Susah Tidur Saat Hamil? Mungkin Ini Penyebabnya

Susah Tidur Saat Hamil

Selama masa kehamilan, tubuh Moms akan mengalami banyak perubahan, salah satunya yaitu insomnia. Sebenarnya, insomnia tidaklah membahayakan bayi, namun Moms harus tetap mendapatkan istirahat yang cukup demi kesehatan Moms dan juga janin di dalam kandungan. Susah tidur saat hamil adalah kondisi normal dan mempengaruhi 78% wanita hamil.

Lantas, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? Simak penjelasannya berikut ini. 

Apa yang menyebabkan Moms susah tidur saat hamil?

Insomnia adalah kondisi dimana seseorang mempunyai kualitas tidur yang buruk dan disebabkan akibat sering terbangun di malam hari, sulit untuk memulai tidur, tidur tidak pulas, serta sulit tidur kembali setelah terbangun. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab Moms sering susah tidur saat hamil. 

1. Perut terasa mulas

Gangguan pencernaan yang disebabkan oleh perubahan hormon saat masa kehamilan dapat memicu rasa mulas dan membuat Moms susah tidur saat hamil. 

Cobalah untuk tidak makan pada saat dua jam sebelum waktu tidur, khususnya makanan pedas. Moms dapat minum obat antasida seperti Zantac, Tums, atau Rolaids yang biasanya aman selama kehamilan, namun tanyakan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Moms. 

Alternatif lainnya, Moms dapat menggunakan bantal dengan posisi yang lebih tinggi serta tidur dengan posisi miring ke kiri guna mencegah asam lambung naik ke kerongkongan dan juga mencegah rasa perih di dada. 

Baca juga: Cara Mengatasi Gangguan Asam Lambung Ketika Hamil

2. Gerakan bayi di dalam kandungan

Gerakan bayi di dalam kandungan juga bisa menjadi salah satu penyebab susah tidur saat hamil. Karena, bayi akan sering bergerak seperti menendang dan memutar. Apabila bayi menendang ke arah tulang rusuk, hal ini cukup untuk membuat Moms terbangun dan merasa tidak nyaman. Tidak ada yang bisa Moms lakukan untuk menghentikan pergerakan si kecil. 

Satu-satunya cara yang dapat Moms lakukan adalah menikmati setiap kontraksi yang dirasakan dan mencoba bersantai. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan napas agar tubuh menjadi lebih rileks. 

Baca juga: Cara Mengatasi Kesemutan di Jari dan Lengan Ketika Hamil

3. Lebih sering buang air kecil

Bukan hal yang aneh apabila Moms lebih sering buang air kecil saat sedang hamil, terutama saat malam hari. Kapasitas kandung akan menyusut karena ukuran rahim yang semakin membesar. Lebih sering buang air kecil ini dapat menjadi penyebab Moms susah tidur saat hamil. 

Cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu minum air sesedikit mungkin dalam satu atau dua jam sebelum waktu tidur guna membatasi intensitas buang air kecil Moms saat sedang tidur. 

Moms juga bisa mencoba membuat lampu kamar dan kamar mandi agar tetap redup sehingga Moms mudah untuk kembali tertidur setelah terbangun untuk buang air kecil. Karena, lampu yang terang akan merangsang tubuh untuk tetap terjaga semalaman. 

4 .Tidak nyaman karena perut terus membesar

Kondisi perut yang terus membesar akan membuat Moms tidak merasa nyaman. Hal ini dapat menjadi penyebab susah tidur saat hamil. Moms dapat mencoba beberapa posisi tidur yang nyaman serta menggunakan bantal tidur khusus ibu hamil guna menambah kenyamanan saat sedang tidur.

Hal lainnya, sekitar satu dari 4 ibu hamil sering mengalami sindrom kaki gelisah, yang merupakan gangguan sistem saraf. Kondisi ini akan menyebabkan dorongan besar yang tidak tertahankan untuk menggerakkan kaki. Selain itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan timbulnya sensasi geli di paha, betis, dan juga kaki. Sensai ini biasanya akan memburuk pada sore dan juga malam hari. 

Bukan hanya di kaki, Moms juga akan merasakan sensasi ini di lengan. Sindrom kaki gelisah juga berhubungan dengan hentakan paksa lengan dan kaki, atau dikenal dengan gerakan tungkai periodik dalam tidur. Apabila Moms merasakannya, ini dapat menjadi pertanda dari kurangnya zat besi dan folat di dalam tubuh. Untuk mengatasi kondisi ini, tambahkan asupan dari kedua zat ini. 

5. Nyeri punggung serta kram kaki 

Nyeri punggung dan kram kaki sudah menjadi hal yang sering terjadi selama masa kehamilan. Hal ini sering membuat Moms susah tidur saat hamil atau terbangun ketika sedang nyenyak tidur. Untuk mengatasi nyeri punggung, Moms dapat tidur dengan posisi menyamping dan menempatkan bantal antara kedua kaki guna mengurangi tekanan. 

Sedangkan untuk menghindari kram kaki, Moms dapat melakukan peregangan dengan cara berjalan santai di sekitar kamar serta meminta pasangan untuk memijat kaki sebelum tidur. Selain itu, Moms juga dapat meninggikan posisi kaki ketika duduk dan juga saat tidur. 

Baca juga: Kaki Bengkak Ketika Hamil? Begini Cara Mengatasinya

6. Kecemasan

Penyebab terakhir yang memungkinkan Moms susah tidur saat hamil yaitu kecemasan. Ketika hamil, Moms pasti tidak jarang mengalami cemas yang berlebihan. Seperti memikirkan perubahan tubuh yang terjadi sampai proses persalinan yang sering menimbulkan rasa takut.

Maka dari itu, Moms perlu memanjakan serta menenangkan diri sendiri sebelum pergi tidur, salah satu caranya yaitu dengan mandi air hangat. 

Moms dapat mencoba untuk aktif pada siang hari namun jangan berlebihan. Melakukan olahraga yang beresiko rendah seperti yoga, berenang, dan berjalan kaki bisa membantu Moms dalam memperbaiki pola tidur di malam hari sehingga insomnia pun teratasi.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x