Apabila Moms sedang hamil dan ingin tetap aktif dan bugar, sehat secara fisik dan mental, mungkin Moms bisa melakukan yoga ibu hamil atau prenatal yoga. Perlu Moms ketahui bahwa yoga untuk ibu hamil dapat membantu Moms dalam mempersiapkan persalinan dan meningkatkan kesehatan janin. Yuk simak penjelasan dan manfaatnya!

Manfaat Yoga Untuk Ibu Hamil

Seperti yang dilansir dari Mayo Clinic, yoga untuk ibu hamil dapat memudahkan proses persalinan menjadi lebih tenang, mudah, dan juga dapat melatih pernapasan. Berikut beberapa manfaat lainnya.

  • Memperbaiki kualitas tidur
  • Dapat mengurangi stress dan kecemasan
  • Mampu meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan daya tahan otot yang Moms butuhkan dalam persalinan
  • Mengurangi nyeri punggung bagian bawah, mual, sakit kepala dan sesak napas
  • Yoga untuk ibu hamil juga dapat membantu Moms untuk menurunkan tekanan darah

Baca Juga: 13 Tips Untuk Persiapan Kelahiran Yang Perlu Moms Ketahui

Hal yang Dilakukan Selama Yoga

Hal yang dilakukan saat yoga

Pernafasan

Moms akan didorong untuk fokus pada pernapasan, yaitu bernapas secara perlahan (masuk dan keluar) melalui hidung. Teknik pernapasan yoga ibu hamil ini dapat membantu Moms dalam mengurangi atau mengelola sesak napas selama kehamilan dan mengatasi kontraksi selama persalinan.

Gentle Stretching

Moms akan didorong secara perlahan untuk menggerakkan berbagai area tubuh Moms, seperti leher dan lengan, melalui berbagai gerakannya.

Postur yoga untuk ibu hamil

Sambil berdiri, duduk, atau berbaring, Moms akan menggerakkan tubuh ke berbagai posisi secara perlahan yang bertujuan untuk mengembangkan kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan Moms. Alat peraga seperti selimut, bantal dan ikat pinggang dapat digunakan agar Moms tetap nyaman ketika melakukannya.

Pendinginan dan relaksasi

Setiap akhir kelas yoga ibu hamil, Moms akan meregangkan otot dan memulihkan detak jantung ketika istirahat serta mengatur ritme pernapasan. Moms akan diarahkan untuk mendengarkan pernapasan Moms sendiri, memperhatikan pikiran dan emosi, atau mengulangi kata-kata yang dapat menenangkan batin Moms.

Hal yang Wajib Moms Perhatikan Saat Yoga Untuk Ibu Hamil

  • Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan, hal ini bertujuan agar Moms mengetahui apakah kondisi Moms memungkinkan untuk melakukan yoga atau tidak
  • Jangan terlalu memaksakan diri
  • Tetap terhidrasi, penting bagi Moms untuk minum banyak cairan agar tubuh tetap terhidrasi
  • Hindari gerakan tengkurap karena dapat memberi tekanan pada perut
  • Segera hentikan yoga apabila Moms mengalami mual, sakit perut, kontraksi, mulai kepanasan, atau dehidrasi

Itulah beberapa manfaat yoga ibu hamil yang perlu Moms ketahui. Tetap konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan agar Moms tidak perlu khawatir dalam menjalankan latihan.

Perhatikan pula beberapa hal sebelum Moms memutuskan untuk mengambil kelas yoga, seperti apakah instruktur memiliki pengalaman yang baik, lingkungan kelas, serta kelayakan kelas (memiliki ventilasi yang baik). Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 Manfaat Yoga Untuk Wanita Agar Tetap Sehat

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like