Apabila Moms sedang ingin memulai program untuk hamil, sebaiknya pastikan dulu kondisi kesehatan serta kesuburan Moms dan pasangan. Karena, memastikan kondisi kesehatan dan kesuburan adalah langkah penting yang harus dilakukan jika ingin merencanakan kehamilan. Ada beberapa cara lainnya supaya cepat hamil yang bisa dilakukan oleh Moms dan suami. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa yang harus dilakukan supaya cepat hamil?

1. Lakukan pemeriksaan prakonsepsi

Cara supaya cepat hamil yang selanjutnya yaitu dengan melakukan pemeriksaan prakonsepsi. Langkah ini merupakan proses dasar untuk kehamilan sehat. Dokter akan memberitahu jika tubuh Moms sudah siap untuk memulai kehamilan. Pemeriksaan ini juga dapat membantu Moms dalam menyelesaikan masalah kesehatan dan mempersiapkan diri Moms untuk kehamilan sehat nantinya. 

2. Merencanakan kehamilan sehat 

Cara supaya cepat hamil yang kedua adalah merencanakan kehamilan sehat. Ketika sedang berusaha untuk hamil, tentunya Moms harus mengikuti saran baik dari dokter. Atur berat badan agar sesuai dengan tinggi serta usia sehingga Moms bisa dibilang dalam keadaan sehat dan siap untuk hamil.

Selain itu,  hentikan juga kebiasaan tidak sehat seperti mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan mengandung lemak jahat, merokok, serta mengonsumsi minuman beralkohol dan kafein. 

Mulailah untuk mengonsumsi asam folat minimal sebulan sebelum Moms mencoba untuk hamil guna mengurangi resiko cacat lahir tertentu pada bayi nantinya. 

3. Hentikan penggunaan KB

Supaya cepat hamil, Moms harus berhenti minum pil KB dan alat kontrasepsi yang lainnya karena ini berkaitan dengan program kehamilan yang akan Moms jalani. Mungkin akan dibutuhkan beberapa siklus haid sebelum mulai berovulasi dengan teratur dan siap untuk kehamilan. Selain itu, ini akan membantu tubuh Moms untuk mengenali siklus haid dan seterusnya agar dapat mengetahui waktu ovulasi. 

Baca juga: Ketahui Gejala dan Penyebab Risiko Kehamilan Ektopik!

4. Mengetahui masa subur 

Masa subur adalah waktu untuk melepaskan sel telur di ovarium. Masa ovulasi berlangsung selama 2-4 hari. Ada banyak cara yang bisa Moms gunakan untuk memprediksi awal periode ovulasi. Moms dapat mengurangi 14 hari dari waktu siklus haid.

5. Berhubungan seks sebelum waktu berovulasi

Cara supaya cepat hamil yang selanjutnya yaitu berhubungan seks sebelum waktu ovulasi. Berhubungan seks sehari sebelum Moms berovulasi dapat meningkatkan peluang sperma untuk bertemu sel telur setelah dilepaskan. Oleh karena itu, in adalah hari-hari terbaik bagi Moms jika ingin hamil. 

6. Ketahui kapan waktu terbaik untuk bercinta

Selain bercinta selama hari-hari subur Moms, tidak ada waktu optimal untuk melakukan hubungan seks di periode tersebut. Saat Moms selesai berhubungan seks, pastikan untuk tetap berbaring. Karena fase ini membuat sperma menggenang di vagina. 

7. Hindari memakai pelumas tambahan ke vagina

Supaya cepat hamil, hindari juga pemakaian pelumas tambahan ke vagina. Karena pelumas bisa menghambat upaya agar cepat hamil. Formula yang ada di dalam kebanyakan pelumas mampu mengubah keseimbangan pH di vagina dan justru bisa mengurangi mobilitas sperma. Apabila Moms harus menggunakan pelumas, mintalah rekomendasi dokter. 

Baca juga: Ketahui Masa Subur Wanita Setelah Haid

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like