih.

2. Membasahi luka bekas operasi caesar

Pada umumnya, jahitan operasi akan dicabut setelah 2-3 minggu kemudian. Oleh karena itu, Moms harus tetap menjaga jahitan agar tetap kering sehingga proses pemulihan pun terjadi dengan cepat. 

Baca juga: Cara Menyembuhkan Jahitan Caesar Dengan Tepat?

Apa saja pantangan makanan dan minuman setelah operasi caesar?

1. Diet ketat

Sebenarnya tidak ada makanan ataupun minuman yang harus dihindari setelah Moms operasi caesar. Dengan melakukan diet sehat sudah cukup untuk membantu Moms dalam proses pemulihan.

Tetapi, hindari melakukan diet ketat walaupun Moms sangat ingin berat badan kembali menjadi normal. Karena dengan melakukan diet ketat, pemulihan pun akan menjadi lama dan juga akan mempengaruhi kualitas ASI Moms. 

2. Kekurangan makan serat dan minum

Kebanyakan wanita mungkin akan mengalami sembelit setelah operasi caesar. Hal ini tentunya akan membuat Moms menjadi tidak nyaman. Terlebih saat Moms mengejan dengan keras sehingga menimbulkan rasa sakit pada luka.

Maka, untuk mencegah hal ini terjadi, minumlah air putih yang cukup serta perbanyak konsumsi makanan yang berserat.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like