Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat yang memiliki kandungan gizi lengkap. Selain sayuran atau daging, makan buah juga bermanfaat untuk ibu hamil. Tidak heran buah-buahan segar sering disarankan sebagai camilan yang baik untuk ibu hamil dibandingkan camilan kemasan. Lalu, apa saja jenis buah yang baik untuk ibu hamil? Berikut penjelasannya

Buah yang baik untuk ibu hamil agar janin sehat

Pisang

Pisang merupakan buah yang baik untuk ibu hamil. Buah kuning manis ini memiliki persediaan cukup serat dan kalori sebagai energi untuk mencegah kelelahan. Lalu, kalium dalam pisang dapat membantu menjaga tekanan darah ibu tetap normal.

Kandungan zat besi yang terdapat dalam pisang juga membuat buah ini bagus untuk ibu hamil. Asupan zat besi yang cukup dapat membantu mencegah anemia selama kehamilan. Selain itu, buah ini juga mudah untuk dicerna sehingga bisa menjadi alternatif makanan apabila sedang mual dan muntah.

Baca juga: Manfaat Buah dan Sayur Bagi Bayi dan Anak

Jeruk

Hampir 90 persen kandungan yang terdapat dalam jeruk adalah air. Oleh karena itu, jeruk merupakan buah yang baik untuk dikonsumsi. Makan jeruk ketika hamil membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh ibu. Hal tersebut penting karena dehidrasi saat hamil bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Jeruk termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil karena memiliki kandungan tinggi folat. Folat dapat membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin serta mencegah janin lahir cacat.

Kemudian kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Moms agar tidak mudah lelah dan sakit.

Cherry

Selain memiliki kandungan vitamin C, cherry atau ceri juga merupakan buah yang baik untuk dimakan selama kehamilan karena buah ceri membantu meningkatkan suplai darah ke plasenta dan bayi, serta membuat plasenta lebih efisien. Cherry juga memiliki kandungan melatonin, yang merangsang pertumbuhan sel dan membantu tidur.

Beberapa ibu hamil mengalami masalah dengan kecemasan dan tidak bisa tidur nyenyak, memakan buah ini benar-benar dapat membuat perbedaan.

Aprikot

Buah aprikot kaya akan vitamin, beta karoten, kalsium, zat besi dan potasium. Sehingga buah ini merupakan buah yang sangat baik untuk ibu hamil. Nutrisi yang terdapat di dalamnya membantu bayi untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Ketika hamil, kebutuhan zat besi wanita meningkat hingga 50 persen dibanding saat keadaan normal. Oleh karena itu, mengonsumsi buah dengan kandungan seperti aprikot sangat disarankan.

Delima

Delima merupakan buah yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil secara alami. Buah ini memberikan banyak energi, memiliki kandungan kalsium, folat, zat besi, protein dan nutrisi lain yang baik untuk tubuh.

Apabila kekurangan zat besi, delima adalah buah yang tepat untuk mengatasinya. Vitamin K yang terdapat di dalamnya sangat memiliki peran penting untuk pembentukan tulang si bayi dan juga memperkuat tulang sang ibu hamil.

Ketika hamil, sebaiknya mulai menerapkan pola makan sehat dengan memakan buah-buah yang baik seperti di atas. Semua vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam buah-buah tersebut tentunya sangat diperlukan tubuh Moms. Bahkan setelah melahirkan, buah-buahan tersebut masih sangat baik untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Makan Nanas Saat Hamil Bisa Bikin Keguguran, Apakah Benar?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like