Penyebab Pusar Sakit Saat Moms Sedang Hamil

Pusar sakit saat hamil

Di masa kehamilan, tubuh Moms akan mengalami perubahan. Nah, salah satu perubahan yang terjadi dapat menimbulkan masalah yaitu sakit pusar. Walaupun termasuk normal, rasa sakit di bawah pusar ini akan membuat Moms menjadi tidak nyaman karena hal biasa terjadi secara mendadak.

Lalu, apa saja sih penyebab pusar sakit di masa kehamilan? Dan bagaimana cara menanganinya? 

Beberapa penyebab pusar sakit saat sedang hamil

1. Peregangan yang terjadi pada otot serta kulit perut 

Penyebab pusar sakit yang Moms rasakan saat hamil yaitu karena peregangan yang terjadi pada otot serta kulit perut. Karena ketika hamil, otot dan kulit Moms akan terasa seperti ditarik sampai mencapai maksimum di masa-masa terakhir kehamilan.

Inilah yang menyebabkan munculnya rasa gatal, sakit, serta stretch mark selama masa kehamilan. Karena terjadi peregangan, maka pusar yang ada di tengah akan ikut bergerak selama peregangan ini berlangsung serta beresiko mengalami iritasi. 

Selain itu, ada beberapa ibu hamil mengalami pusar yang menonjol karena terjadinya peregangan. Hal ini dapat menyebabkan infeksi apabila pusar Moms yang menonjol bergesekan dengan baju. Nah, jika Moms mengalami kondisi ini, tutupilah pusar menggunakan perban atau pakai baju dengan bahan yang halus guna menghindari iritasi. 

2. Menindik pusar

Apabila Moms menindik pusar, maka Moms perlu melepasnya. Tindik di pusar bisa menjadi penyebab pusar sakit karena akan meningkatkan rasa sakit dan nyeri di daerah pusar. Hal ini dapat menjadi penyebab infeksi bahkan hingga membentuk abses atau nanah yang tertimbun. Sebelum melepas tindik di pusar, Moms harus berkonsultasi dulu dengan dokter. 

3. Tekanan dari rahim

Pada awal trimester pertama, kondisi rahim Moms memang masih terbilang kecil serta terletak tidak terlalu jauh dari tulang kemaluan. Semakin bertambahnya usia kehamilan, rahim akan berkembang seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan janin sehingga menekan organ tubuh lain pada rongga perut serta pusar.

Saat Moms memasuki trimester ketiga di masa kehamilan, rahim akan menjauh melewati pusar. Hal ini disebabkan karena adanya massa cairan amnion serta keberadaan janin yang menekan rongga perut. Inilah yang menjadi penyebab pusar sakit saat Moms sedang hamil. 

4. Penyakit hernia umbilikalis

Penyakit hernia umbilikalis dapat menjadi salah satu penyebab pusar sakit saat hamil. Ini merupakan kondisi dimana usus menonjol keluar dari lubang perut di dekat pusar. Kondisi ini akan menyebabkan tekanan berlebih pada rongga perut.

Walaupun tidak hanya terjadi pada ibu hamil, resiko ini dapat meningkat ketika Moms mengalami obesitas atau hamil kembar. Namun, Moms tidak perlu khawatir karena penyakit ini akan hilang setelah melahirkan. 

Tetapi, jika Moms mengalami sakit pada bagian pusar, bengkak, hingga muntah-muntah, sebaiknya pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi ini. Karena dapat menyebabkan komplikasi apabila tidak segera ditangani. Apabila penyakit ini sudah melibatkan organ lain di dalam perut, maka aliran darah pun akan menipis hingga menyebabkan infeksi fatal.

5. Masalah pada saluran pencernaan

Penyebab pusar sakit juga dapat berhubungan dengan gejala mual muntah, meningkatnya suhu, hingga diare, lho. Kondisi ini disebabkan karena adanya infeksi usus yang membutuhkan penanganan segera karena diare dan muntah mampu menyebabkan kontraksi usus serta rahim. 

Jika infeksi ini disebabkan oleh toksin yang berasal dari organisme patogen, maka tanganilah dengan segera supaya tidak berdampak buruk bagi janin di dalam kandungan. 

Baca juga: Cara Atasi Perut Gatal Saat Sedang Hamil

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Moms tidak perlu khawatir. Penyebab pusar sakit akan berkurang seiring masa kehamilan bertambah. Sebaiknya, hindarilah menyentuh ataupun menggaruk daerah pusar walaupun merasa sangat tidak nyaman. Hal ini dilakukan guna mengurangi resiko infeksi yang disebabkan oleh gesekan. 

Guna meredakan rasa nyeri, Moms dapat mengompres pusar menggunakan air hangat selama 15-20 menit. Lakukan cara ini tiga kali dalam sehari.

Selain itu, cobalah untuk mengatur posisi tidur Moms saat hamil misalnya seperti posisi menghadap kiri serta ganjal menggunakan bantal agar rasa sakit berkurang. Pakailah baju berbahan lembut dan juga renggang untuk menghindari gesekan pada pusar agar terhindar dari iritasi. 

Tetapi jika Moms merasa pusar sakit dan disertai dengan pembengkakan, muntah, kram, demam, hingga pendarahan, maka segera periksa ke dokter. 

Baca juga: Perubahan Fisik yang Terjadi Saat Moms Sedang Hamil

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x