Sakit Perut Saat Hamil Muda, Sebenarnya Apa Penyebabnya?

Sakit Perut Saat Hamil

Terdapat banyak keluhan yang mungkin Moms alami pada awal kehamilan. Diantaranya yaitu morning sickness atau mual muntah dan sakit perut. Meskipun wajar untuk terjadi, Moms tidak boleh menganggapnya sepele, termasuk jika mengalami sakit perut saat hamil muda atau pada trimester pertama. Karena, sakit perut ini dapat menjadi tanda awal gangguan kesehatan. Nah, sebenarnya apa saja yang menyebabkan kondisi ini terjadi?

Penyebab sakit perut saat hamil muda

1. Perut berisi gas

Hal pertama yang bisa menjadi penyebab sakit perut saat hamil yaitu gas yang menumpuk di dalam perut. Kondisi ini akan membuat Moms merasa tidak nyaman. Gas ini disebabkan oleh kadar hormon progesteron yang meningkat. Semakin banyak hormon yang dilepas, semakin lambat pula kerja saluran pencernaan. Sehingga, makanan akan berada di dalam usus untuk waktu yang lama dan perut pun berisi gas yang menyebabkan sakit perut. 

2. Infeksi saluran kencing

Jika Moms mengalami sakit perut saat hamil di bagian bawah perut dan sakit ketika buang air kecil, kondisi ini merupakan tanda dari infeksi saluran kencing. Kondisi ini merupakan infeksi yang terjadi pada saluran kemih, yaitu ureter, kandung kemih, serta uretra. 

3. Plasenta mengalami abrupsi

Penyebab sakit perut saat hamil muda selanjutnya yaitu plasenta mengalami abrupsi. Plasenta bisa menyebabkan sakit perut, kram, bahkan pendarahan pada ibu hamil. Hal ini terjadi saat plasenta meluruh atau terlepas sehingga tidak bisa mengalirkan darah dan nutrisi ke janin. 

Kondisi ini disebut dengan abrupsi. Pada tingkat paling parah, abrupsi bisa menyebabkan kematian janin sehingga harus melakukan kelahiran prematur guna mencegah hal tersebut terjadi. 

Kenali tanda-tanda kehamilan yang sehat

4. Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik merupakan kondisi terjadinya proses perkembangan janin di luar rahim. Ada banyak faktor yang dapat memicu hal tersebut, diantaranya penggunaan KB dan juga terjadi inflamasi pada tuba falopi. Pada dasarnya, kondisi ini tidak dapat berlanjut lagi sehingga diperlukan perawatan medis secara intens. 

5. Keguguran

Sakit perut ketika hamil muda yang paling serius bisa berdampak pada gugurnya janin. Kondisi ini ditandai oleh kram perut, sakit pada perut bagian bawah di awal kehamilan, dan pendarahan. Tanda lain yang terjadi yaitu nyeri punggung serta mengalami kontraksi setiap 5-20 menit. 

6. Gangguan pencernaan

Penyebab terjadinya sakit perut saat hamil muda yang terakhir yaitu gangguan pencernaan. 

Kadar progesteron dan estrogen yang meningkat di dalam darah dapat memperlambat pergerakan usus, sehingga masa transit makanan dan gas yang ada di dalam lambung serta usus menjadi lama. Oleh karena itu, perut pun terasa kembung, penuh, serta nyeri. 

Itulah 6 penyebab sakit perut saat sedang hamil yang bisa Moms ketahui. Apabila memiliki keluhan kehamilan, segera bicarakan dengan dokter. Terutama jika keluhan disertai dengan nyeri ketika buang air kecil, keluarnya flek atau darah, demam, atau muntah. 

Baca juga: Cara Mengatasi Gangguan Asam Lambung Ketika Hamil

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x