Saat sedang hamil, Moms pasti sering merasa bingung akan perubahan yang terjadi sehingga muncul keraguan apakah kehamilan Moms sehat atau tidak. Kehamilan sehat dapat dipastikan lewat pemeriksaan oleh dokter Tetapi, ada juga beberapa tanda hamil sehat yang bisa Moms rasakan sendiri. Nah, apa saja sih tanda-tandanya? 

Ketahui tanda-tanda kehamilan sehat berikut ini

  • Mual dan muntah
    Mual dan muntah atau morning sickness ketika sedang hamil akan Moms rasakan di trimester pertama kehamilan. Tidak hanya di pagi hari, Moms juga bisa mengalami mual muntah pada siang atau malam hari. Pada umumnya, gejala ini akan hilang ketika usia kehamilan Moms sudah menginjak 12 minggu.
    Gejala ini terjadi karena adanya perubahan hormon. Tetapi, tidak perlu khawatir apabila Moms tidak mengalami mual muntah. Banyak ibu hamil yang tidak mengalaminya namun tetap memiliki kehamilan sehat.
    Yang perlu diwaspadai yaitu saat muntah tidak hilang setelah usia kehamilan melewati 12 minggu atau sangat sering muntah. Kondisi ini disebut dengan hiperemesis gravidarum dan dapat menyebabkan dehidrasi karena sulit untuk makan. 
  • Sensitif terhadap bau-bauan dan makanan
    Tanda-tanda kehamilan sehat yang selanjutnya yaitu indera penciuman yang menjadi sensitif pada awal kehamilan. Sensitivitas penciuman terhadap bau ini bisa menyebabkan mual muntah serta menurunnya nafsu makan. Kemungkinan yang menyebabkan kondisi ini terjadi yaitu karena adanya perubahan hormon. Salah satu cara yang bisa Moms lakukan untuk mengatasinya yaitu dengan menghindari bau-bauan yang menyengat. 
  • Sering buang air kecil
    Saat sedang hamil, frekuensi buang air kecil yang dialami akan semakin sering. Ini disebabkan karena meningkatnya volume darah selama kehamilan sehingga ginjal perlu bekerja ekstra dan menghasilkan banyak urin. Ketika hamil, jumlah urin di dalam kandung kemih akan cepat untuk meningkat sehingga Moms akan sering buang air kecil. Penyebab lainnya yaitu karena terjadi perubahan hormon serta bertambahnya ukuran rahim. 
  • Nyeri payudara
    Terjadinya perubahan payudara adalah salah satu tanda kehamilan sehat dan terjadi di trimester pertama kehamilan. Biasanya kondisi ini akan diawali dengan payudara yang terasa lebih sensitif, nyeri, dan lebih membesar. Kondisi ini terjadi karena naiknya hormon progesteron dan estrogen. Kondisi ini akan hilang ketika tubuh telah beradaptasi dengan hormon kehamilan.
  • Mudah merasa lelah
    Kelelahan merupakan hal yang sering dikeluhkan ibu hamil dan salah satu tanda bahwa Moms memiliki kehamilan sehat. Pada awal kehamilan, hormon progesteron akan meningkat dan menyebabkan Moms merasa ngantuk. Saat mengalami kondisi ini, pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Tetapi, Moms perlu waspada apabila rasa lelah disertai dengan gejala lainnya, seperti sakit kepala, pucat, nyeri dada, tangan kaki dingin, serta jantung berdebar. Gejala-gejala tersebut merupakan tanda anemia pada ibu hamil.
    Guna meningkatkan energi, Moms dapat berolahraga khusus ibu hamil. Tetapi, sebelum memulai sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 
  • Pergerakan janin
    Merasakan adanya pergerakan janin adalah tanda bahwa Moms memiliki kehamilan sehat dan tanda bayi tumbuh serta berkembang. Pergerakan ini dapat Moms rasakan di awal kehamilan. Semakin Moms mendekati akhir trimester kedua kehamilan maka pergerakan pun akan semakin kuat dan sering dirasakan. Biasanya, janin aktif bergerak pada jam 9 malam hingga 1 pagi. Gerakan janin juga merupakan responnya terhadap sentuhan serta suara.
    Apabila intensitas gerakan janin berkurang, Moms dapat memancing janin untuk bergerak atau lakukan pemeriksaan ke dokter agar tahu penyebabnya. 
  • Perubahan emosional
    Perubahan emosi saat hamil ternyata juga merupakan salah satu tanda kehamilan sehat. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, kelelahan, serta perubahan hormon.
    Lakukan konsultasi dengan dokter jika mood swing terjadi hingga mengganggu aktivitas sehari-hari atau terjadi selama lebih dari dua minggu. Karena, gangguan emosional yang tidak ditangani bisa mempengaruhi kesehatan janin. Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk mendapatkan pengobatan profesional. 

Setiap ibu hamil mengalami tanda-tanda kehamilan sehat yang berbeda, Apabila Moms tidak mengalami salah satu diantara tanda-tanda diatas, itu bukan berarti kehamilan Moms tidak sehat. Untuk memastikan kehamilan Moms sehat atau tidak, lakukan pemeriksaan kandungan ke dokter dan lakukan konsultasi rutin. 

Baca juga: Gangguan Perut Ketika Hamil yang Mungkin Sering Moms Alami

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like