Masih ada banyak masyarakat Indonesia yang percaya dengan mitos tentang masa nifas. Moms pasti mendengar mitos semacam tidak boleh keluar rumah hingga 40 hari sampai para ibu tidak boleh tidur siang setelah melahirkan, kan? Tapi sebenarnya, apakah mitos tersebut benar? 

Mengapa ibu tidak boleh tidur siang sehabis melahirkan?

Larangan ini dimulai dari kenyataan bahwa bayi yang baru lahir perlu dirawat dan selalu diawasi. Tetapi, hal ini tidak lantas membuat ibu tidak boleh tidur siang setelah melahirkan meskipun hanya 10 menit saja.

Para ibu yang baru melahirkan diperbolehkan untuk tidur siang selagi bisa. Tidur justru merupakan kebutuhan utama manusia yang wajib dipenuhi dan bukanlah hal yang harus dihindari Moms sehabis melahirkan. Apabila ibu tidak boleh tidur siang setelah melahirkan, maka proses pemulihan akan lama.

Manfaat tidur siang untuk Moms yang baru melahirkan

Tidur siang dapat mengembalikan stamina, sehingga mampu mempercepat proses pemulihan para ibu setelah melahirkan. Saat Moms tidur, sistem imun akan mengeluarkan senyawa sitokin yang berguna untuk melawan peradangan serta infeksi di dalam tubuh.

Apabila Moms tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka tubuh akan kekurangan sitokin yang dapat berfungsi untuk mencegah Moms jatuh sakit.

Apabila Moms kurang tidur, kondisi tubuh yang belum fit setelah melahirkan bisa semakin menurun. Sehingga Moms tidak memiliki cukup energi untuk merawat si kecil yang baru lahir.

Kekurangan energi akibat waktu istirahat yang kurang malah akan menurunkan tingkat produktivitas Moms. Karena itu, tidur siang setelah melahirkan adalah cara yang baik untuk menggantikan kurangnya waktu Moms untuk tidur.

Tidur siang dengan teratur juga bisa membantu menurunkan stres serta rasa cemas yang sering menyerang para ibu setelah melahirkan. Hal tersebut pun akan membantu Moms untuk mendapatkan mood yang lebih baik dalam mengurus buah hati.

Jadi kesimpulannya, mitos soal ibu tidak boleh tidur siang setelah melahirkan tidaklah benar. 

manfaat tidur siang sesudah melahirkan

Baca juga: Perut Tertekan Saat Hamil, Berbahaya Atau Tidak?

Namun, tidak semua ibu dapat tidur siang setelah melahirkan dengan nyenyak. Ini karena mereka harus sering menyusui bayinya. Berikut ini tips untuk istirahat sehabis melahirkan yang Moms mungkin belum ketahui.

Tips istirahat sehabis melahirkan

Merawat bayi yang baru lahir adalah pekerjaan yang sangat melelahkan. Apabila tidak pintar dalam mengatur waktu, Moms bisa kekurangan jam tidur. Nah, untuk mencegah kondisi tersebut, berikut ini tips-tips istirahat sehabis melahirkan yang bisa Moms lakukan di rumah.

1. Tidur ketika bayi sudah terlelap

Coba untuk istirahat apabila anak Moms sudah tidur. Tetapi, pastikan juga bayi tetap dalam keadaan aman dan nyaman. Meskipun kadang Moms ingin melakukan pekerjaan rumah tangga yang lain, beristirahat sebentar akan bermanfaat. Pasanglah alarm jika Moms khawatir akan tertidur terlalu lama.

2. Memahami pola tidur si bayi

Fase ketika bayi bangun hingga berkali-kali dalam semalam tak akan bertahan selamanya. Karena ketika bayi bertambah usia, durasi tidur mereka pun akan menjadi lebih lama. Cari tahu soal waktu tidur bayi yang ideal serta bagaimana cara membantu si kecil tidur lebih cepat.

3. Tidur lebih awal

Biasakan untuk tidur lebih awal selama satu minggu setelah Moms melahirkan. Apabila terasa susah untuk tidur, lakukan sesuatu yang bisa menenangkan tubuh dan pikiran sehingga Moms menjadi terangsang untuk tidur lebih awal.

Beberapa kegiatan yang bisa Moms lakukan sebelum tidur salah satunya adalah berendam dengan air hangat atau mendengarkan musik.

4. Minta bantuan sang suami

Jangan merasa sungkan untuk meminta bantuan dari orang lain, khususnya pasangan, ketika Moms membutuhkan bantuan mereka. Moms bisa berbagi tugas dengan sang suami misalnya seperti bagian siapa yang menggendong bayi ketika menangis di malam hari atau siapa yang mengganti popok. Moms juga dapat meminta kerabat dengan untuk membantu membereskan rumah supaya dapat istirahat lebih lama.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Cimut

Kalau gak boLeh tidur siang bisa pingsaAaN

You May Also Like