Tas bayi atau diaper bag merupakan salah satu perlengkapan bayi yang paling dibutuhkan oleh Moms yang baru melahirkan. Dengan memilih tas perlengkapan bayi yang tepat, Moms akan mempermudah urusan yang berhubungan dengan perlengkapan bayi. Ada beberapa hal yang perlu diketahui saat Moms ingin membeli diaper bag. Penasaran apa saja? Yuk, simak penjelasannya berikut ini! 

Pentingnya Memilih Tas Perlengkapan Bayi yang Tepat 

Ketika Moms ingin membeli diaper bag, bukan hanya bentuk yang harus diperhatikan namun juga ada beberapa hal penting lainnya yang perlu dijadikan pertimbangan, yaitu: 

1. Kapasitas tas. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dari tas bayi yaitu kapasitasnya. Saat memilih tas bayi, Moms harus memiliki tas yang memiliki kapasitas besar sehingga dapat menampung keperluan bayi yang dibutuhkan ketika sedang bepergian. 

2. Tali tas. Memiliki tas bayi dengan tali yang nyaman sangat penting untuk mengurangi rasa lelah Moms ketika membawa tas bayi yang cukup berat. Pilihlah tas dengan tali yang dapat diatur panjangnya sesuai dengan ukuran tubuh Moms dan yang lebar serta empuk agar tangan tidak terasa sakit. 

3. Ruang dan Kantong. Dalam memilih tas perlengkapan bayi, pastikan tas tersebut memiliki ruang dan kantong yang cukup untuk menaruh perlengkapan bayi secara terpisah. 

4. Perlak bayi. Ada beberapa diaper bag yang dilengkapi dengan perlak atau alas bayi. Ini berguna sebagai alas ketika Moms sedang mengganti popok si kecil. Perlak bayi yang baik yaitu yang memiliki ukuran cukup lebar, nyaman, dan mudah untuk dibersihkan. 

Baca juga: Tips Mencegah Baby Blues Setelah Moms Melahirkan

Apa Saja Barang yang Perlu Dibawa?

  • Baju Ganti 

Bawalah 2-3 pasang baju ganti untuk si kecil untuk berjaga-jaga apabila pakaiannya terkena minuman atau muntahan. Jangan lupa juga untuk membawa kaos dalam dan popok sekali pakai. 

  •  Peralatan Makan

Apabila bayi Moms sudah mulai mengonsumsi MPASI, jangan lupa untuk membawa peralatan makannya. Dengan membawa peralatan makan sendiri, Moms bisa mengurangi terjadinya masalah sanitasi pada bayi. 

  • Toiletries

Barang selanjutnya yang perlu dibawa di dalam tas perlengkapan bayi yaitu toiletries. Tisu basah adalah benda pertama yang wajib dibawa karena dapat bermanfaat ketika Moms sulit untuk mendapatkan air. Pastikan tisu basah yang digunakan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Jangan lupa untuk membawa minyak telon, bedak bayi, serta salep khusus ruam popok juga, ya. 

  • Kantong Plastik

Kantong plastik dapat digunakan untuk membuang popok sekali pakai, bekas tisu, serta pakaian basah agar dapat mencegah bau tidak sedap yang timbul dari popok serta baju kotor bayi. 

  • Perlak kecil

Jangan lupa untuk memasukkan perlak kecil ke dalam tas perlengkapan bayi ya, Moms! Karena perlak akan sangat berguna ketika Moms harus mengganti popok dan baju si kecil agar tidak ada noda yang tertinggal di nursery room umum ataupun kursi mobil. 

  • Selimut

Untuk berjaga-jaga apabila suhu udara menurun, bawalah selimut guna menjaga kehangatan bayi. 

Baca juga: Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Disiapkan

Jenis-jenis Tas Bayi 

Nah, setelah mengetahui pentingnya memilih tas perlengkapan bayi dan apa saja barang yang harus dibawa di dalam tas bayi, berikut ini jenis-jenis diaper bag yang dapat dipilih untuk mempermudah Moms dalam membawa perlengkapan bayi. 

1. Diaper Bag 5 in 1 Multifungsi

Tas perlengkapan bayi yang satu ini cocok untuk digunakan ketika berlibur atau mengunjungi rumah saudara. Tas ini memiliki bahan polyester yang berkualitas serta dilengkapi dengan desain yang menarik yang akan memudahkan Moms untuk membawa berbagai perlengkapan si kecil. Desain tas ini juga memudahkan Moms untuk menata dan mencari perlengkapan bayi. 

2. Tas Baby Scots Embroider Diaper Bag

Jenis tas perlengkapan bayi ini memiliki kantong resleting utama dengan 2 kantong depan serta 2 saku kerut di bagian sampingnya. Selain itu, tas ini juga dilengkapi dengan tali panjang dan pendek sehingga bisa dipakai selempang atau dijinjing. Compartment yang ada di dalam tas ini juga luas sehingga bisa menampung banyak keperluan bayi. 

3. Backpack Anello Diaper Bag

Tas ini terbuat dari bahan dinier anello sehingga tidak mudah sobek atau bergaris. Bagian dalamnya yang dilengkapi lapisan satin membuat tas ini tidak mudah tembus air. Ada 3 jaring di bagian depan tas untuk menyimpan botol susu, 1 jaring untuk tissue atau barang lain, dan juga tempat di bagian kanan kirinya untuk menyimpan termos serta botol minum. 

4. Diaper Bag Organizer Polos

Tas perlengkapan bayi ini memiliki 3 kantong di bagian depan tas yang bisa digunakan untuk menyimpan termos atau botol, 1 kantong di masing-masing kiri dan kanan tas, dan juga 2 kantung besar di bagian belakang serta 2 kantong selipan di bagian dalam. Dengan banyaknya compartment, ini akan memudahkan Moms untuk menaruh berbagai keperluan si kecil. 

5. Ransel Diaper Bag Fasionable Tipe 2202

Pada diaper bag yang satu ini, Moms akan menemukan kantong di sisi kanan tas untuk menaruh tisu, kemudian 4 slot compartment yang terdiri dari 1 slot utama dengan 6 kantong serbaguna, 1 slot kecil di sisi depan, 1 slot sedang di sisi depan, serta 1 slot kecil di belakang tas yang bisa digunakan untuk menaruh gadget.

Selain itu, tas ini juga menyediakan 2 kantong di bagian compartment depan tas yang dilengkapi dengan thermal sehingga bisa digunakan untuk menyimpan botol air panas. 

Baca juga: Tips Packing Perlengkapan Bayi Saat Ingin Travelling!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like