Saat sedang hamil, Moms pasti mengalami banyak perubahan. Mulai dari perubahan psikologis ataupun fisik. Perubahan pada perut adalah perubahan yang paling terlihat pada ibu hamil, tentunya karena perut yang membesar. Bukan hanya itu, perut gatal juga kerap jadi masalah pada saat hamil. Lalu, bagaimana cara atasi perut gatal saat Moms sedang hamil?

Penyebab Perut Gatal Saat Sedang Hamil

Perut gatal saat sedang hamil disebabkan karena terjadinya perubahan hormon yang dialami Moms. Oleh karena itu, kulit pun menjadi sensitif terhadap lingkungan sekitar atau terhadap benda-benda yang Moms kenakan.

Selain perubahan hormon, perut gatal saat hamil juga dapat disebabkan karena kulit yang kering akibat terjadinya peregangan sehingga menimbulkan rasa gatal. Kulit perut akan semakin menipis seiring bertambahnya usia kehamilan Moms.

Baca juga: Perut Kembung Saat Hamil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bagaimana Cara Atasi Perut Gatal Ketika Hamil?

Gatal di area perut maupun area lainnya saat sedang hamil pasti membuat Moms tidak nyaman. Biasanya disebabkan karena saat hamil, perut akan menjadi besar sehingga kulit Moms pun melebar dan membuat kulit menjadi kering. 

Perubahan hormon juga bisa membuat kulit area perut menjadi gatal dikarenakan hormon estrogen yang meningkat sehingga menyebabkan kulit lebih mudah merasa gatal. Selain itu, eksim juga bisa menjadi alasan kenapa perut terasa gatal saat hamil.

Apabila rasa gatal di perut juga disertai dengan ruam, Moms mungkin mengalami polimorfik saat kehamilan yang biasa terjadi di trimester akhir kehamilan, tetapi ini tidak berbahaya untuk Moms maupun janin. 

Baca juga: Puasa Saat Hamil Trimester 3, Apakah Berbahaya?

Nah, Moms penasaran dengan cara atasi perut gatal ini? Berikut cara-cara mengatasinya.

1. Jangan menggaruk area yang gatal 

Moms pastinya akan spontan menggaruk saat merasakan gatal, kan? Tapi, dengan menggaruknya bukanlah cara atasi perut saat gatal, lho. Karena menggaruk akan membuat kulit Moms iritasi.

2. Mengoleskan pelembab 

Kulit yang terlalu kering dan tidak lembab bisa jadi alasan kulit terasa gatal. Dengan mengaplikasikan pelembab pada kulit bisa menjadi salah satu cara atasi perut gatal ketika hamil. Sensasi dingin yang Moms rasakan bisa memberikan rasa nyaman. Perlu diingat untuk menghindari produk yang mengandung minyak esensial, asam salisilat, retinoid, serta urea.

3. Mengoleskan krim anti gatal

Apabila mengoleskan pelembab belum dapat mengatasi rasa gatal, Moms bisa mencoba cara lain. Moms bisa mengoleskan krim anti gatal sebagai cara atasi perut gatal di area yang terasa gatal. Selain itu juga bisa memakai bedak dingin karena memiliki kandungan anti gatal. 

4. Hindari mandi dengan air hangat

Mandi menggunakan air hangat memang bisa membuat Moms menjadi segar dan lebih berenergi. Tetapi, ini kurang bisa dijadikan cara atasi perut gatal. Karena mandi dengan air hangat malah membuat kulit menjadi kering, sehingga lebih mudah untuk merasa gatal.

5. Hindari keluar rumah ketika cuaca panas

Panas yang berasal dari sinar matahari bisa membuat kulit menjadi semakin kering dan ini membuat kulit menjadi mudah gatal. Jadi, sebisa mungkin Moms menghindari keluar rumah ketika cuaca sedang panas. Selain itu, sinar ultraviolet juga bisa menyebabkan ruam pada kulit kering.

6. Mengompres dengan air dingin 

Mengompres area gatal dengan air dingin bisa menjadi cara atasi perut gatal. Karena rasa dingin yang Moms rasakan saat mengompres kulit yang gatal bisa memberikan rasa nyaman. 

7. Menggunakan pakaian kering, longgar, dan bersih

Pakaian yang Moms gunakan pastinya bergesekan dengan kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi gatal. Karena itu, menggunakan pakaian yang kering, longgar, dan bersih merupakan salah satu pilihan agar kulit tidak merasa gatal. Pakaian yang longgar bisa membuat Moms menjadi nyaman saat menggunakannya.

Baca juga: Cara Efektif Untuk Mengatasi Vagina Gatal Saat Hamil

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like