Berolahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh, bahkan saat Moms baru saja pulih setelah menjalani operasi caesar. Tetapi, Moms pasti sering bertanya-tanya, sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk kembali berolahraga setelah operasi caesar? Simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya. 

Kapan Moms boleh kembali berolahraga setelah operasi caesar?

Jika Moms melahirkan bayi lewat operasi caesar, tentunya Moms membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih dibanding melahirkan dengan cara normal.

Waktu pemulihan pasca operasi caesar berbeda-beda untuk setiap perempuan. Tetapi biasanya, Moms membutuhkan waktu 6-8 minggu untuk istirahat di rumah serta menunggu hingga jahitan sembuh sebelum akhirnya dapat beraktivitas kembali seperti biasa.

Bahkan Moms mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama apabila terjadi komplikasi atau infeksi pada luka bekas jahitan operasi.

Apabila Moms sudah merasa fit setelah memulihkan diri selama 6 minggu dan dokter pun sudah mengizinkan untuk berolahraga setelah operasi caesar, maka Moms boleh saja untuk melakukannya. 

Walaupun begitu, Moms tetap tidak boleh melakukan jenis olahraga yang berat terlebih dahulu. 

Baca juga: Cara Menyembuhkan Jahitan Caesar Dengan Tepat

Mulailah dengan pemanasan ringan

Moms bisa memulai berolahraga setelah operasi caesar dengan melakukan senam Kegel guna melatih otot dasar panggul atau berlatih mengangkat kedua kaki lurus ke atas secara bergantian sambil berbaring.

Apabila Moms merasa sakit ketika mengangkat kaki, terutama di bagian sayatan, maka tandanya Moms terlalu cepat memulai olahraga. Moms dapat mengulangi berlatih angkat kaki ini setiap minggu hingga rasa sakit menghilang. 

Alternatif lainnya, Moms dapat melakukan latihan yang dapat memperbaiki postur tubuh ketika berdiri sesering mungkin. Rasa nyeri yang muncul merupakan hal yang wajar karena Moms sudah biasa dalam posisi membungkuk selama hamil serta karena adanya bekas jahitan.

Jika Moms sudah melakukan latihan memperbaiki postur tubuh dengan benar, maka setelah 4-6 bulan melahirkan Moms dapat berolahraga lagi untuk memperkuat otot perut. Caranya yaitu dengan membaringkan tubuh serta menekuk kedua kaki.

Kemudian angkat pantat Moms ke atas dengan perlahan. Latihan-latihan tersebut memang akan menekan jahitan tetapi rasanya tidak akan terlalu menyakitkan. 

Moms harus ingat, meskipun Moms sudah merasa kuat dan fit, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu sebelum kembali berolahraga setelah operasi caesar agar terhindar dari resiko terbuka kembali bekas jahitan.

Apa saja jenis olahraga yang aman dilakukan setelah caesar?

Beberapa jenis olahraga yang aman jika Moms ingin kembali berolahraga setelah operasi caesar yaitu jalan cepat, jalan santai, yoga, berenang, serta lari.

Tetapi, untuk Moms yang mengalami prolaps panggul sehabis melahirkan, sebaiknya hindari jenis olahraga lagi serta jenis-jenis latihan lainnya yang dapat menekan perut atau mengharuskan Moms untuk tengkurap seperti squat dan sit up. Karena latihan ini mampu memberi tekanan yang lebih besar di perut. 

Moms dapat melakukan olahraga di dalam ruangan atau di luar ruangan, namun di tempat yang teduh. Selain itu, jangan lupa untuk membawa air minum agar terhindar dari dehidrasi dan luangkan waktu untuk beristirahat supaya Moms tidak kelelahan.

Baca juga: Beberapa Hal yang Perlu Dihindari Setelah Moms Operasi Caesar

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like