Annona muricata atau yang biasa disebut dengan sirsak merupakan salah satu buah yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Buah yang berasal dari negara Karibia di Amerika Tengah ini pernah diketahui dilarang bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan masalah persalinan. Tapi, apakah benar? Sebenarnya apa saja manfaat makan sirsak saat sedang hamil?

Baca juga: Makan Nanas Saat Hamil Bisa Bikin Keguguran, Apakah Benar?

Beberapa Manfaat Sirsak untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah sirsak sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa manfaat sirsak yang bisa Moms ketahui:

1. Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah sirsak yang perama yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Berkat adanya kandungan antioksidan dan vitamin C, kedua kandungan itu memiliki peran sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan juga mengurangi resiko penyakit kronis, seperti diabetes.

2. Dapat Meredakan Peradangan

Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, buah sirsak juga dipercaya mempunyai efek antiradang, lho. Efek antiradang ini baik untuk mengurangi peradangan serta penyakit yang disebabkan oleh peradangan, contohnya seperti asam urat dan hipertensi.

3. Dapat Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah sirsak yang selanjutnya yaitu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serta dan air yang tinggi pada buah sirsak dapat menjaga saluran pencernaan menjadi tetap aktif. Moms juga dapat mencegah sembelit dengan mengonsumsi buah sirsak.

4. Dapat Melawan Infeksi

Riset menunjukkan ekstrak buah sirsak mampu membunuh parasit, bakteri, dan juga virus sehingga mampu membantu memulihkan tubuh setelah terinfeksi.

5. Dapat Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat buah sirsak yang terakhir adalah mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Kandungan antioksidan dan zat kimia lainnya memiliki sifat antikanker, sehingga ekstrak daun dan juga buah sirsak bisa memperlambat pertumbuhan jenis-jenis sel kanker, misalnya seperti kanker hati, ginjal, mulut, dan juga payudara.

Baca juga: Daftar Menu Buka Puasa Sehat untuk Ibu Hamil

Manfaat Makan Sirsak Ketika Hamil

Buah ini biasanya dikonsumsi sebagai pencuci mulut. Selain itu, buah ini juga dapat diolah sebagai jus. Bagi Moms yang sedang hamil, ternyata buah ini memiliki manfaat yang cukup banyak. Mengonsumsi buah sirsak dalam jumlah yang cukup ketika hamil ternyata baik untuk kesehatan kehamilan, lho. Penasaran apa saja manfaat makan sirsak saat sedang hamil? Berikut penjelasannya.

1. Mencegah Mual pada Awal Kehamilan

Manfaat makan sirsak yang pertama adalah bisa mencegah rasa mual. Rasa asam-manis yang dimiliki buah sirsak cocok bagi Moms yang mengalami mual pada awal kehamilan. Rasa asam-manis ini bisa merangsang produksi air liur, sehingga rasa mual pun akan hilang.

Selain itu, rasa asam-manis dapat meningkatkan nafsu makan. Bagi Moms yang malas untuk makan pada masa awal kehamilan, disarankan untuk meminum jus dari buah sirsak untuk mengembalikan selera makan.

Baca juga: Makan Pedas Saat Hamil, Boleh atau Tidak?

2. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah sirsak matang mengandung banyak sekali vitamin C yang bisa dimanfaatkan sebagai antioksidan. Manfaat makan sirsak yang satu ini adalah bisa mencegah radikal bebas karena sinar matahari atau asap kendaraan.

Untuk Moms yang sedang hamil dan biasa beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya makanlah buah sirsak setidaknya seminggu sekali. Selain untuk pencuci mulut, buah ini juga bisa mencegah panas dalam serta sariawan.

3. Dapat Melancarkan Sistem Pencernaan

Melancarkan sistem pencernaan juga salah satu dari manfaat makan sirsak. Ini karena buah sirsak mengandung serat yang membantu melancarkan sistem pencernaan.

4. Dapat Merangsang Produksi ASI

Sama halnya seperti daun katuk, sirsak juga ternyata bisa merangsang produksi ASI, lho. Apabila Moms ingin si kecil langsung mendapatkan kolostrum dari ASI yang keluar pertama kali, maka disarankan untuk mengonsumsi buah sirsak. Jangan membiarkan bayi menunggu sampai ASI lancar pasca persalinan. Persiapkan hal ini saat trimester terakhir masa kehamilan.

Baca juga: Jus Yang Menyehatkan Untuk Dikonsumsi Moms Ketika Hamil

Namun, perlu diingat bahwa jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi buah ini. Karena akan mengakibatkan diare dan juga meningkatkan kadar gula pada darah. Mengonsumsinya sebanyak sekali dalam seminggu saja sudah cukup.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like