Mie instan pastinya sudah menjadi salah satu makanan cepat saji semua orang. Selain rasanya yang enak, harganya juga murah dan cara memasaknya sangat mudah. Namun, mie instan bukanlah termasuk makanan yang bergizi. Tetapi, apabila Moms sedang ngidam, boleh atau tidak makan mie instan saat hamil?

Baca juga: Susu Kedelai untuk Ibu Hamil, Apa Saja Manfaatnya?

Resiko Makan Mie Instant Saat Hamil

Makan mie instan untuk dijadikan sebagai lauk tunggal sebenarnya tidak diperbolehkan bagi siapapun. Hal ini dikarenakan mie instan yang minim akan kandung mineral, vitamin, protein, serta serat. Beberapa nutrisi ini sangatlah penting selama masa kehamilan guna menunjang kesehatan Moms dan juga si bayi di dalam kandungan.

Rasa mie instan yang asin disebabkan karena banyaknya kandungan garam dan monosodium glutamat atau yang biasa disebut dengan MSG. Mengonsumsi garam dalam jumlah yang tinggi dan juga berkelanjutan diketahui bisa meningkatkan resiko tekanan darah tinggi pada ibu hamil, khususnya bagi mereka yang beresiko tinggi.

Tekanan darah tinggi pada saat kehamilan tidak terlalu berbahaya, namun kadang bisa menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah. Mempunyai faktor resiko hipertensi ditambah rutin makan mie instan saat masa kehamilan sangat berbahaya untuk kesehatan Moms dan bayi. 

Baca juga: Ibu Hamil Menangis? Ini yang Terjadi Pada Janin

Makan Mie Saat Hamil Jadi Cepat Lapar

Sisi lainnya, makan mie instan juga membuat Moms menjadi cepat lapar, lho. Karena tingginya kandungan karbohidrat olahan pada mie instan yang dapat menaikkan gula darah secara cepat, tetapi membutuhkan waktu lama untuk dicerna tubuh.

Lamanya waktu mencerna makanan dapat membuat saluran pencernaan Moms semakin bekerja keras karena dipaksa untuk memecah nutrisi mie instan selama berjam-jam lamanya. Seharusnya, makanan olahan yang tak berserat dapat lebih cepat dicerna.

Lambatnya proses mencerna mie instan ini akan berdampak pada penyerapan nutrisi yang didapatkan tubuh dari mie, sementara itu nutrisi yang didapat sendiri kurang.

Kurangnya nutrisi menyebabkan tubuh untuk menyalakan sinyal lapar dan juga melepaskan insulin dalam jumlah besar sehingga menyebabkan gula darah menjadi turun secara cepat. Turunnya gula darah dengan cepat dalam waktu singkat ini bisa membuat Moms merasa lesu dan muncul keinginan untuk makan lebih banyak lagi demi mengembalikan energi.

Ini dapat memicu siklus makan berlebihan yang sulit untuk dihilangkan. Makan secara berlebihan bisa memicu resiko kelebihan berat badan saat hamil, yang dimana dapat membahayakan Moms dan si janin.

Meskipun begitu, umumnya makan mie instan saat masa kehamilan diperbolehkan dengan syarat mengonsumsi sewajarnya saja.

Baca juga: Makan Durian Saat Hamil, Apakah Berbahaya Untuk Moms dan Janin?

Cara Sehat Makan Mie Instan 

Moms ingin makan mie instan saat sedang hamil? Berikut ini tips memasak mie instan yang bisa dipertimbangkan.

  • Kurangi asupan garam dengan menggunakan setengah sachet bumbu saja
  • Tambahkan bahan-bahan seperti, bakso, sayuran hijau, telur, potongan daging atau ayam.

Moms boleh sesekali makan mie instan sebagai makanan selingan, tetapi perlu diingat untuk jangan menjadikan mie instan makanan pokok. Karena mie instan merupakan junkfood dan dianggap tidak memberikan manfaat apapun bagi Moms dan bayi. Batasi jumlah konsumsi mi instan seminimal mungkin.

Baca juga: Cemilan yang Baik untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like