Setelah melahirkan, Moms masih harus memenuhi kebutuhan nutrisi harian agar dapat menghasilkan ASI berkualitas untuk bayi. Karena makanan yang Moms konsumsi juga akan mempengaruhi kesehatan bayi, jadi sebaiknya Mosm tetap menjaga pola makan yang sehat saat menyusui. Selain itu, dengan menjaga asupan nutrisi, Moms juga akan membantu untuk memperlancar produksi ASI di tubuh Moms. Ada beberapa nutrisi untuk ibu menyusui yang harus dipenuhi. Berikut ini diantaranya. 

Apa saja nutrisi untuk ibu menyusui yang harus dipenuhi?

1. Kalori

Salah satu nutrisi untuk ibu menyusui yang harus dipenuhi yaitu kalori. Saat Moms sedang menyusui, dibutuhkan 500 kalori lebih banyak. Moms tidak perlu pusing untuk menghitung jumlah kalori karena kebutuhan kalori setiap orang berbeda. Moms hanya perlu makan saat merasa lapar. Karena rasa lapar yang Moms rasakan berhubungan dengan proses tubuh yang memproduksi ASI. Selain itu, Moms sebaiknya juga mengonsumsi camilan yang sehat. 

2. Protein

Protein merupakan nutrisi untuk ibu menyusui yang perlu dipenuhi. Moms perlu mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan protein guna membangun serta memperbaiki jaringan di dalam tubuh. Kandungan protein juga memiliki peran penting untuk pertumbuhan dan juga perkembangan bayi. Selain itu, protein bermanfaat dalam membantu pemulihan tubuh. Moms bisa memperoleh kebutuhan protein dengan mengonsumsi daging ayam, daging sapi, tempe, tahu, telur, dan seafood

3. Asam lemak

Nutrisi untuk ibu menyusui yang selanjutnya adalah asam lemak. Selain berperan sebagai sumber energi, lemak bermanfaat untuk membangun jaringan otak bayi. Tubuh Moms juga memerlukan lemak selama masa menyusui. Namun, sebaiknya Moms mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tidak jenuh. Untuk memperoleh asam lemak, Moms dapat mengonsumsi makanan seperti daging saping, ikan kembung, ikan salmon, kacang-kacangan, dan lain-lain. 

4. Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral juga termasuk nutrisi untuk ibu menyusui yang harus dipenuhi, lho. Vitamin C berperan penting di dalam tubuh setelah Moms melahirkan dan mampu membantu pertumbuhan gigi, tulang, serta produksi kolagen pada bayi. Selain itu, vitamin E juga bermanfaat untuk Moms dalam mencegah anemia setelah melahirkan dan dapat melindungi paru-paru dan mata bayi dari berbagai masalah karena kekurangan oksigen karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Moms bisa memperoleh vitamin C dengan mengonsumsi sayur brokoli, tomat, atau buah jeruk. Dan untuk vitamin E, Moms dapat mengonsumsi alpukat, bayam, kacang almond, dan juga asparagus. 

Selain itu, bayi juga membutuhkan kalsium untuk pembentukan gigi dan tulang. Sedangkan Moms membutuhkan zat besi yang akan berfungsi untuk pembentukan sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia setelah melahirkan. Moms dapat memperoleh kandungan kalsium dari makanan keju atau susu. 

Baca juga: Makanan yang Harus Dikonsumsi Setelah Moms Melahirkan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like