Bagi Moms yang baru saja menjadi seorang ibu, hal terbaik yang bisa dilakukan bagi diri sendiri serta bayi yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat. Ada beberapa makanan yang harus dikonsumsi setelah melahirkan untuk memberikan Moms stamina. 

Selain itu, penting bagi Moms untuk mengetahui bahwa kualitas ASI Moms akan tetap hampir sama tidak peduli makanan apa yang Moms konsumsi. Hal ini disebabkan karena jika Moms tidak memperoleh nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, tubuh Moms akan mengambil nutrisi dari “simpanan” Moms sendiri.

Maka, pastikan bahwa Moms mendapat nutrisi yang diperlukan bayi dengan cara mengonsumsi makanan yang bergizi. 

Apa saja makanan yang harus dikonsumsi setelah melahirkan?

Ikan salmon

Salmon merupakan makanan yang harus dikonsumsi Moms setelah melahirkan serta saat menyusui. Selain itu juga ikan berlemak lainnya yang kaya akan lemak yang disebut dengan DHA. DHA sangat penting bagi perkembangan sistem saraf bayi.

Semua ASI memang mengandung DHA, namun tingkat nutrisi penting dalam ASI Mom ini akan lebih tinggi jika memperoleh tambahan DHA dari makanan yang dikonsumsi. DHA yang ada pada ikan salmon juga bisa membantu mood Moms hingga mengurangi resiko terkena baby blues.

Baca juga: 3 Posisi Tidur yang Nyaman Setelah Melahirkan

Produk susu yang rendah lemak

Keju, susu, yogurt, atau produk susu apapun merupakan makanan yang harus dikonsumsi bagi Moms  yang menyusui. Selain memberikan vitamin B, vitamin D, serta protein, produk susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik, lho.

Penting bagi Moms untuk mengonsumsi kalsium yang cukup guna memenuhi kebutuhan Moms. Nah, salah satu caranya yaitu dengan minum setidaknya 3 cangkir susu dalam sehari ke dalam bagian menu makanan Moms.

Daging sapi tanpa lemak

Jika Moms sedang mencari makanan yang dapat meningkatkan energi, Moms dapat mencari makanan yang kaya akan zat besi, contohnya seperti daging tanpa lemak. Kurangnya asupan zat besi pada tubuh bisa menguras energi Moms sehingga sulit untuk mengikuti tuntutan bayi baru lahir. 

Selain itu saat sedang menyusui, Moms dapat mengonsumsi protein tambahan serta B-12. Na, daging sapi tanpa lemak ini adalah sumber yang baik untuk keduanya. Oleh karena itu, daging sapi tanpa lemak termasuk ke dalam daftar makanan yang harus dikonsumsi setelah melahirkan. 

Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan, khususnya yang berwarna gelap seperti kacang merah dan kacang hitam merupakan makanan yang harus dikonsumsi Moms yang menyusui. Tidak hanya kaya akan zat besi, namun juga kaya protein nabati. 

Blueberry

Moms yangs sedang menyusui perlu memperoleh dua atau lebih porsi jus atau buah setiap harinya. Blueberry yang kaya akan kandungan antioksidan merupakan pilihan baik untuk memenuhi kebutuhan Moms. Blueberry mengandung mineral, karbohidrat, serta vitamin yang dapat menjaga tingkat energi Moms. 

Beras merah

Apabila Moms ingin menurunkan berat badan segera setelah melahirkan, Moms tentunya akan mengurangi mengonsumsi karbohidrat, bukan? Namun, terlalu cepat kehilangan berat badan dapat menyebabkan penurunan produksi ASI serta membuat Moms lesu. Konsumsilah jenis karbohidrat sehat seperti roti gandum atau beras merah guna menjaga energi Moms. 

Baca juga: Ibu Tidak Boleh Tidur Siang Setelah Melahirkan?

Jeruk

Jeruk sangat mudah untuk ditemukan dimana-dimana. Buah jeruk merupakan makanan yang harus dikonsumsi karena kandungan vitamin C-nya yang dibutuhkan oleh ibu menyusui dengan dosis yang tinggi melebihi ibu hamil. Moms juga dapat mengonsumsi jeruk dengan cara di jus.  

Telur

Makanan yang harus dikonsumsi setelah melahirkan yaitu telur. Kuning telur merupakan salah satu sumber alami vitamin D, yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga tulang Moms tetap kuat serta membantu pertumbuhan tulang bayi.

Mengonsumsi telur merupakan cara yang mudah bagi Moms untuk memenuhi kebutuhan protein. Moms hanya tinggal menyiapkan telur dadar untuk sarapan disertai dengan roti gandum atau menambahkan telur rebus pada soto yang akan Moms konsumsi di siang harinya. 

Roti gandum

Roti gandum merupakan sumber terbaik dari asam folat yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi pada awal kehamilan. Pastikan terdapat cukup kandungan asam folat di dalam ASI Moms. Oleh karena itu, roti gandum termasuk ke dalam makanan yang harus dikonsumsi. Karena selain menyediakan asam folat, roti gandum juga memberikan kebutuhan zat besi serta serat. 

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, serta kangkung memiliki banyak manfaat. Jenis sayuran ini kaya akan vitamin A yang akan diperoleh bayi ketika minum ASI. Selain itu, sayuran adalah sumber kalsium non susu, antioksidan, vitamin C, serta rendah kalori. 

Oatmeal atau sereal

Sereal gandum termasuk ke dalam makanan yang harus dikonsumsi karena dapat membantu Moms dalam memberikan energi yang dibutuhkan setelah begadang sepanjang malam. Moms dapat menambahkan susu rendah lemak serta buah ke dalam sereal guna melengkapi kebutuhan nutrisi. 

Air

Energi Moms akan menurun drastis ketika mengalami dehidrasi. Nah, guna menjaga menjaga tingkat energi serta produksi ASI, Moms harus tetap terhidrasi. Dapat dengan cara minum susu atau jus.

Hindari minuman yang berkafein seperti teh atau kopi. Atau jika terpaksa, minumlah maksimal 2-3 cangkir, karena kafein yang masuk ke ASI Moms serta bayi akan membuat bayi sulit untuk tidur.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Setelah Operasi Caesar?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like