Saat sedang hamil, Moms pasti akan sangat berhati-hati di setiap tindakan, khususnya ketika menyangkut soal makanan. Tetapi sisi lainnya, Moms pasti juga punya keinginan ngidam. Lalu, bagaimana jika sedang ngidam makan makanan yang pedas? Apakah boleh makan pedas saat hamil? Berikut penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Ini 6 Pantangan Ibu Hamil Muda yang Harus Dihindari

Makan Pedas Saat Hamil Memicu Keguguran?

Makan Pedas Saat Hamil

Pakar kesehatan bersepakat apabila makan pedas saat hamil boleh dan aman dilakukan. Memakan makanan pedas tidak membahayakan pertumbuhan janin dan mungkin bisa membantu mengembangkan toleransi indera pengecap si bayi ketika ia besar nanti.

Selain itu, tidak ada bukti dari medis yang mendukung pernyataan bahwa memakan makanan pedas ketika hamil dapat menyebabkan prematur atau bahkan keguguran. Dan mitos soal makan makanan pedas ketika hamil tua bisa mempercepat proses persalinan juga tidak benar.

Makan pedas saat hamil tidak mempengaruhi kesehatan si bayi, tetapi bisa mempengaruhi kondisi Moms ketika mengandung. Terutama ketika Moms sebelum belum terbiasa makan makanan pedas.

Mengonsumsi makanan pedas saat hamil bisa menyebabkan masalah pada pencernaan dan juga asam lambung naik, yaitu dua masalah umum di bulan-bulan terakhir kehamilan. Makanan pedas mungkin juga bisa memperburuk morning sickness untuk beberapa ibu hamil yang memang sensitif pada rempah-rempah tertentu. 

Intinya, makan pedas saat hamil diperbolehkan. Tetapi, apabila makan makanan pedas bisa menyebabkan perut Moms menjadi tidak nyaman, maka tidak apa-apa menghindarinya.

Baca juga: 4 Vitamin untuk Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi

Mengatur Pola Makan Saat Hamil

Sebaiknya Moms fokus mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat yang menjadi bagian dari pola makan seimbang saat kehamilan demi memastikan Moms dan si janin mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. 

Baca juga: Makan Mie Instant Saat Hamil, Boleh Atau Tidak?

Namun, apabila Moms tetap ingin memakan makanan pedas saat hamil, sebaiknya dibarengi dengan segelas susu guna meminimalisir kenaikan asam lambung yang memicu rasa mual. Satu sendok madu juga bisa membantu Moms untuk mencegah maag setelah memakan makanan pedas.

Tapi perlu diingat juga, tidak semua ibu hamil memiliki masalah yang sama karena beberapa ibu hamil dapat memakan makanan pedas saat hamil tanpa kesulitan apapun.

Baca juga: Manfaat Makan Sirsak Saat Sedang Hamil Yang Patut Moms Ketahui

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like