Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil Pada Trimester Ketiga

Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Perubahan tubuh yang terjadi akan membuat Moms kesulitan untuk mencari posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, terutama jika sudah berada pada masa trimester ketiga. Inilah yang sering membuat Moms tidak bisa tidur dengan nyenyak. Padahal, memperoleh tidur yang cukup merupakan salah satu hal penting bagi kesehatan Moms.

Nah, Moms bisa simak informasi berikut ini tentang posisi tidur yang baik selama hamil tua. 

Bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil?

1. Posisi menyamping ke kiri

Saat trimester kedua dan ketiga, tidur dengan posisi menghadap kiri merupakan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil. Posisi ini akan memungkinkan aliran darah serta nutrisi berjalan lancar, sehingga dapat memenuhi kebutuhan janin. 

Selain itu juga mampu meningkatkan fungsi ginjal yang dimana berfungsi untuk menghilangkan racun di dalam tubuh serta mengurangi pembengkakan di tangan, pergelangan kaki, dan juga kaki. 

Sebaliknya, tidur dengan posisi menghadap kanan akan menghambat oksigen serta nutrisi ke plasenta sehingga bisa membuat janin kekurangan dua asupan penting tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya hindari tidur dengan posisi menghadap kanan. 

2. Hindari posisi tengkurap

Meskipun Moms masih aman untuk tidur tengkurap saat trimester awal, sebaiknya hindari posisi ini ketika sudah menginjak kehamilan trimester ketiga. Posisi ini tidak termasuk posisi tidur yang baik untuk ibu hamil karena dapat menghambat aliran oksigen ke plasenta dan mampu membahayakan janin. Selain itu, Moms juga akan mengalami kesulitan bernapas. 

3. Hindari posisi terlentang

Posisi terlentang dalam jangka waktu lama ternyata tidak termasuk ke dalam posisi tidur yang baik untuk hamil. Justru sebaiknya Moms menghindari tidur dengan posisi terlentang saat trimester kedua dan ketiga. 

Mengapa? Karena posisi tidur ini akan menyandarkan berat rahim dan bayi pada bagian punggung, usus, serta pembuluh darah vena yang mengalirkan darah dari tubuh ke bagian bawah jantung/ 

Tekanan tersebut akan membuat punggung Moms sakit, mengganggu sirkulasi darah, wasir, pencernaan kurang lancar, dan menyebabkan tekanan darah rendah yang akan membuar Moms pusing. Sirkulasi darah yang kurang optimal ini akan mengurangi aliran darah ke janin sehingga janin akan lebih sedikit menerima oksigen serta nutrisi. 

Tetapi, Moms masih diperbolehkan untuk tidur terlentang hanya dalam waktu sebentar. 

Baca juga: 4 Vitamin untuk Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi

Pentingnya menjaga pola tidur selama kehamilan

Tidur merupakan waktu saat tubuh mengatur ulang dan memperbaiki dirinya. Hal penting lainnya yaitu meningkatkan aliran darah ekstra yang dibutuhkan guna mendukung perkembangan janin di dalam kandungan. 

Selain itu, tidur juga akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik sehingga mampu melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. 

Jadi, walaupun sulit untuk mendapatkan posisi tidur yang baik dan nyenyak ketika hamil tua, pastikan untuk memperoleh waktu tidur minimal 7 jam setiap harinya. Dan jika kesulitan untuk tidur dan mengganggu pola hidup Moms, konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan solusinya.

Baca juga: Susah Tidur Saat Hamil? Mungkin Ini Penyebabnya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x