Semakin bertambahnya usia kandungan, Moms seringkali akan merasakan perut kembung. Perut kembung saat hamil bisa mengganggu kenyamanan, sehingga berpengaruh pada nafsu makan. 

Ketika mengalami perut kembung, Moms akan merasakan perut menjadi terasa penuh dan juga kencang. Perut Moms juga akan terlihat membesar dibandingkan dengan biasanya. Kondisi ini tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman. Moms bisa mengalami kondisi ini kapanpun selama masa kehamilan. Tetapi, sebagian ibu hamil biasanya lebih sering merasakan kembung pada minggu ke-29 kehamilan. 

Apa penyebab perut kembung saat hamil?

Rata-rata orang buang gas atau kentut sebanyak 14-40 kali dalam sehari. Namun, gas yang banyak pada ibu hamil bisa membuatnya menjadi lebih sering buang gas. 

Perut kembung saat hamil bisa disebabkan karena bayi di dalam kandungan yang semakin berkembang dan menekan perut Moms. Hal tersebut juga mampu menghambat pencernaan. 

Selain itu, meningkatnya hormon progesteron selama kehamilan juga bisa menjadi penyebabnya. Hormon ini akan memberi efek relaksasi pada otot, termasuk otot saluran pencernaan sehingga akan bekerja lebih lambat. 

Gas berlebih yang masuk ke dalam pencernaan Moms juga bisa menjadi penyebab perut kembung saat hamil. Gas tersebut muncul di dalam tubuh saat bakteri dalam usus besar mengolah makanan yang belum selesai dicerna oleh sistem pencernaan. 

Baca juga: Sakit Perut Saat Hamil Muda, Sebenarnya Apa Penyebabnya?

Bagaimana cara mengatasinya?

Hal pertama yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi perut kembung saat hamil yaitu menghindari makanan serta minuman yang memicu gas, seperti kubis, kacang-kacangan, kembang kol, brokoli, goreng-gorengan, bawang bombay, makanan yang terkandung banyak lemak, dan juga minuman soda. 

Ada juga beberapa cara lain, diantaranya:

  • Menghindari makanan yang banyak mengandung fruktosa
    Beberapa makanan yang bisa menyebabkan kembung pada sebagian orang yaitu apel, pir, biji-bijian, daun bawang, serta makanan olahan
  • Menghindari makanan berlemak
    Makanan berlemak juga bisa membuat proses pencernaan Moms menjadi lambat, yang mana hal ini dapat menjadi penyebab perut kembung saat hamil
  • Makan dengan porsi yang sedikit
    Moms bisa mencoba makan dengan porsi yang sedikit. Karena dengan makan terlalu banyak setelah perut kosong dapat memperparah kondisi perut kembung karena membutuhkan waktu yang lama untuk mencerna
  • Menghindari minuman berkarbonasi dan pemanis buatan
    Minuman berkarbonasi dan pemanis buatan memang tidak disarankan untuk Moms yang sedang hamil. Moms disarankan untuk mengonsumsi banyak kalsium dengan mengonsumsi susu bebas laktosa atau susu kedelai yang kaya akan kalsium
  • Rutin olahraga
    Rutin berolahraga selama kehamilan baik bagi kesehatan ibu serta bayi dalam kandungan. Moms bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan santai agar pencernaan menjadi lancar dan perut kembung pun teratasi. Atau bisa juga dengan mengikuti kelas yoga khusus ibu hamil sehingga Moms merasa lebih rileks dan nyaman selama hamil
  • Berhenti merokok dan minuman alkohol
    Cara mengatasi perut kembung saat hamil yaitu dengan berhenti merokok dan minum minuman beralkohol. Selain tidak baik untuk kesehatan Moms dan janin, merokok dapat meningkatkan asam lambung, sedangkan minuman alkohol beresiko buruk untuk kesehatan janin di dalam kandungan. 

Lakukan saran-saran di atas agar perut kembung saat hamil teratasi. Saat Moms merasa kondisi perut kembung semakin mengganggu dan disertai dengan kram perut, diare, atau sembelit, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. 

Baca juga: Penyebab Sakit di Bawah Perut Ketika Hamil

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like