Moms, setiap wanita akan mengalami gejala yang berbeda menjelang datangnya haid. Namun, ada beberapa gejala umum yang dialami oleh hampir semua wanita, seperti kram perut, jerawat, dan juga nyeri payudara.

Khusus untuk gejala yang terakhir, nyeri payudara, ini bisa juga mengindikasikan kalau Moms sedang menanti buah hati. Lalu, bagaimana cara membedakan nyeri payudara menjelang haid atau hamil?

Nyeri payudara menjelang haid

Satu sampai dua minggu sebelum haid dimulai, biasanya Moms akan mulai merasakan nyeri disertai pembengkakan payudara, dan ketika diraba akan terasa lebih padat dan berisi.

Nyeri payudara menjelang haid disebabkan oleh hormon estrogen dan progesteron yang berubah selama siklus menstruasi. Hormon estrogen membuat saluran payudara membesar. Sementara produksi hormon progesteron membuat kelenjar susu membengkak.

Rasa nyeri ini akan bertambah intensitasnya seiring dengan datangnya haid. Mulai dari nyeri ringan sampai yang agak intens satu atau dua hari menjelang haid. Untuk Moms yang produktif, rasa nyeri ini bisa mengganggu. Namun, jangan khawatir, karena berangsur dengan selesainya masa haid, nyeri payudara juga akan menghilang.

Nyeri payudara tanda hamil

Berbeda dengan nyeri payudara menjelang haid, saat Moms hamil, nyeri yang dirasakan di sekitar payudara biasanya terasa lebih kuat. Bukan hanya itu, payudara pada Moms yang hamil juga akan terasa lebih sensitif, nyeri saat disentuh, serta terlihat lebih berisi dan besar.

Gejala ini berbeda dirasakan setiap wanita, karena itu Moms juga mungkin sering merasakan kesemutan di daerah sekitar puting. Warna kulit di sekitar puting biasanya juga menjadi lebih gelap.

Kalau nyeri payudara menjelang haid dirasakan sebelum haid, nyeri payudara tanda hamil justru dirasakan satu sampai dua minggu setelah hamil, dan berlangsung lama karena lonjakan hormon progesteron dalam tubuh selama masa kehamilan. Beberapa Moms bisa merasakan nyeri ini sepanjang 9 bulan kehamilan. 

Baca juga: Telat Haid Sebuah Tanda Kehamilan?

Bagaimana cara membedakan nyeri payudara menjelang haid dan tanda hamil?

Nyeri payudara menjadi salah satu gejala yang mirip dialami ketika Moms menjelang haid atau menandakan kehamilan. Selain gejala itu, masih ada serangkaian gejala lain yang hampir mirip dan membuat Moms mungkin sulit membedakannya.

Berikut beberapa poin penting untuk Moms membedakan antara gejala menjelang haid dengan tanda-tanda kehamilan.

  • Terlambat datang bulan bukan berarti Moms hamil. Terlambat datang bulan juga dialami wanita yang mengalami gangguan hormone.
  • Gejala haid biasanya diikuti oleh kram perut yang berlangsung selama 3-4 hari pertama haid. Beberapa wanita mengalami kram perut ringan, namun beberapa bisa mengganggu produktivitas.
  • Mual atau muntah hanya akan dialami oleh Moms yang sedang hamil, karena gejala ini tidak akan dialami selama menjelang haid atau terlambat datang bulan biasa.
  • Perdarahan ringan bisa menjadi salah satu tanda awal kehamilan, Namun, umumnya Moms tidak akan memiliki perdarahan selama menjelang haid.
  • Tes kehamilan adalah cara terbaik untuk membedakan antara gejala haid dan tanda awal kehamilan.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like