Saat memasuki trimester kedua, jenis cemilan Moms akan mengalami tambahan oleh makanan ringan yang baik untuk dikonsumsi. Hal ini tentunya disesuaikan dengan kebutuhan zat-zat penting seperti protein, zat besi, folat, vitamin D, serta asam lemak omega-3. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, ada baiknya Moms mengonsumsi cemilan yang baik untuk ibu hamil.

Berikut ini cemilan yang baik untuk ibu hamil

1. Roti gandum

Roti gandum merupakan cemilan yang baik untuk dikonsumsi pada saat trimester kedua.

Mengonsumsi roti gandum ketika usia kehamilan Moms memasuki trimester kedua bertujuan agar kebutuhan kalori harian Moms sebagai sumber energi terpenuhi. 

Bukan hanya itu, roti gandum juga dapat menjadi cemilan yang tidak akan membuat Moms gemuk. Hal ini disebabkan karena gandung mengandung serta yang dapat memberikan efek kenyang lebih lama. 

2. Oats

Cemilan yang baik untuk ibu hamil selanjutnya yaitu oats. Oats merupakan cemilan yang kaya akan protein. Protein sendiri berperan dalam perkembangan tulang serta jaringan pada janin. 

Dengan mengonsumsi oats sebagai cemilan, Moms akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, Moms juga dapat menambahkan buah-buahan seperti jeruk atau beri sehingga nutrisi pun menjadi semakin lengkap. 

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein bagi tubuh. Moms yang mengonsumsi kacang-kacangan saat hamil dapat membantu memaksimalkan perkembangan otak serta saraf janin di dalam kandungan. Itulah sebabnya kacang-kacangan dijadikan sebagai salah satu cemilan yang baik untuk ibu hamil trimester kedua. 

Moms membutuhkan protein ketika memasuki trimester kedua kehamilan. Kebutuhan protein harian saat memasuki trimester kedua berada pada angka 1,52 gram per kilogram berat badan Moms. Lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui angka kebutuhan protein yang tepat dengan kondisi kehamilan. 

4. Keju

Keju menjadi cemilan yang baik untuk ibu hamil saat memasuki trimester kedua. Hal ini dikarenakan keju mengandung vitamin D yang berperan dalam pertumbuhan gigi serta tulang yang terjadi pada trimester kedua kehamilan. 

Pastikan bahwa Moms mencukupi asupan vitamin D harian selama masa kehamilan. Angka kebutuhan vitamin D untuk ibu hamil yaitu 600 IU. 

5. Salad sayur

Salad sayur juga merupakan salah satu cemilan yang baik untuk ibu hamil saat trimester kedua. 

Namun, Moms harus hati-hati ketika mengonsumsi salad karena ada beberapa bahan di dalam salad yang dapat membahayakan janin seperti sosis, bacon, ikan mentah, serta telur mentah atau telur setengah matang. Sebelum mengonsumsinya, pastikan penyajian salad sudah tepat dan tidak mencampurkan makanan yang berbahaya untuk kehamilan. 

Moms bisa memilih jenis sayuran hijau tua yang mengandung asam folat, karena asam folat berfungsi untuk mencegah terjadinya kerusakan saraf janin serta mengurangi resiko terjadinya kelahiran prematur. 

Angka kebutuhan asam folat harian untuk ibu hamil yaitu 400-800 mikrogram. Selain memperoleh asam folat dari salad sayur, Moms juga dapat mengonsumsi beberapa makanan berikut ini:

  • Kacang polong 
  • Jeruk 
  • Sereal gandum 

6. Jus buah

Cemilan yang baik untuk ibu hamil satu ini yaitu jus buah. Jus buah berfungsi sebagai sumber energi serta membantu Moms agar tetap bisa menjaga berat badan selama kehamilan. 

Hal ini dikarenakan buah-buahan mengandung zat seperti serat yang memberikan efek kenyang lebih lama sehingga nafsu makan Moms lebih terkendali. Selain itu, agar tidak mual Moms juga bisa menggunakan pisang untuk dijadikan jus. 

Jus buah dipenuhi dengan banyak jenis vitamin yang mampu mengoptimalkan perkembangan janin. 

Itulah informasi tentang cemilan yang baik untuk dikonsumsi Moms saat memasuki trimester kedua kehamilan. Moms juga dapat berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan pola konsumsi makanan yang tepat. 

Baca juga: 4 Vitamin untuk Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like