Cara Mengatasi Gangguan Asam Lambung Ketika Hamil

Cara Mengatasi Gangguan Asam

Gangguan asam lambung ketika hamil merupakan hal yang wajar. Kondisi ini terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan perasaan panas pada dada atau heartburn. Kondisi ini dapat disebabkan karena pengaruh hormon ketika Moms sedang hamil sehingga membuat sistem pencernaan bergerak lebih lambat.

Penyebab lainnya yaitu karena tekanan pada lambung yang terjadi saat rahim lama-kelamaan membesar, khususnya di trimester kedua dan ketiga masa kehamilan. Lalu, bagaimana cara mengatasi gangguan asam lambung ketika hamil? Simak penjelasannya di bawah ini.

Bagaimana cara mengatasi gangguan asam lambung?

Asam lambung yang naik ketika Moms sedang hamil tentunya menimbulkan rasa tidak nyaman. Tetapi, Mom tidak usah khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. 

1. Mengubah kebiasaan makan 

Cara mengatasi gangguan asam lambung ketika hamil yang pertama yaitu dengan mengubah kebiasaan makan. Ada beberapa hal yang harus Moms ubah dalam kebiasaan makan, diantaranya:

  • Makan dengan porsi yang sedikit namun sering
  • Makan dengan perlahan
  • Jangan langsung tidur setelah makan. Tunggu 2-3 jam setelah makan 
  • Hindari mint dan coklat karena kedua makanan ini bisa memperburuk gangguan asam lambun
  • Hindari makanan asam, pedas, serta kopi
  • Hindari terlalu banyak minum saat makan karena dapat membuat lambung penuh dan menciptakan rasa tidak nyaman
  • Kunyah permen karet setelah makan karena dengan cara ini bisa membuat produksi air meningkat dan menetralisir asam yang naik 

2. Minum minuman hangat

Minum minuman hangat seperti air jahe merupakan cara mengatasi gangguan asam lambung. Jahe juga mampu menghilangkan rasa mual serta muntah yang mungkin sering Moms alami ketika hamil. Moms juga bisa membuat segelas teh chamomile atau susu hangat agar membuat Moms merasa nyaman.

3. Tidur dengan posisi nyaman

Tidur dengan posisi yang nyaman bisa menjadi cara mengatasi gangguan maag saat hamil. Moms dapat memposisikan bantal lebih tinggi sehingga posisi kepala serta bagian tubuh atas ada pada posisi yang lebih tinggi. Posisi ini dapat mencegah asam lambung agar tidak naik ke atas. Selain itu, juga mampu membantu kerja sistem pencernaan tubuh. 

Atau, Moms mungkin merasa lebih nyaman jika tidur dengan posisi menghadap kiri. Karena tidur menghadap kanan akan membuat posisi lambung menjadi lebih tinggi dari kerongkongan sehingga Moms bisa mengalami heartburn

Baca juga: Hindari Beberapa Hal Ini Jika Moms Ingin Cepat Hamil

4. Menjaga berat badan 

Moms perlu meningkatkan berat badan sebagai cara untuk mendukung kesehatan Moms dan juga janin di dalam kandungan. Tetapi, jika jumlah berat badan yang naik terlalu banyak, maka tidak baik.

Memiliki berat badan yang terlalu besar ketika hamil membuat Moms mengalami gangguan asam lambung yang disebabkan oleh lambung yang tertekan oleh rahim. Maka dari itu, jagalah berat badan dalam rentang normal guna mengatasi gangguan lambung.

Konsultasikan juga dengan dokter, berapa kenaikan berat badan yang harus Moms capai pada masa kehamilan. 

5. Mengenakan pakaian longgar

Ketika sedang hamil, sebaiknya Moms mengenakan pakaian yang longgar sehingga dapat memberikan Moms rasa nyaman ketika memakainya. Dengan menggunakan pakaian ketat, khususnya di bagian perut dan pinggang, akan memberi lebih banyak tekanan pada perut dan dapat memperburuk gangguan asam lambung yang dialami. 

6. Gunakan obat antasida

Menggunakan antasida merupakan cara mengatasi gangguan asam lambung yang lain. Antasida adalah obat yang sering digunakan untuk mengatasi maag atau saat asam lambung naik. Kandungan kalsium atau magnesium yang ada di dalam antasida dapat meringankan rasa tidak nyaman yang Moms alami.

Tetapi, sebaiknya Moms berhati-hati ketika memilih antasida saat hamil karena obat ini mengandung natrium bikarbonat yang bisa menyebabkan retensi cairan atau pembengkakan.

Selain itu, hindari juga antasida yang mengandung alumunium karena mampu menyebabkan sembelit serta keracunan dosis yang tinggi. Pilihlah obat antasida yang tidak memiliki kandungan alumunium, aspirin, atau natrium.

7. Jangan merokok

Apabila Moms merokok, maka hentikan kebiasaan merokok saat sedang hamil. Selain itu, merokok juga dapat memberikan dampak buruk untuk kesehatan Moms dan juga bayi. Merokok juga mampu meningkatkan asam lambung ketika hamil. Maka dengan berhenti merokok ini merupakan cara mengatasi gangguan asam lambung. 

Baca juga: Cara Mengatasi Kesemutan di Jari dan Lengan Ketika Hamil

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x