Langkah Tepat Mengatasi Muntah Darah Ketika Hamil

Langkah Tepat Mengatasi Muntah

Morning sickness atau mual dan muntah merupakan hal normal yang dialami Moms ketika sedang hamil muda. Kondisi ini bisa disebabkan karena perubahan hormon ketika hamil atau kelelahan. Oleh karena itu, Moms disarankan untuk banyak beristirahat.

Tetapi, bagaimana jika Moms mengalami muntah darah? Apa langkah tepat mengatasi muntah darah yang bisa Moms lakukan? Simak penjelasan berikut ini untuk mencari tahu jawabannya. 

Apa saja langkah tepat mengatasi muntah darah saat hamil?

Muntah darah ketika hamil dapat disebut dengan hematemesis. Biasanya darah muntahan akan berwarna coklat gelap atau kehitaman seperti bubuk kopi. Kondisi ini biasa terjadi di trimester awal kehamilan. Walaupun begitu, kondisi ini ternyata tidak normal, lho.

Terjadinya morning sickness yang tergolong parah bisa merobek lapisan esofagus serta menyebabkan pendarahan. Selain karena tekanan darah ketika muntah, kondisi ini juga dapat disebabkan karena adanya penyakit atau infeksi di bagian atas saluran pencernaan. Misalnya luka pada kerongkongan, hipertensi, atau gastritis. Jika sudah begitu, segera lakukan konsultasi dengan dokter agar dapat ditangani dengan baik. 

Namun, Moms juga dapat melakukan langkah tepat mengatasi muntah darah sebelum pergi ke dokter. Berikut ini langkah-langkahnya: 

1. Beristirahat

Langkah Tepat Mengatasi Muntah

Walaupun kondisi ini membuat Moms panik, jangan sampai ini menimbulkan rasa stres, ya. Perlu Moms ingat, hormon serta zat-zat yang dihasilkan oleh tubuh Moms akan ditransfer langsung ke janin sehingga janin juga bisa merasakan semua yang Moms sedang rasakan. 

Apabila Moms stres, janin yang ada di dalam kandungan pun akan stres serta mengganggu perkembangannya, lho. Oleh karena itu, langkah tepat mengatasi muntah darah yang bisa dilakukan adalah dengan beristirahat serta menenangkan pikiran agar tidak stres. 

Baca juga: Pijat Saat Hamil, Apakah Aman untuk Moms?

2. Makan biskuit tawar

Langkah tepat mengatasi muntah darah ketika Moms bangun tidur yaitu dengan makan biskuit tawar, sereal, atau roti panggangan. Jenis makanan yang satu ini mampu membantu Moms untuk mengembalikan energi yang hilang serta menenangkan saluran pencernaan Moms. 

Baca juga: Makan Sate Saat Hamil? Apakah Boleh?

3. Memperbanyak minum air putih 

Langkah Tepat Mengatasi Muntah

Dehidrasi ternyata dapat menjadi salah satu alasan Moms sering muntah darah ketika hamil, lho. Jika tubuh kekurangan cairan, kondisi ini dapat menekan banyak organ vital di dalam tubuh sehingga Moms mudah merasa mual dan muntah, hingga disertai dengan darah. 

Oleh karena itu, langkah tepat mengatasi muntah darah yang dapat Moms lakukan adalah memperbanyak minum air putih. Moms yang sedang hamil disarankan untuk minum setidaknya 10-12 setiap harinya. 

4. Minum jus buah

Langkah Tepat Mengatasi Muntah

Selain minum banyak air putih, minum jus buah juga bisa menjadi langkah tepat mengatasi muntah darah. Karena jus buah bisa membantu Moms dalam menenangkan rasa mual dan muntah ketika hamil. 

Tidak hanya mencegah dehidrasi, minum jus buah bisa membantu menggantikan asupan nutrisi yang hilang ketika Moms muntah. Tubuh pun menjadi lebihi segar dan perkembangan janin tetap normal. 

Kenali tanda-tanda kehamilan yang sehat

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x