Payudara merupakan salah satu bagian tubuh yang juga mengalami perubahan selama masa kehamilan. Diantaranya yaitu ukuran payudara yang jadi lebih besar. Ada beberapa ibu hamil yang mengalami perubahan payudara menjadi lebih besar setidaknya 1,5 kali dari ukuran sebelumnya. Selain itu, puting serta area hitam di sekitar payudara juga akan berubah lebih gelap karena terjadinya perubahan hormon. Perubahan pada area payudara ini perlu disertai dengan perawatan yang tepat. Perawatan tersebut termasuk cara membersihkan puting payudara buat ibu hamil. Hal ini dapat mengatasi rasa tidak nyaman pada payudara selama kehamilan. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak ulasannya di bawah ini. 

Beberapa cara membersihkan puting payudara buat ibu hamil

1. Cuci payudara secara teratur 

Ibu hamil akan mengeluarkan kolostrum dari puting susu pada trimester akhir kehamilan. Maka dari itu, salah satu cara membersihkan puting payudara buat ibu hamil yang bisa Moms lakukan yaitu dengan mengganti bra guna mencegah puting terlalu basah. Karena, bra yang lembab akan rentan menyebabkan infeksi kuman. 

Selain itu, mencuci payudara terutama area putih secara teratur juga wajib dilakukan. Bersihkan payudara hingga area pori-pori bersih. Ini bertujuan agar kolostrum tidak membuat kerak pada pori-pori sekitar payudara dan menyebabkan masalah kesehatan nantinya. 

2. Hindari membersihkan puting payudara dengan sabun 

Moms sebaiknya tidak membersihkan puting payudara menggunakan sabun, baik ketika bersih-bersih biasa atau saat sedang mandi. Sabun dapat membuat kulit di sekitar puting payudara menjadi kering dan akan rentan membuat kulit di sekitar area tersebut pecah-pecah. 

Cara membersihkan puting payudara buat ibu hamil yang bisa Moms lakukan yaitu cukup membasuhnya dengan air hangat. Hindari air panas karena dapat membuat kulit menjadi iritasi dan semakin kering. Selain itu, Moms juga perlu menghindari produk yang berbasis alkohol saat membersihkan puting payudara. Karena produk yang berbasis alkohol dapat membuat kulit ddi sekitar payudara menjadi rentan nyeri serta kering. 

3. Pijat ringan puting payudara 

Salah satu cara membersihkan puting buat ibu hamil yaitu dengan memijat ringan. Beberapa dokter merekomendasikan untuk memijat ringan payudara guna mengatasi puting yang kering. Untuk melembabkannya, Moms bisa menggunakan minyak zaitun atau produk pelembab lainnya yang aman untuk digunakan.

Cara memijatnya putih payudara cukup mudah. Moms cukup mengoleskan minyak zaitun atau pelembab ke puting dengan menggunakan jari. Pijat dengan gerakan yang melingkar sembari menarik perlahan ujung puting dengan telunjuk dan ibu jari. 

Lakukan pijatan ringan ini maksimal dua kali selama 5 menit. Hal yang perlu diperhatikan, jangan berlebihan saat memijat payudara karena stimulasi pada area putih mendekati hari perkiraan lahir dapat memicu persalinan. Moms perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum memijat puting payudara agar lebih aman. 

4. Mengeringkan dengan seksama 

Setelah melakukan beberapa cara membersihkan puting payudara buat ibu hamil, Moms wajib mengeringkan payudara secara seksama. Hindari mengeringkan payudara dengan menggosokkan payudara dengan handuk atau kain. Cukup keringkan payudara dengan menepuk-nepukkan kain atau handuk secara lembut. 

Baca juga: Makanan Penyubur Kandungan yang Perlu Dikonsumsi Saat Hamil

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like