Perubahan Fisik yang Terjadi Saat Moms Sedang Hamil

Perubahan Fisik yang Terjadi

Ketika perut wanita sudah mulai membesar, Moms mungkin akan berpikir bahwa ia sedang hamil. Perut yang semakin membesar memang merupakan salah satu ciri-ciri hamil. Tapi apakah ada perubahan fisik yang terjadi selain perut membesar saat sedang hamil?

Apa saja perubahan fisik Moms saat hamil kecuali perut yang membesar?

1. Perubahan pada payudara 

Selain perut yang semakin membesar, perubahan payudara menjadi lebih besar juga merupakan ciri dari orang hamil. Kadar hormon wanita akan mengalami perubahan saat terjadi pembuahan di dalam rahim. Hal inilah yang menjadi penyebab payudara Moms menjadi besar saat sedang hamil.

Selain membesar, payudara juga akan lebih sensitif dan terasa nyeri. Moms mungkin juga akan merasa payudara menjadi penuh dan juga geli ketika disentuh. 

Puting payudara Moms juga akan mengalami perubahan menjadi lebih besar serta daerah sekitar puting berubah menjadi lebih gelap. Puting serta payudara yang semakin membesar ini dipersiapkan oleh tubuh guna memproduksi ASI serta menyusui si kecil saat sudah lahir. 

Moms mungkin akan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk menyesuaikan diri karena perubahan payudara yang terjadi. Sebaiknya Moms memakai bra yang sesuai dengan bentuk payudara atau membeli bra berukuran lebih besar dari biasanya agar lebih nyaman dengan perubahan fisik yang terjadi ini. 

2. Perubahan rambut dan kulit

Ketika Moms sedang hamil, perubahan fisik yang terjadi selanjutnya adalah perubahan rambut dan juga kulit. Moms mungkin akan mengalami masalah yang berhubungan dengan pertumbuhan rambut serta perubahan warna kulit. Kulit dapat berubah menjadi lebih sensitif dan timbul rasa gatal

Perubahan warna kulit biasanya paling sering terjadi di bagian wajah, leher, dan bagian lainnya yang sering terpapar sinar matahari. Mungkin ada beberapa ibu hamil yang kulitnya menjadi cerah, namun ada juga yang merasa kulitnya menjadi lebih kusam saat sedang hamil.

Ditambah, jika Moms mempunyai tahi lalat atau tanda lahir, maka ini juga akan berubah menjadi lebih gelap ketika Moms hamil. 

Bukan hanya itu, pembuluh darah Moms di beberapa bagian tubuh tertentu juga akan terlihat lebih jelas. Hal ini disebabkan karena adanya pembuluh darah kecil yang pecah karena Moms akan memasok banyak darah saat sedang hamil.

Pembuluh darah kecil yang dapat terlihat di bawah kulit ini biasanya disebut dengan spider veins atau pembuluh darah laba-laba. Selain itu, pembuluh darah yang ada di betis juga dapat pecah, ini disebut dengan varises. Pembuluh darah yang muncul biasanya berwarna biru serta menyakitkan.

3. Perubahan suhu tubuh

Selain perubahan pada payudara, kulit, serta rambut, perubahan fisik yang terjadi saat sedang hamil selanjutnya adalah perubahan suhu tubuh. Ketika terjadi pembuahan, suhu tubuh Moms mungkin akan sedikit naik sekitar setengah derajat atau lebih tinggi lagi.

Perubahan suhu tubuh ini dapat berlangsung beberapa minggu setelah Moms pembuahan atau tidak lagi menstruasi. Ini artinya, Moms mungkin saja sedang hamil.

Berikut tanda-tanda kehamilan yang sehat

Baca juga: Perut Tertekan Saat Hamil? Berbahaya atau Tidak?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x