Saat hamil muda adalah momen terjadinya pertumbuhan dan perkembangan awal janin yang akan menentukan pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Moms harus memberikan perhatian ekstra pada kehamilan, beserta larangan saat hamil muda yang tidak boleh dilanggar untuk menjaga kesehatan kandungan.

Ada baiknya Moms mencatat beberapa larangan saat hamil muda yang dianjurkan di bawah ini.

1. Jangan konsumsi makanan mentah

Bagi Moms yang menyukai sushi, sebaiknya tahan dulu keinginan memakan jenis makanan seperti ini karena makanan mentah sangat berbahaya untuk janin. Makanan yang mentah bisa menyebabkan cacat lahir maupun keguguran pada janin bayi.

Kita tidak bisa mengetahui apakah dalam makanan mentah terdapat bakteri atau kuman yang menempel di sana, sehingga bisa menyebabkan infeksi pada janin. Keracunan makanan akibat mengkonsumsi makanan mentah juga bisa terjadi jika makanan tersebut tidak bersih. Sebaiknya Moms menghindari dulu makanan mentah, terutama daging dan telur.

2. Jangan minum alkohol dan merokok

Minum alkohol dan merokok dapat membahayakan bayi Moms. Jika Moms merokok selama kehamilan maka  dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Sedangkan jika Moms minum alkohol pada masa kehamilan, hal tersebut bisa menyebabkan bayi mengalami Fetal Alcohol Syndrome (FAS). Kedua hal tadi bisa membawa dampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan janin bayi.

3. Jangan terlalu banyak minum kopi

Larangan saat hamil muda lainnya adalah dengan mengurangi jumlah gelas kopi yang diminum per harinya. Jika diminum dalam jumlah sedikit, kopi mungkin tidak terlalu membahayakan kesehatan janin. Tetapi, jika dikonsumsi dalam jumlah besar per hari, kopi dapat meningkatkan risiko kesehatan yang mengancam bayi.

Perlu diingat, apapun yang Moms konsumsi akhirnya akan mengalir ke dalam aliran darah bayi melalui plasenta. Oleh karena itu, perhatikan apa saja yang Moms konsumsi selama masa kehamilan, terutama saat hamil muda.

4. Jangan minum obat sembarangan

Pada usia kehamilan yang masih muda, kondisi janin masih sangat rentan terhadap segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh ibunya, termasuk obat-obatan. Selama periode ini, sebaiknya berkonsultasi ke dokter kandungan mengenai segala macam obat yang perlu Moms konsumsi.

Perhatikan juga petunjuk penggunaan obat dengan baik sebelum Moms memutuskan untuk meminumnya. Sesudah melewati trimester pertama, biasanya obat-obatan akan lebih aman untuk dikonsumsi.

5. Jangan minum susu yang tidak melalui proses pasteurisasi

Jika Moms mengkonsumsi susu saat masa kehamilan, ingatlah untuk selalu memilih susu yang memang dikhususkan untuk ibu hamil atau jenis susu yang sudah melalui proses pemanasan sebelumnya.

Jangan sekali-kali mengkonsumsi susu yang belum melalui proses pasteurisasi atau susu mentah. Susu yang tidak melalui proses pasteurisasi bisa saja mengandung sejumlah bakteri Listeria yang bisa menyebabkan penyakit dan keguguran pada janin.

6. Jangan makan ikan yang berpotensi mengandung merkuri tinggi

Beberapa jenis ikan, terutama ikan yang hidup di laut dalam memang mengandung banyak asam lemak omega-3 yang baik untuk membantu pertumbuhan otak anak, namun mereka juga bisa mengandung merkuri. Moms sebaiknya hati-hati saat memilih ikan, dan membatasi konsumsi ikan seperti salmon, udang, tuna, dan makerel.

Bagi Moms yang memang menyukai sushi, sebaiknya tidak mengkonsumsi sushi lebih banyak dari 1-2 porsi kecil per minggu, dan sekali lagi ingatlah larangan saat hamil muda yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya tidak memakan jenis sushi yang menghidangkan sajian yang benar-benar mentah.

Baca juga: Apakah Aman Makan Kepiting Saat Hamil?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like