Kehamilan akan selalu menjadi momen istimewa untuk setiap pasangan suami istri. Minggu-minggu awal kehamilan adalah hal yang berat untuk Moms karena berimbas pada perubahan hormon tubuh. Kondisi kandungan pada awal kehamilan masih rentan dibandingkan dengan trimester akhir kehamilan. Berikut ini 6 pantangan ibu hamil muda yang perlu Moms perhatikan demi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini beberapa pantangan ibu hamil muda

1. Melakukan diet

Untuk kebanyakan wanita, kehamilan dan membuat bentuk tubuh menjadi berubah dan lebih berisi. Hal ini sering menimbulkan rasa khawatir, terutama bagi Moms yang terbiasa menjalani diet guna menjaga bentuk tubuh. 

Tetapi, melakukan diet ternyata merupakan pantangan ibu hamil muda, lho. Lebih baik Moms mengurungkan niat untuk berdiet, terutama di awal masa kehamilan. Karena,diet bisa membuat ibu dan janin kekurangan gizi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan. Asupan nutrisi yang kurang selama kehamilan akan membuat janin beresiko mengalami kecacatan. 

2. Olahraga atau aktivitas yang terlalu berat

Pantangan ibu hamil muda yang selanjutnya yaitu berolahraga atau beraktivitas yang terlalu berat. Lebih baik hindari hal tersebut karena dapat meningkatkan resiko keguguran. Apabila Moms tetap ingin berolahraga, sebaiknya pilih jenis olahraga yang ringan. Hindari melakukan olahraga yang membuat rahim mengalami tekanan serta kontraksi berlebihan, contohnya seperti bersepeda. 

3. Mengonsumsi nanas dan durian

Saat sedang hamil Moms memang disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi tinggi, seperti buah-buahan. Tetapi ada dua jenis buah yang sebaiknya dihindari saat usia kehamilan masih tergolong muda, yaitu nanas dan durian. 

Nanas mengandung zat yang bersifat abortivum yang mana berarti jika dikonsumsi secara berlebihan berpotensi menimbulkan kontraksi kandungan. Bagi usia kandungan yang tergolong masih muda, hal ini beresiko menyebabkan keguguran. 

Sedangkan durian mengandung alkohol yang dapat membuat tubuh menjadi panas. Moms tidak dianjurkan untuk mengonsumsi durian dalam jumlah yang banyak. 

4. Mengonsumsi makanan mentah

Makanan mentah mengandung banyak bakteri berbahaya untuk tubuh. Apabila Moms yang sedang hamil muda mengonsumsi makanan mentah, bakteri-bakteri di dalamnya berpotensi menyerang janin dan akan beresiko untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan. Itulah mengapa mengonsumsi makanan mentah merupakan salah satu pantangan ibu hamil muda. 

Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan mentah seperti ikan mentah, daging, telur, dan juga sayuran mentah. Selain itu, hindari juga makanan yang dimasak setengah matang karena khawatir masih mengandung bakteri di dalamnya. 

5. Merokok dan minum alkohol

Pantangan ibu hamil muda yaitu merokok dan minum alkohol. Merokok atau terpapar asap rokok sangat berbahaya untuk ibu hamil. Kandungan nikotin serta zat berbahaya lain yang masuk ke aliran darah bisa menyebabkan komplikasi serius seperti air ketuban pecah dini hingga keguguran. 

Sama halnya dengan mengonsumsi minuman beralkohol. Sebaiknya hindari hal tersebut karena beresiko membuat janin menjadi cacat baik tubuh maupun mental. Selain itu, mengonsumsi alkohol juga akan membuat janin rentan terhadap penyakit bahkan saat ia sudah lahir. 

6. Stres

Bukan hanya asupan makanan dan minuman, stres ternyata juga mampu meningkatkan resiko keguguran untuk Moms yang sedang hamil muda. Saat Moms stres, asupan oksigen dan nutrisi untuk janin menjadi berkurang dan berpotensi menyebabkan terjadinya kematian janin. Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi stres dengan bersikap lebih santai dan rilek saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Baca juga: 4 Vitamin untuk Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like