Saat periode kehamilan, biasanya Moms dianjurkan untuk berhati-hati dalam memilih makanan. Bagi Moms yang menyukai makanan laut, terutama yang mentah, terdapat banyak larangan dalam memakannya. Bagaimana dengan kepiting? apakah boleh Moms makan kepiting saat hamil?

Ibu hamil memang membutuhkan banyak nutrisi, dan jenis makanan laut biasanya mengandung nutrisi yang berguna bagi kehamilan. Namun, tidak semua makanan laut baik dikonsumsi saat hamil, berikut penjelasannya.

Apakah ada resikonya?

Makanan laut memang mengandung nutrisi, namun banyak dari mereka yang juga mengandung merkuri yang tidak baik bagi kehamilan.  Semua makanan laut harus melalui pengolahan yang benar, dan juga kandungan merkuri yang rendah. Bagaimana dengan kepiting?

Udang dan kepiting memiliki kandungan merkuri yang lebih tinggi dibandingkan makanan laut lainnya, seperti kerang. Oleh karena itu, jika Moms sedang hamil maka sangat dianjurkan untuk membatasi konsumsi kepiting.

Batasan jumlah konsumsi kepiting?

Jumlah makan kepiting saat hamil yang diperbolehkan kurang lebih 170 gram per minggu. Hal tersebut guna menghindari adanya penumpukan merkuri di dalam aliran darah yang bisa memasuki bayi melalui plasenta. Saat Moms sedang merencanakan kehamilan pun sebaiknya batasi konsumsi makanan laut yang mengandung merkuri tinggi.

Namun jangan khawatir, selama Moms mengikuti aturannya, makan kepiting saat hamil malah bisa baik untuk perkembangan janin. Hal tersebut karena kepiting mengandung protein dan omega 3 yang berguna untuk perkembangan otak janin.

Baca juga: Larangan Saat Hamil Muda Untuk Calon Moms

Tata cara makan kepiting saat hamil

Selain membatasi jumlah yang dikonsumsi, Moms juga harus membersihkan kepiting dengan bersih, dan pastikan bahwa kepiting dimasak sampai matang. Selain itu, sebaiknya makan kepiting yang masih segar bukan kepiting beku. Sebab, kepiting beku mungkin sudah terkontaminasi oleh bakteri listeria.

Memang tidak seratus persen dilarang untuk makan kepiting saat hamil, namun Moms perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut aturan lengkap yang harus diikuti jika Moms ingin makan kepiting saat hamil, agar terhindar dari bahaya.

1. Jangan memakan kepiting mentah

Saat hamil, semua makanan yang tidak dimasak dengan sempurna biasanya dilarang untuk dikonsumsi. Termasuk juga makan kepiting yang mentah atau setengah matang. Kepiting yang tidak dimasak sempurna, punya kemungkinan besar mengandung bakteri atau parasit yang berbahaya bagi janin.

2. Pastikan kebersihannya

Hal lain yang harus diperhatikan saat Moms hamil makan kepiting adalah kebersihannya. Kepiting harus dicuci dengan cara yang benar hingga bersih sebelum dimasak. Jangan lupa, pastikan juga kebersihan alat masak dan alat makan yang Moms gunakan.

3. Jangan memakan kepiting beku

Kepiting yang dibekukan kemungkinan besar sudah terkontaminasi oleh bakteri listeria. Jenis bakteri ini diketahui sangat berbahaya untuk perkembangan janin Moms.

4. Pilih kepiting jenis raja kepiting

Raja kepiting diketahui memiliki kandungan merkuri yang paling rendah, sehingga jenis ini adalah yang paling aman untuk dimakan saat Moms sedang hamil. Tetap perlu diingat bahwa batasannya adalah sebanyak 170 gram per minggu.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like