Saat sedang hamil, Moms pasti mengkhawatirkan apa saja makanan yang boleh dan juga tidak boleh dimakan. Ada beberapa makanan yang dapat membuat Moms menjadi beresiko terkena masalah ketika hamil, contohnya seperti makanan mentah.

Bagaimana dengan makan yogurt? Apa saja manfaat makan yogurt ketika sedang hamil? Dan apakah aman mengonsumsi yoghurt saat hamil?

Apa saja manfaat makan yogurt saat hamil?

Yogurt adalah salah satu makanan sehat yang dihasilkan dari fermentasi susu. Ada bakteri tertentu yang dimasukkan ke dalam susu, hingga berubah menjadi yogurt. Rasa asam pada yogurt dihasilkan karena asam laktat yang bereaksi dengan protein susu. Sebagian besar produk yogurt juga sudah melewati proses pasteurisasi sehingga aman untuk dikonsumsi ibu hamil. 

Selain dapat menjadi snack, ada beberapa manfaat makan yogurt saat sedang hamil yang isa Moms dapatkan. Penasaran apa saja manfaatnya? 

Membantu mencukupi nutrisi 

Manfaat makan yogurt saat hamil adalah dapat membantu mencukupi nutrisi. Yogurt adalah salah satu sumber kalsium karena yogurt terbuat dari susu. Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil karena berguna untuk menjaga kesehatan tulang saat Moms hamil dan juga untuk pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Ditambah, yogurt mengandung banyak protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel baru dan juga perbaikan sel. Selain itu, yogurt mengandung mineral dan vitamin yang dibutuhkan Moms ketika hamil. 

Dapat meningkatkan kesehatan pencernaan

Meningkatkan kesehatan pencernaan juga salah satu manfaat makan yogurt saat sedang hamil. Yogurt juga merupakan salah satu sumber probiotik atau bakteri baik. Bakteri baik di dalam yogurt bisa meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan kemampuan usus saat menyerap makanan, dan juga mencegah Moms dari sembelit saat sedang hamil.

Kemampuan pencernaan Moms dapat menurun saat masa kehamilan, karena itu Moms membutuhkan yogurt.

Baca juga: Jus yang Menyehatkan Untuk Dikonsumsi Moms Ketika Sedang Hamil

Yogurt apa yang harus dihindari?

Jangan mengonsumsi yogurt yang belum melewati proses pasteurisasi atau dari susu yang belum dipasteurisasi. Hal ini bisa membahayakan Moms karena bakteri jahat yang ada di dalamnya bisa membahayakan Moms.

Penting sekali untuk membaca label produk pada yogurt sebelum membelinya. Biasanya yogurt yang dibuat sendiri atau oleh industri rumahan belum melewati proses pasteurisasi.

Pilihlah yogurt yang tidak ada kandungan full-fat atau lemak tinggi. Yogurt dengan jenis ini memiliki banyak kandungan lemak jenuh yang tidak baik bagi kesehatan jantung.

Terlalu banyak kandungan lemak juga bisa menyebabkan Moms mengalami kenaikan berat badan yang berlebih. Lebih baik pilih yogurt yang bebas lemak atau yang kandungan lemaknya rendah.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like
tips cepat hamil
Read More

5 Cara Agar Cepat Hamil

Untuk beberapa pasangan suami istri, mempunyai anak bisa menjadi keinginan utama yang belum terpenuhi. Hal ini dapat memberikan…