Moms harus memenuhi kebutuhan vitamin selama kehamilan guna memastikan tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi vitamin untuk ibu hamil agar kebutuhan janin terpenuhi. 

Moms bisa memperoleh vitamin yang diperlukan dengan mengonsumsi suplemen khusus dan makanan tertentu. Moms bisa meminta saran dari dokter untuk menentukan makanan apa yang baik untuk dikonsumsi. Suplemen dengan kandungan vitamin juga tidak sepenuhnya harus dikonsumsi, tetapi disarankan apabila kebutuhan gizi Moms belum terpenuhi. Sebaiknya konsumsi suplemen juga berada di bawah pengawasan dokter. 

Penuhi kebutuhan vitamin untuk ibu hamil berikut ini

1. Asam Folat

Moms membutuhkan asupan asam folat yang cukup saat sedang hamil guna mencegah terjadinya cacat pada sistem saraf bayi. Kondisi ini biasanya akan mulai berkembang saat 28 hari pertama setelah pembuahan. Namun sayangnya, belum banyak wanita yang menyadari bahwa mereka hamil pada saat-saat ini.

Maka dari itu, untuk Moms yang sedang merencanakan kehamilan, asam folat merupakan vitamin untuk ibu hamill yang harus dipenuhi kebutuhannya sekitar 400-800 mikrogram setiap harinya.

Biasanya, susu khusus ibu hamil juga menyertakan asam folat yang baik di dalamnya. Tetapi jika tidak mengonsumsi susu, Moms dapat mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti sereal gandum, kacang-kacangan, sayuran hijau, serta buah jeruk. 

2. Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu vitamin untuk ibu hamil dan menyusui yang harus dipenuhi sebanyak 10 miligram per hari. Dengan terpenuhinya asupan vitamin D, maka akan membantu Moms dalam menunjang kesehatan gigi dan tulang.

Vitamin D juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang bayi di dalam kandungan. Kekurangan vitamin D akan berdampak negatif bagi tulang sehingga pertumbuhan tidak maksimal. Moms bisa memperoleh asupan vitamin D dari telur, daging, dan juga ikan seperti sarden dan salmon.

Selain mengonsumsi makanan, Moms juga bisa berjemur di bawah paparan sinar matahari untuk memperoleh vitamin D yang diperlukan oleh tubuh. 

Kenali tanda-tanda kehamilan yang sehat

3. Kalsium

Kalsium juga termasuk ke dalam vitamin untuk ibu hamil yang harus dipenuhi setiap harinya sebanyak sekitar 1.000 miligram. Sama halnya dengan vitamin D, kalsium juga bermanfaat dalam menunjang kesehatan gigi dan tulang bayi yang ada di dalam kandungan sehingga dapat tubuh dengan sempurna.

Moms bisa memperoleh kalsium dari makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, tahu, tempe, yogurt, dan juga susu. Jadi, jangan lupa untuk menambahkan daftar makanan tersebut ke dalam asupan sehari-hari. 

4. Zat Besi

Oksigen yang mengalir ke seluruh bagian tubuh dibawa oleh sel darah merah. Maka dari itu, Moms harus memiliki asupan zat besi yang cukup. Zat besi merupakan salah satu vitamin untuk ibu hamil yang wajib dipenuhi karena zat besi berguna untuk membentuk sel darah merah.

Apabila kekurangan asupan zat besi, Moms bisa mengalami anemia yang akan membuat Moms menjadi mudah lelah, pusing, serta pucat. Zat besi juga penting untuk menunjang pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Jika janin kekurangan zat besi, maka akan beresiko terkena anemia saat lahir. Resiko lahir prematur serta berat badan rendah juga akan semakin meningkat. 

Itulah 4 vitamin yang perlu Moms penuhi selama masa kehamilan demi kesehatan tubuh Moms dan juga janin di dalam kandungan. Konsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin dan lakukan juga kebiasaan berjemur di bawah sinar matahari untuk membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin.

Baca juga: Nutrisi Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi pada Trimester Ketiga

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like