Pada masa kehamilan, Moms akan mengalami perubahan metabolisme tubuh. Apabila Moms berpuasa saat sedang hamil, lakukanlah beberapa modifikasi pada pola makan Moms. Bagi ibu hamil sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan ketika ingin berbuka puasa dan sahur yang dapat mengganggu asupan nutrisi serta menyebabkan resiko kesehatan tubuh.

Daftar makanan yang harus dihindari ibu hamil saat ingin berbuka puasa

1. Teh herbal

Ketika ingin berbuka puasa, hindarilah mengonsumsi teh herbal yang diramu dengan rosemary, chamomile, atau raspberry di dalamnya. Meskipun menyehatkan, teh herbal dapat berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan dan dapat memicu kontraksi.

Sayangnya, tidak semua kemasan teh menuliskan bahan-bahan apa yang digunakan secara detail. Maka sebaiknya Moms konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi teh herbal.

2. Susu dan keju tanpa proses pasteurisasi

Makanan yang harus dihindari Moms ketika ingin berbuka puasa yaitu keju lunak seperti blue cheese, roquefort, keju brie, serta susu mentah. 

Moms harus menghindari jenis keju itu walaupun tertulis telah dipasteurisasi. Keju lunak ini terbuat dari keju yang tidak melewati proses pasteurisasi sehingga bisa menyebabkan infeksi bakteri listeria yang tentunya berbahaya untuk Moms dan janin di perut. 

3. Makanan yang terlalu manis

Makanan yang terlalu manis merupakan makanan yang harus dihindari untuk ibu hamil ketika ingin berbuka puasa. Hindarilah makanan atau minuman dengan kandungan gula yang tinggi agar terhindar dari obesitas ibu dan bayi. Ibu hamil yang menderita obesitas akan beresiko terkena diabetes gestasional serta preeklampsia.

Baca juga: Apa Saja Efek Samping Ketika Moms Terlalu Banyak Minum Teh?

4. Makanan yang mengandung zat pewarna

Makanan yang harus dihindari selanjutnya yaitu makanan dengan zat pewarna di dalamnya. Sebaiknya Moms memperhatikan kandungan zat pewarna yang ada pada komposisi suatu makanan. Hindarilah mengonsumsi makanan dengan kandungan metanil yellow dan juga rhodamin.

5. Makanan cepat saji

Kebanyakan dari makanan cepat saji dibuat dari olahan daging serta sayuran yang mungkin sudah tidak segar dan terdapat bakteri yang berbahaya. Oleh karena itu, makanan cepat saji adalah salah satu makanan yang harus dihindari ibu hamil ketika ingin berbuka puasa 

6. Mie instan

Jika dikonsumsi secara berlebihan, kandungan MSG yang ada pada mie instan akan mengganggu pertumbuhan saraf janin dan juga memicu gangguan saraf ketika bayi lahir.

7. Makanan beku

Makanan beku adalah makanan yang harus dihindari karena mengandung garam di dalamnya. Saat sedang hamil, Moms disarankan untuk menghindari konsumsi garam yang berlebihan ketika ingin berbuka puasa. Apabila memungkinkan, pilihlah makanan beku organik yang rendah lemak dan garam.

8. Buah yang dapat memicu asam lambung

Ada beberapa jenis buah yang sebaiknya Moms tidak konsumsi ketika ingin berbuka puasa. Misalnya seperti durian, cempedak, dan nangka karena kandungan gas nya yang tinggi atau nanas karena dapat mengakibatkan asam lambung naik sehingga mengalami diare.

Panduan memilih cemilan untuk berbuka puasa bagi Moms yang hamil

Selain mengonsumsi makanan utama, Moms juga membutuhkan cemilan yang bergizi selama berpuasa. Di bawah ini panduan untuk memilih cemilan sehat:

  • Hindari makanan yang tidak memiliki zat gizi, yang terlalu manis, dan yang berkalori tinggi
  • Hindari makanan yang terlalu asin karena akan beresiko hipertensi dan membuat kaki menjadi bengkak
  • Hindari makanan dengan kandungan kimia atau zat aditif di dalamnya

Baca juga: Ketahui Jenis Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like