Mungkin Moms sering mendengar bahwa ketika hamil, wanita akan terlihat lebih bersinar. Tetapi, Moms juga perlu tahu bahwa Moms juga bisa mengalami kulit kering saat hamil, lho. Saat sedang hamil, kulit akan mengalami perubahan. Mulai dari stretch mark hingga produksi darah yang meningkat sehingga kulit menjadi bercahaya. 

Namun, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi kulit yang kering ketika hamil. Penasaran apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

Atasi kulit kering saat hamil dengan cara berikut ini

1. Menjaga hidrasi kulit 

Cara pertama yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi kulit kering saat hamil yaitu dengan menjaga hidrasi kulit. Minum 8 gelas air dalam sehari dapat membantu Moms dalam menjaga hidrasi kulit. 

Selain itu, Moms juga bisa menggunakan pelembab di malam hari untuk menambah kelembaban kulit. 

2. Membuat sabun mandi sendiri 

Saat mengalami kulit kering saat hamil, sebaiknya jauhi sabun yang mengandung pewangi pewarna dengan bahan kimia keras, dan alkohol yang bisa menyebabkan iritasi kulit. 

Nah, sebagai gantinya, cobalah untuk mencampurkan 1 sdm cuka sari apel dengan 2 sdm air sebagai pembersih alami yang akan mengembalikan tingkat pH kulit serta mengatasi kulit yang kering. 

Selain itu, Moms dapat mencampurkan minyak kelapa, madu mentah, dan sabun Castile cair sebagai sabun mandi buatan sendiri. 

3. Menggunakan yogurt 

Yogurt kaya akan kandungan protein dan asam laktat yang mampu membantu detoksifikasi serta melembabkan kulit. Bahan ini juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati, mengencangkan pori-pori, serta mengurangi garis-garis halus. 

Moms bisa mengaplikasikan yogurt pada kulit dengan ujung jari dan pijat secara perlahan, lalu diamkan selama 2-3 menit. Setelah selesai, bersihkan yogurt dengan air dan keringkan menggunakan handuk. 

4. Jangan mandi terlalu lama

Ternyata mandi terlalu lama, terlebih dengan air hangat, bisa menyebabkan kulit Moms kering, lho. Hal ini dikarenakan air hangat akan menghilangkan minyak alami kulit. Jika Moms ingin menggunakan air hangat, batasi waktu mandi agar terhindar dari kulit kering saat hamil. 

Itulah 4 cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit yang kering ketika hamil. Selamat mencoba!

Baca juga: Penyebab Stretch Mark pada Ibu Hamil

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like