Semakin bertambah usia kandungan, tekanan yang ada pada kaki dan tubuh bagian bawah akan bertambah juga. Pada masa trimester terakhir, kaki Moms akan sering mengalami kram dan membengkak karena timbul varises. Tetapi, Moms tidak perlu merasa cemas karena kondisi ini akan menghilang setelah melahirkan.

Ada beberapa cara yang dapat Moms lakukan untuk meringankan nyeri kaki. Melakukan latihan ringan dan istirahat cukup di masa awal kehamilan mampu mencegah datangnya masalah kaki. 

Baca juga: Pijat Saat Hamil, Apakah Aman untuk Moms?

Penyebab serta cara meringankan nyeri kaki 

Terkadang tidak bisa diketahui apa yang menyebabkan terjadinya kram kaki walaupun kemungkinan ada kondisi tertentu yang memicunya. Tetapi, kram kaki merupakan salah satu kondisi yang sering dikeluhkan oleh kebanyakan ibu hamil selama masa kehamilan. Nah, apa yang harus Moms lakukan untuk meringankan nyeri kaki ini?

Melakukan olahraga ringan secara teratur, khususnya pada bagian engkel dan juga kaki akan membantu Moms untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga kram kaki pun bisa dicegah. Ada dua jenis latihan yang bisa Moms lakukan saat hamil guna meringankan nyeri kaki seperti kram varises, serta kelelahan pada kaki. 

Passive Leg Elevating

Caranya, Moms hanya berbaring dan sangga kaki dengan bantal agar posisi lebih tinggi dari panggul. Lakukan cara ini setiap malam kurang lebih selama satu jam. Dan jika memungkinkan, Moms bisa melakukannya di siang hari. 

Peregangan Betis

Caranya, berdiri dan tempatkan kedua tangan serta kaki di belakang kursi. Seret salah satu kaki yang kram sejauh mungkin, tapi usahakan tumit tetap menyentuh lantai. Kemudian, tekuk lutut kaki yang lain dan lemaskan. Kembali ke posisi awal dan ulangi cara ini. 

Selain untuk meringankan nyeri kaki, peregangan betis ini juga bisa mencegah kram untuk datang kembali. 

Varises di kaki bisa ditangani dengan beberapa langkah di bawah ini:
  • Hindari berdiri terlalu lama
  • Hindari duduk dengan kaki yang disilang (sila)
  • Hindari berat badan yang berlebihan
  • Mencoba produk khusus dari apotek untuk mendukung otot kaki
  • Tidur dengan posisi kaki yang lebih tinggi dari badan, bisa menggunakan buku atau bantal untuk menjadi penyangga

Baca juga: Kaki Bengkak Ketika Hamil? Begini Cara Mengatasinya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like