Puasa adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh semua orang, termasuk ibu hamil. Meskipun sebenarnya ibu hamil tidak diwajibkan untuk berpuasa, ada beberapa ibu hamil yang berniat untuk tetap menjalankan puasa agar ibadah di bulan yang suci ini menjadi lebih maksimal. Jika Moms salah satunya, Moms wajib mengonsumsi makanan yang bergizi untuk berbuka puasa setelah seharian menahan lapar dan haus. Penasaran apa saja menu buka puasa sehat untuk ibu hamil? Simak ulasannya berikut ini. 

Apa saja menu buka puasa sehat untuk ibu hamil?

Memilih menu buka puasa sehat untuk ibu hamil selama bulan Ramadhan merupakan hal yang penting. Karena, sebagian nutrisi yang dikonsumsi juga akan disalurkan pada janin di dalam kandungan. 

Agar Moms tidak salah pilih, berikut ini pilihan menu untuk berbuka puasa yang baik dikonsumsi saat hamil:

1. 3 butir kurma 

Kurma merupakan buah yang dijadikan andalan untuk berbuka puasa selama bulan Ramadhan. Buah ini ternyata juga bisa dijadikan sebagai menu buka puasa sehat untuk Moms yangs sedang hamil, lho. 

Buah yang satu ini memiliki kandungan gula alami yang bisa menaikkan kadar gula darah ketika berpuasa. Dengan makan kurma saat berbuka, Moms akan merasa lebih berenergi untuk melakukan aktivitas setelah berbuka puasa. 

Tetapi perlu diingat bawa Moms hanya boleh memakan kurma maksimal 3 buah dalam sekali makan. Mengapa? Hal ini dikarenakan dalam satu buah kurma terkandung 1 sendok teh gula, 4,3 gram karbohidrat, serta 20 kalori. Jika Moms terlalu banyak memakan kurma, kadar gula darah pun akan meningkat melebihi batas normal.

2. Bubur kacang hijau

Kolak memang sudah menjadi menu buka puasa andalan saat bulan Ramadhan, namun Moms tidak disarankan untuk memakannya saat sedang hamil. Karena, kuah santan kolak mengandung kalori dan lemak yang tinggi sehingga akan sulit untuk dicerna dan dapat menghambat sistem pencernaan. 

Nah sebagai solusi, Moms bisa berbuka puasa dengan semangkuk bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau dapat dijadikan sebagai menu buka puasa sehat karena kandungan proteinnya yang tinggi. Moms juga bisa mengganti santan menjadi susu rendah lemak sehingga aman bagi Moms yang sedang hamil. 

Baca juga: Makan Seafood Saat Hamil, Apakah Boleh?

3. Sayur bayam bening

Sangat penting bagi Moms yang sedang hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan saat berbuka puasa. Ini dilakukan selain untuk mencegah dehidrasi, namun juga untuk menjaga kadar cairan ketuban agar tetap normal. Karena, dehidrasi saat hamil bisa menurunkan jumlah cairan ketuban, memicu persalinan yang prematur, bahkan dapat meningkatkan resiko cacat lahir. 

Nah, untuk memenuhi kebutuhan cairan, Moms bisa memilih sayur bayam bening sebagai menu buka puasa sehat. Hal ini dikarenakan bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak kandungan air. Selain itu, jenis sayuran yang satu ini juga memiliki kandungan asam folat dan juga zat besi yang tinggi. 

Asam folat berfungsi untuk mengoptimalkan pertumbuhan serta perkembangan bayi di dalam janin sehingga bayi terhindar dari resiko cacat lahir. Sedangkan zat besi bisa membantu menurunkan resiko anemia pada ibu hamil. 

4. Ikan tuna panggang

Menu buka puasa sehat yang bisa Moms coba yaitu ikan tuna panggang. 

Ikan tuna merupakan sumber protein dan juga asam lemak omega-3 yang dibutuhkan Moms dan janin di dalam kandungan. Omega-3 merupakan jenis asam lemak tak jenuh yang baik untuk perkembangan otak bayi. 

Agar semakin sehat dan terasa lezat, Moms bisa mengolah ikan tuna dengan cara dipanggang menggunakan minyak zaitun karena minyak zaitun mengandung lemak sehat yang aman untuk ibu hamil. 

Moms juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon agar ikan terasa semakin segar. Sajikan ikan tuna panggang dengan mashed potato, potongan tomat ceri, serta brokoli rebus agar menu buka puasa Moms jadi semakin sehat dan juga lezat. 

5. Semur tahu dan ayam

Asupan protein ketika sahur dan berbuka puasa sangatlah penting untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Sementara untuk Moms yang sedang hamil, protein diperlukan guna mengoptimalkan perkembangan payudara dan juga rahim saat sedang hamil. 

Daripada mengonsumsi tahu atau ayam goreng saat berbuka puasa, Moms bisa mengolah kedua makanan ini menjadi semur tahu dan ayam sebagai menu buka puasa sehat. Menu buka puasa ini lebih sehat karena mengandung 2 jenis protein yaitu protein nabati dan juga hewani. 

Kombinasi dari 2 jenis protein ini bukan hanya bermanfaat untuk Moms dalam menambah energi, tapi juga untuk janin di dalam kandungan. Semakin banyak protein yang masuk ke dalam tubuh Moms, bayi pun akan terhindar dari resiko berat badan lahir rendah. 

Itulah beberapa menu buka puasa sehat yang bisa dikonsumsi selama bulan Ramadhan agar nutrisi untuk Moms dan juga janin di dalam kandungan tetap terpenuhi. 

Baca juga: Makanan Penyubur Kandungan yang Perlu Dikonsumsi Saat Hamil

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like