Deg-degan Muncul Dua Garis Samar di Test Pack, Hamil atau Tidak?

Dua Garis Samar

Terlambat menstruasi merupakan salah satu tanda kehamilan paling akurat yang umum dijadikan tolak ukur oleh banyak perempuan. Jika telah merasakan tanda seperti itu, biasanya perempuan akan mengecek kepastiannya melalui alat tes kehamilan atau test pack. Alat tes kehamilan yang biasa digunakan, mempunyai arti negatif hamil ketika menunjukkan satu garis, sedangkan dua garis menandakan bahwa Moms sedang positif hamil. Lalu, bagaimana apabila hasil test pack Moms memperlihatkan dua garis yang samar?

Arti Hasil Testpack Samar

Alat tes kehamilan yang Moms gunakan di rumah, dirancang untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya hormon hCG (Human Chorionic Gonadotropin) dalam urine. Pada kehamilan, kadar hormon hCG akan meningkat di dalam darah, dan bisa terdeteksi juga di dalam urine, yang akan menunjukan hasil 2 garis pada alat tes kehamilan.

Akan tetapi pada sebagian wanita, dua garis yang muncul pada alat tes kehamilan terlihat samar. Berikut terdapat beberapa kemungkinan yang menyebabkan munculnya garis yang samar pada alat test pack, antara lain:

  • Moms sedang hamil
    Jika Moms melakukan tes kehamilan di rumah dan hasilnya menunjukkan dua garis samar, kemungkinan besar Moms sedang hamil. Test pack dengan dua garis samar dapat karena hormon hCG yang dihasilkan masih sangat rendah dan belum bisa terdeteksi sepenuhnya. Sejalan dengan bertambahnya usia kehamilan, maka hormon hCG akan meningkat di dalam tubuh. Moms dapat mengulang tes kehamilan beberapa hari kemudian.
  • Test pack mengalami penguapan
    Dua garis samar pada test pack juga bisa diakibatkan oleh proses penguapan dari urine pada alat tes. Untuk menentukan apakah garis samar yang timbul adalah tanda positif atau garis penguapan, perhatikan kapan garis kedua tersebut muncul. Garis penguapan umumnya muncul beberapa menit setelah waktu yang disarankan dalam instruksi pemakaian. Sebaliknya, jika hasil positif samar sudah terlihat dalam rentang waktu yang disarankan, kemungkinan besar kamu hamil. Oleh karena itu, penting membaca hasil tes, sesuai dengan instruksi yang ada.
  • Moms mengalami keguguran dini
    Dua garis positif yang samar juga bisa menjadi tanda keguguran yang sangat dini dan sering dikatakan kehamilan kimiawi, yang umumnya terjadi di bawah usia 12 minggu atau jauh lebih awal dari itu. Apabila Moms masih melihat hasil positif setelah keguguran, test pack umumnya memperlihatkan garis yang samar. Hal ini diakibatkankan oleh peningkatan hormon hCG masih terdeteksi, meski kadarnya telah mulai menurun.

Baca juga: Aborsi Adalah Tindakan Penuh Resiko, Bagaimana Aturannya?

Apa yang Harus Moms Lakukan?

Cobalah beberapa metode untuk memastikan kebenaran hasil test pack

Jika tidak yakin dengan hasil yang muncul, Moms dapat mengulang tes beberapa hari kemudian. Apabila benar Moms hamil, maka hormon hCG akan sudah meningkat dan bisa memunculkan garis yang lebih tegas. Pastikan pula Moms menggunakan test pack dengan tepat, tujuannya agar hasilnya lebih akurat.

Jika hasil yang diperoleh masih sama yaitu dua garis samar, sebaiknya Moms segera untuk konsultasi ke dokter. Tidak hanya tes urine, dokter bisa menyarankan metode deteksi kehamilan lain, seperti melalui tes darah. Tes darah dapat mendeteksi kehamilan lebih awal dibandingkan dengan tes urine. Bahkan tes ini sudah dapat Moms lakukan 6-8 hari setelah terjadi pembuahan. Namun, hasil tes darah untuk mengetahui kehamilan memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan tes urine.

Itulah beberapa fakta mengenai  dua garis test pack yang terlihat samar. Meskipun terdapat beragam kemungkinan yang dapat terjadi, akan tetapi ada baiknya jika Moms terus menjaga kondisi kesehatan apabila tanda-tanda kehamilan telah dirasakan. Hal tersebut diketahui mampu mencegah terjadinya hal buruk yang bisa terjadi pada janin yang ada di dalam perut. Jadi sekarang Moms tidak perlu bingung lagi ketika menemukan dua garis samar dari hasil test pack yang Moms lakukan.

Baca Juga: Positif Hamil Atau Gejala Mau Haid? Begini Cara Membedakannya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x