Manfaat dan Resiko Makan Mangga Saat Hamil

Manfaat makan mangga saat hamil

Saat hamil muda, biasanya Moms sering mencari cara untuk menghilangkan rasa mual yang sering timbul. Salah satu cara yang paling sering disarankan adalah dengan makan mangga saat hamil untuk kudapan saat ngidam. Benarkah makan mangga saat hamil bisa menghadirkan banyak manfaat, dan apakah ada resiko yang mungkin dihadapi calon Moms saat mengkonsumsi mangga?

Manfaat makan mangga saat hamil

Mangga diketahui mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk Moms yang sedang hamil dan bayi di dalam kandungan, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, zat besi, asam folat, kalium, dan magnesium. Mangga juga mengandung protein, kalori, serat, dan lemak sehat yang juga bermanfaat bagi kesehatan.

Dengan adanya banyak kandungan yang baik bagi tubuh, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Moms dapatkan dari buah mangga:

1. Mencegah anemia

Kombinasi vitamin C dan zat besi yang terkandung di buah mangga dapat membantu Moms untuk mencegah terjadinya anemia selama periode kehamilan ataupun menjelang kelahiran si kecil nanti. Zat besi dapat membantu menjaga ketersediaan jumlah darah dalam tubuh, sedangkan vitamin C dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi yang terkandung di buah mangga.

2. Membantu perkembangan janin

Kandungan asam folat yang terdapat pada buah mangga bisa membantu proses perkembangan dan pembentukan otak dan sumsum tulang belakang janin. Jika Moms mencukupi kebutuhan asam folat pada saat periode kehamilan, hal tersebut juga bisa membantu untuk mencegah kemungkinan bayi lahir prematur atau mengalami cacat tabung saraf saat lahir.

Selain manfaat di atas, kandungan vitamin A pada buah mangga juga bisa berfungsi untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi bayi, perkembangan sistem jantung, mata, ginjal, dan paru-paru.

3. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi di dalam buah mangga dapat membantu mencegah terjadinya sembelit yang biasa menyerang pada masa trimester pertama kehamilan. Konsumsi serat juga dapat membantu Moms untuk merasa lapar terus menerus dan jadi berlebihan dalam makan.

4. Antioksidan

Selain manfaat di atas, makan mangga saat hamil juga membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas. Kandungan vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit jantung, alzheimer, hingga kanker.

5. Mengurangi morning sickness

Kandungan vitamin B6 adalah alasan utama yang membuat Moms dapat mengurangi rasa mual saat hamil dengan cara mengkonsumsi mangga. Morning sickness sering terjadi pada masa awal kehamilan, dan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan kelelahan pada calon Moms.

6. Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Saat hamil, Moms membutuhkan asupan cairan dua kali lebih banyak untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Buah mangga mengandung banyak elektrolit yang bisa berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Elektrolit juga dapat menjaga fungsi otak, otot, dan jantung agar tetap normal.

Apakah ada resiko akibat makan mangga saat hamil?

Sebetulnya tidak ada resiko yang berbahaya Jika moms makan mangga saat hamil. Resiko kesehatan bisa saja terjadi jika Moms memang mempunyai alergi terhadap buah mangga, atau jika konsumsinya berlebihan.

Karena kandungan gula yang cukup tinggi pada buah mangga, konsumsi yang terlalu banyak bisa membuat berat badan Moms meningkat saat hamil dan juga meningkatnya resiko diabetes gestasional. Apapun yang berlebihan pasti tidak baik bagi kesehatan.

Selain itu, sebaiknya Moms memakan buah mangga yang memang matang alami dari pohon. Hindari memakan buah mangga yang matang dengan bahan kimia karena dapat menimbulkan resiko kesehatan.

Pastikan juga untuk mencuci buah mangga hingga bersih dari bakteri, ataupun getah yang ada pada kulitnya. Moms juga harus mencuci tangan dulu ya sebelum memakan mangga yang sudah diidamkan.

Baca juga: Jus yang Menyehatkan Untuk Dikonsumsi Moms Ketika Hamil

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x