Apakah Moms pernah merasakan badan yang cepat lelah, mudah mengantuk atau rambut rontok selama masa kehamilan? Biasanya rambut rontok terjadi setelah melahirkan, namun tidak jarang juga yang mengalami rambut rontok sejak awal kehamilan. Lalu, apa penyebab rambut rontok saat hamil? Bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut.

Mengenal Fase Kehamilan

terdapat beberapa fase kehamilan yang dilalui oleh ibu hamil. Oleh karena itu, sebaiknya Moms mengetahui tentang apa yang terjadi pada tubuh Moms yang bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin dengan baik. Berikut beberapa fase pada kehamilan, antara lain :

1. Kandungan usia 0-4 minggu

2. Kandungan usia 4-8 minggu

3. Kandungan usia 8-12 minggu

4. Kandungan usia 12-16 minggu

5. Kandungan usia 16-20 minggu

6. Kandungan usia 20-24 minggu

7. Kandungan usia 24-28 minggu

8. Kandungan usia 28-32 minggu

Sebenarnya Berapa Batas Wajar Kerontokan pada Rambut?

Kecepatan pertumbuhan rambut yang normal yaitu sekitar 1 centimeter per bulan. Rata-rata orang dewasa mempunyai 100,000 hingga 150,000 helai rambut, dan sampai sekitar 50-100 helai akan rontok setiap harinya. Jumlah ini masih tergolong normal dan Moms tidak perlu terlalu khawatir.

Baca juga: Rambut Rontok Saat Menyusui? Yuk Ketahui Penyebabnya!

Penyebab Rambut Rontok Saat Hamil

Perubahan hormonal saat hamil dapat mengakibatkan perubahan kadar estrogen dan progesteron pada tubuh, bahkan setelah melahirkan perubahan hormon juga terus berlangsung.

Lonjakan kadar progesteron dapat mengakibatkan rambut lebih kering, kusam dan rapuh, sehingga lebih mudah rontok. Hal ini yang menjadi penyebab rambut rontok saat hamil.

Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk menjaga kelembaban rambut selama mengandung. Perbanyak minum air putih dan asupan lain yang memiliki kandungan mineral untuk meminimalkan rambut rontok.

Melansir americapregnancy.com, sekitar 90 persen rambut tumbuh pada satu waktu, sementara 10 persen lainnya memasuki fase istirahat.

Setiap dua sampai tiga bulan rambut yang beristirahat akan rontok dan nantinya rambut baru tumbuh di tempatnya. Oleh karena itu, Moms tidak perlu panik apabila mengalami rambut rontok saat hamil.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Saat Hamil

Produk Organik

Cara mengatasi rambut rontok saat hamil yang pertama yaitu menggunakan produk organik. Menggunakan produk alami serta organik adalah salah satu langkah terbaik untuk mengurangi rambut rontok yang terjadi akibat infeksi kulit dan reaksi alergi kulit kepala. Produk organik sangat aman bagi Moms yang mempunyai kulit sensitif.

Minyak Hangat

Cara mengatasi rambut rontok saat hamil yang selanjutnya yaitu memijat menggunakan minyak hangat. Memijat kulit kepala dengan minyak hangat dianggap mampu membantu mengontrol rambut rontok secara alami. Minyak kelapa, jojoba, almond, minyak zaitun serta mustard dipercaya dapat menjadi perawatan terbaik untuk memberi nutrisi pada kulit kepala melalui pijatan.

Aloe Vera

Cara mengatasi rambut rontok saat hamil yang selanjutnya adalah dengan aloe vera. Aloe vera atau lidah buaya mampu menangani sebagian besar gangguan kulit. Gel lidah buaya ketika diaplikasikan pada kulit kepala, mampu mengobati kerontokan rambut yang terjadi karena kering atau infeksi di kulit kepala.

Santan Segar

Selain bisa digunakan untuk mengolah makanan, santan juga dapat mengurangi rambut rontok. Caranya sederhana, pijatkan setengah cangkir santan segar ke kulit kepala dengan ujung jari Moms. Diamkan selama 20 sampai 30 menit, bilas menggunakan shampo herbal yang baik.

Campuran Minyak

Cara mengatasi rambut rontok saat hamil berikutnya adalah dengan campuran minyak. Moms bisa campurkan enam sendok makan minyak jarak dan seperempat sendok teh minyak esensial lavender. Oleskan campuran tersebut di kulit kepala dan cuci setelah satu jam.

Akan tetapi, sebaiknya Moms konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu untuk menggunakan minyak esensial karena beberapa tidak direkomendasikan selama masa kehamilan.

Jus Lemon

Moms dapat kocok satu buah telur dan campur dengan satu sendok makan jus lemon. Oleskan di kulit kepala dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas.

Campuran ini tidak hanya bisa membantu mencegah rambut rontok tetapi juga membuat rambut lebih tebal dan lebih lembut.

Campuran Telur, Yogurt, dan Minyak Zaitun

Cara mengatasi rambut rontok saat hamil yang terakhir adalah dengan campuran telur, yogurt, dan minyak zaitun. Siapkan pasta dari bahan-bahan tersebut dan oleskan seminggu sekali. Hal ini berfungsi sebagai perawatan deep-conditioning yang bagus sebagai kunci anti kerontokan rambut untuk Moms.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi rambut rontok saat hamil yang bisa Moms praktekkan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Rambut Rontok Saat Diet, Ini Solusinya!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like