Memasuki trimester ketiga adalah saat Moms mulai sibuk untuk melakukan persiapan kelahiran. Berbagai perasaan pun bisa campur aduk menghadapi momen yang membahagiakan sekaligus menegangkan tersebut.

Apa yang biasanya terjadi pada trimester kelahiran

Trimester ketiga adalah fase terakhir dalam kehamilan, biasanya dihitung mulai dari minggu 29 sampai dengan 40 usia kehamilan, atau bulan ke 7,8, dan 9. Seperti dilansir dari Webmd.com Pada fase ini janin akan tumbuh dan berkembang, juga merubah posisi untuk mempersiapkan kelahiran.

Pada fase ini janin akan mengembangkan beberapa kemampuan baru. Janin akan mulai bisa melihat, mendengar, menghisap jempol, dan juga menangis di dalam kandungan. Perkembangan pada otak janin pun akan semakin banyak. Bagian paru-paru dan ginjal janin pun sudah matang terbentuk.

Tips untuk persiapan kelahiran

Saat masa kehamilan waktu bisa terasa berjalan lebih cepat karena perasaan senang melihat perkembangan si kecil di dalam kandungan. Namun waktu bisa terasa berjalan lebih lambat saat Moms memasuki ruang persalinan. Bahkan menurut sebuah studi yang dilakukan oleh National Health Institute, waktu yang dihabiskan oleh Moms di dalam ruang persalinan menjadi 2.6 jam lebih lama dibandingkan periode 50 tahun lalu. Riset tersebut dilakukan kepada Moms yang baru pertama melakukan persalinan.

Nah, untuk first time Moms sebaiknya tidak perlu khawatir terlalu banyak namun yang lebih penting adalah melakukan persiapan kelahiran yang dapat memperlancar proses persalinan nantinya. Berikut 13 proses persiapan kelahiran yang bisa Moms praktekan seperti dilansir dari situs parents.com :

  1. Bergabung dengan kelas melahirkan

Dengan mengikuti kelas melahirkan maka Moms tidak hanya akan mendapatkan panduan dari pelatih yang bisa dijadikan pegangan selama proses kehamilan, namun Moms juga bisa mendapatkan teman yang sedang menjalani proses yang sama dan bisa saling berbagi cerita.

Sebaiknya Moms rutin mengikuti kelas agar tidak kehilangan informasi yang akan berguna saat proses persalinan. Semakin awal persiapan kelahiran dengan mengikuti kelas ini dilakukan akan semakin memberikan banyak pengetahuan berguna untuk Moms.

2. Temukan motivasi untuk menambah kekuatan dan tetap fokus

Moms bisa melakukan yoga untuk kehamilan yang akan menambah kekuatan fokus Moms. Dengan melakukan hal tersebut, Moms akan memperkuat tubuh, menambah fleksibilitas, dan juga menambah stamina yang akan sangat berguna dalam menjalanin proses persalinan

3. Hilangkan pikiran negatif

Hindari mengonsumsi bahan bacaan atau video yang membahas mengenai rasa sakit selama persalinan, hal tersebut hanya akan menimbulkan ketakutan untuk menghadapi proses persalinan dan malah membuat Moms merasa sakit selama melahirkan. Ingatlah bahwa proses melahirkan adalah sebuah proses alami yang akan membuka jalan bagi si kecil untuk hadir dalam dunia Moms.

4. Mempersiapkan diri

Moms tidak akan sempat untuk mempersiapkan diri dengan mempelajari segala sesuatu yang dapat membantu Moms saat sudah memasuki ruang persalinan. Sebaiknya persiapkan diri jauh-jauh hari sebelum hari melahirkan tiba. Lakukan persiapan mental dan juga pelajari dan praktekan tips-tips dari jauh-jauh hari.

5. Cari support dari sekitar

support dari sekitar sangat penting untuk persiapan kelahiran

Peran orang terdekat sangat penting selama masa kehamilan dan masa persiapan proses kelahiran. Mintalah kepada pasangan untuk saling bahu membahu dalam mempersiapkan hari besar tersebut. Moms juga bisa berkonsultasi dengan Ibu atau Ibu Mertua yang pernah menjalani proses ini. Rajin-rajin juga berkomunikasi dengan teman-teman Moms yang sudah pernah melahirkan ataupun komunitas yang sedang dalam kondisi yang sama

6. Pelajari trik-trik yang dapat membantu

Terdapat beberapa trik yang bisa membantu Moms untuk mengurangi rasa sakit yang mungkin timbul selama proses melahirkan. Pelajari teknik bernafas, posisi melahirkan, atau self-hypnosis yang bisa membantu meredakan rasa sakit.

Sebaiknya Moms mempelajari teknik-teknik ini dari seseorang yang memang mempunyai kemampuan untuk memberikan pelatihan. Moms bisa berkonsultasi pada dokter kandungan Moms atau pada tenaga pelatih profesional yang memang mempunyai kemampuan tersebut.

7. Rajin berdiri dan bergerak

Beberapa gerakan seperti berdiri, berjalan, berdansa perlahan, duduk, ataupun melakukan squat dapat membantu bayi berada dalam posisi yang tepat dengan jalan kelahiran. Rajin-rajinlah bergerak selama masa kehamilan untuk menempatkan bayi dalam posisi yang akan memperlancar proses kelahiran.

Moms juga dapat melakukan olahraga ringan yang aman selama masa trimester ketiga kehamilan.

8. Persiapkan barang yang dapat membuat ruang persalinan terasa lebih nyaman

buat diri moms merasa nyaman selama persiapan kelahiran

Ruang persalinan rumah sakit menyediakan alat-alat yang akan membantu proses kelahiran, namun tidak akan menyediakan alat-alat pribadi Moms yang dapat membuat Moms merasa nyaman. Moms bisa membawa bantal favorit, kaos kaki untuk menjaga kaki Moms tetap hangat, atau aroma therapy yang bisa membuat Moms merasa seperti berada di kamar sendiri.

Hal tersebut akan membantu Moms merasa lebih nyaman dan rileks dalam menghadapi proses melahirkan. Moms juga bisa membawa foto yang dapat menimbulkan rasa nyaman, seperti foto saat pernikahan, ataupun mendengarkan lagu-lagu favorit selama menunggu proses pembukaan jalan lahir.

Baca juga: Tips Memilih Tas Perlengkapan Bayi yang Tepat!

9. Santai

Ya, dengan merasa santai dan tidak tegang akan membantu Moms menghilangkan rasa takut menghadapi persiapan kelahiran. Selain cara-cara di atas yang akan membantu mempersiapkan diri sebelum proses kelahiran dimulain, Moms juga dapat memikirkan hal-hal yang menyenangkan saat si kecil membuka jalannya untuk menemui Moms.

Moms dapat mempelajari teknik hypnobirthing yang dapat membantu Moms mengalihkan pikiran, ataupun memvisualisasikan diri Moms sedang berada di padang yang dipenuhi bunga-bunga dan sedang bersiap menemui si kecil yang akan datang dengan senyum di wajahnya.

10. Melahirkan dalam air

Saat ini juga terdapat opsi untuk melakukan proses kelahiran dalam air. Seperti dikutip dari healthline.com ada dua opsi yang bisa Moms lakukan yaitu:

a. Sebagian tubuh Moms akan direndam dalam air selama proses melahirkan

b. Moms akan melahirkan di dalam air, dimana bayi juga akan dikeluarkan di dalam air

11. Lakukan pijatan ringan

Selama proses kelahiran, Moms mungkin akan merasakan tegang di seluruh otot tubuh. Pasangan yang menemani Moms bisa membantu dengan memberikan pijatan lembut pada beberapa bagian tubuh Moms untuk mengurangi rasa tegang selama persiapan kelahiran.

Beberapa bagian tubuh yang bisa diberikan pijatan lembut adalah bagian tulang ekor, punggung, atau bagian panggul yang dapat membantu mengurangi ketegangan dan memperlancar jalan keluar si kecil.

12. Tetap menjadi diri sendiri

Hal ini mungkin terdengar membingungkan, namun selama proses persiapan kelahiran terkadang Moms akan mendengarkan banyak pendapat dari orang lain. Sebagian mungkin menyarankan mendengarkan musik tertentu yang mereka suka untuk membantu persiapan kelahiran. Hanya Moms yang paling tahu mengenai diri Moms dan apa yang kamu suka. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan untuk Moms sesuai dengan karakter Moms sendiri.

13. Ungkapkan perasaan yang dirasakan

Sangat alami untuk Moms yang baru pertama kali hamil untuk mengalami berbagai macam perasaan campur aduk. Sebaiknya Moms ungkapkan perasaan tersebut kepada dokter kandungan atau tenaga profesional lainnya yang membantu Moms mempersiapkan persalinan.

Jika Moms merasa bahwa sang dokter tidak berempati dengan baik, Moms bisa mempertimbangkan untuk mengganti dokter kandungan yang lebih membuat Moms merasa nyaman selama menjalani proses persiapan kelahiran.

Semoga tetap sehat dan lancar ya proses melahirkannya Moms!

Baca juga: Benarkah bahwa Moms tidak boleh tidur siang sesudah melahirkan?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like