Jus yang Menyehatkan untuk Dikonsumsi Moms Ketika Hamil

Jus yang Menyehatkan

Air merupakan salah satu asupan penting untuk Moms saat sedang hamil. Moms bisa mendapatkan asupan air dari sayuran dan jus buah. Nah, meminum jus yang tepat bagi Moms ketika hamil tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan asupan cairan saat hamil, namun juga dapat memberikan asupan tambahan berupa mineral serta vitamin.

Berikut ini merupakan beberapa jus yang menyehatkan bagi Moms dan si janin.

Apa Saja Jus yang Menyehatkan untuk Moms dan Janin?

Jus yang dibuat asli dari sayuran atau buah-buah merupakan jus yang menyehatkan dan aman untuk Moms konsumsi pada masa kehamilan. 

Perlu diingat bagi Moms untuk menghindari jus dengan pemanis buatan terlalu banyak karena dapat menyebabkan berat badan secara berlebihan. Selain itu, hindari juga mengonsumsi jus yang belum dipasteurisasi.

Jika Moms memilih jus kemasan, sebaiknya periksa kembali  apa saja kandungan yang ada di dalamnya serta pastikan juga apakah jus sudah dipasteurisasi atau belum. Pastikan juga buah yang Moms pilih adalah buah segar dan masih bersih.

Nah, apa saja sih jus yang menyehatkan untuk dikonsumsi saat Moms sedang hamil?

1. Jus Jeruk

Jus yang Menyehatkan

Jus jeruk merupakan salah satu jus yang menyehatkan untuk ibu hamil. Karena kandungan asam folat pada buah jeruk adalah salah satu jenis vitamin B yang berguna untuk mencegah terjadi cacat pada janin seperti cacat tulang belakang atau cacat pada otak.

Tidak hanya kaya akan asam folat, kandungan vitamin C dan antioksidan pada jeruk merupakan perpaduan baik guna menangkal radikal bebas yang bisa memperhambat terjadinya kerusakan sel. Ditambah, vitamin C juga membantu tubuh dalam menyerap zat besi secara optimal.

Rasa jeruk yang sedikit asam dapat meredakan Moms ketika sedang mual pada masa trimester awal kehamilan. Itulah mengapa, jus jeruk bukan hanya jus yang menyehatkan untuk dikonsumsi tapi juga dapat menjadi pilihan untuk mengatasi rasa mual.

Baca juga: Manfaat Makan Yogurt Ketika Sedang Hamil

2. Jus Mangga

Kandungan vitamin A, B6, dan C pada buah mangga menjadikan jus mangga sebagai salah satu jus yang menyehatkan untuk dikonsumsi saat hamil. Kalori satu buah mangga yaitu lebih dari 50 kalori yang dimana bisa memberikan tambahan energi untuk Moms saat sedang hamil. 

Selain itu, vitamin A dan C juga penting untuk pembentukan sistem pertahanan tubuh Moms serta janin dalam kandungan. Sedangkan vitamin B6 penting untuk sistem saraf serta fungsi otak janin yang sedang berkembang.

Saat mengonsumsi buah ini, rasa manis alami dari mangga sudah cukup untuk memberikan kenikmatan tanpa harus menggunakan gula lagi.

Baca juga: Manfaat dan Resiko Makan Mangga Saat Hamil

3. Jus Pisang

Jus yang Menyehatkan

Pisang juga bisa Moms nikmati tidak hanya dengan dimakan langsung, namun juga bisa dinikmati dalam bentuk jus. Buah pisang mengandung sumber kalium, vitamin B6, C, serta serta yang menjadikan jus pisang sebagai salah satu jus yang menyehatkan untuk Moms konsumsi saat masa kehamilan.

Saat hamil mungkin Moms sering mengalami sembelit yang disebabkan oleh tekanan rahim ke usus, kondisi psikis terlalu khawatir serta gelisah saat hamil. Mengonsumsi pisang bisa mengurangi sembelit yang Moms alami. Selain itu, mual hingga muntah juga bisa diredakan dengan buah ini. 

Moms juga bisa mencampurkan pisang dengan apel, stroberi, atau lemon ketika ingin mengonsumsi buah ini sebagai jus.

4. Jus Wortel

Kandungan zat besi, vitamin A, vitamin B, dan magnesium pada sayuran yang satu ini penting untuk perkembangan gigi, mata, dan tulang janin dalam kandungan. Jus wortel pun menjadi salah satu jus yang menyehatkan untuk dikonsumsi saat sedang hamil.

Selain itu, kandungan pada wortel bisa membantu memperbaiki kulit karena ada beberapa ibu hamil yang mengalami perubahan kondisi kulit yang merupakan efek samping dari kehamilan.

Moms bisa mengonsumsi jus wortel secukupnya, setidaknya segelas jus wortel dalam sehari. Karena, jika terdapat kandungan vitamin A yang berlebihan dalam tubuh, maka akan menjadi racun berbahaya bagi tubuh.

5. Jus Alpukat

Selain kaya akan kandungan asam folat, alpukat juga kaya akan kandungan vitamin C, B, K, kolin, serat, kalium, zat besi, serta magnesium.

Kandungan tersebut menjadikan jus alpukat sebagai jus yang menyehatkan untuk ibu hamil karena dapat mengatasi gejala mual serta mengurangi kram kaki yang sering terjadi ketika Moms hamil.

Kandungan kolin pada alpukat juga penting bagi perkembangan saraf bayi. Ketika kekurangan kolin, maka hal ini akan menyebabkan kerusakan memori dan juga cacat tabung saraf.

Buah ini juga mengandung lemak tidak jenuh. Setengah buah alpukat yang berukuran sekitar 60 gram mampu memberikan energi sebanyak 50 kalori serta 5 gram lemak tidak jenuh yang Moms butuhkan saat hamil.

Maka tidak heran, membuat jus alpukat adalah pilihan tepat guna memenuhi kebutuhan energi dan juga membantu mengurangi gejala umum saat hamil

6. Jus Apel

Jus apel ternyata termasuk sebagai jus yang menyehatkan bagi kesehatan ibu hamil. Buah ini kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, serat, serta kalium yang dimana jika Moms mengonsumsi apel secara rutin saat hamil maka akan mempunyai resiko rendah melahirkan anak dengan alergi dan asma. Selain itu, kandungan gizi pada apel juga baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Itulah 6 jus buah yang sehat dan baik untuk dikonsumsi saat sedang hamil. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Pahami Soal Masa Subur Wanita dan Cara Menghitungnya


Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x