Sakit kepala setelah melahirkan sering terjadi saat Moms selesai melewati proses persalinan, entah normal atau operasi Caesar. Tetapi, apa Moms selalu merasakan sakit kepala saat sudah selesai melahirkan? Apakah hal ini normal? Sebenarnya apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

Sakit kepala setelah melahirkan berbahaya atau tidak?

Gejala sakit kepala setelah melahirkan adalah gejala yang kerap terjadi pada wanita. Kondisi tersebut diketahui bisa berlangsung selama 24 jam hingga enam minggu Moms melahirkan. Pada kondisi yang wajar, gejala yang dirasakan Moms ini tentulah hanya gejala ringan. 

Tetapi, jika Moms menderita sakit kepala hingga lebih dari 24 jam setelah persalinan, ini bisa dicurigai sebagai kondisi tidak normal. Maka dari itu, jika Moms merasa sangat terganggu dengan sakit kepala yang dialami, sebaiknya beritahu dokter yang menangani Moms. 

Baca juga: Masalah yang Moms Alami Sehabis Melahirkan

Apa penyebabnya?

Sakit kepala setelah melahirkan dapat terjadi karena berbagai hal. Proses persalinan yang Moms alami akan membuat tubuhnya mengalami perubahan serta adaptasi, misalnya seperti efek obat bius, perubahan hormon, atau pola tidur yang terganggu. 

Hal ini dapat terjadi apapun metode atau jenis persalinan yang Moms alami. Apabila Moms melakukan persalinan dengan metode operasi Caesar, maka gejala sakit kepala ini sangat sering terjadi. Moms akan diberikan obat bius untuk menjalani operasi Caesar agar tidak merasakan sakit. Obat bius yang disuntikkan ini akan menyebabkan efek samping, salah satunya sakit kepala. 

Sementara, dehidrasi karena kelelahan mengejan saat melahirkan dengan metode normal juga bisa menyebabkan Moms sakit kepala setelahnya. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi banyak air guna mengatasi dehidrasi yang sedang dialami. 

Selain itu, tekanan darah tinggi juga bisa menjadi penyebab Moms mengalami kondisi ini. Ini terjadi khususnya pada wanita yang mengalami preeklampsia/eklapsia

Baca juga: Tips Mencegah Baby Blues Setelah Moms Melahirkan

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Agar sakit kepala setelah melahirkan hilang, Moms bisa minum obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen atau paracetamol. Walaupun obat-obatan ini bisa Moms dapatkan tanpa resep dari apotek terdekat, sebaiknya Moms diskusikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat tersebut. 

Moms juga bisa memperbaiki waktu tidur yang terganggu secara perlahan. Akan susah bagi Moms untuk memperoleh kembali pola tidur yang normal karena sudah ada bayi, namun Moms dapat meminta tolong pada pasangan untuk bergantian menjaga si kecil. 

Jik Moms masih merasakan sakit kepala atau frekuensinya menjadi semakin kering, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. 

Baca juga: Masalah yang Biasa Dihadapi Ibu Saat Hamil Anak Kembar

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like