Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil selama ini masih menjadi perdebatan. Sebagian orang berpendapat ini baik untuk diminum ibu hamil, sebagian lagi menganggap susu kedelai berbahaya. Lalu sebenarnya apa manfaat susu kedelai untuk ibu hamil?

Khasiat susu kedelai untuk Moms yang sedang hamil cukup banyak. Terlebih, susu kedelai juga diketahui menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia terutama bagi vegetarian.

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Kandungan asam folat tinggi

Susu kedelai diketahui memiliki kandungan asam folat, di mana nutrisi yang satu ini sangat baik untuk Moms ketika hamil, bahkan sejak masa persiapan kehamilan. Oleh sebab itu, sebenarnya tidak ada larangan mengonsumsi susu kedelai untuk ibu hamil.

Dengan catatan, usia kehamilan harus sudah cukup. Asam folat berfungsi dalam membantu tumbuh kembang janin di dalam kandungan, terutama perkembangan sel sarafnya dan baik juga untuk perkembangan otak bayi.

Dengan asam folat yang tinggi, susu kedelai baik untuk pertumbuhan sel saraf akan lebih optimal dan juga dapat meningkatkan kecerdasan bayi.

Mengandung banyak vitamin

Susu kedelai memang menjadi minuman favorit para vegetarian, karena susu ini ternyata memiliki kandungan banyak sekali vitamin. Seperti vitamin A, vitamin E dan vitamin B.

Fungsinya yaitu untuk menjaga kebugaran tubuh dan membuat tubuh Moms tetap sehat selama masa kehamilan.

Memiliki Protein yang lengkap

Pada dasarnya terdapat banyak makanan yang mengandung protein. Oleh karena itu, walaupun susu kedelai untuk ibu hamil muda tidak disarankan, Moms tetap bisa mendapatkan asupan protein dari sumber makanan lain.

Namun susu kedelai ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Sementara protein mempunyai manfaat untuk masa kehamilan, salah satunya untuk mengoptimalkan perkembangan semua organ janin. Terlebih, protein dalam susu kedelai terbilang sangat lengkap, seperti glisin, arginin, treonin, dan lisin.

Lemak nabati

Susu kedelai untuk ibu hamil memiliki banyak manfaat, hal ini karena susu kedelai mempunyai sedikit kandungan lemak nabati. Lemak ini juga dapat membantu tubuh untuk melawan kolesterol jahat. Lemak nabati juga berfungsi sebagai cadangan lemak untuk janin dan ibu hamil.

Mengandung Karbohidrat

Umumnya karbohidrat memang berkhasiat untuk memberikan asupan energi di dalam tubuh. Ibu hamil tentunya membutuhkan energi ekstra untuk melakukan aktivitas sehari-hari, oleh karena itu mengonsumsi susu kedelai untuk ibu hamil itu cukup penting.

Hal ini bertujuan untuk memenuhi asupan karbohidrat yang dapat mengatasi kelelahan.

Apabila Moms suka dengan rasa susu kedelai, mungkin ini dapat menjadi pilihan saat nafsu makan menurun karena derita mual dan muntah.

Apakah Susu Kedelai Berbahaya untuk Moms yang Sedang Hamil?

Pasalnya, yang mengakibatkan susu kedelai untuk Moms yang sedang hamil itu berbahaya ketika kehamilan masih pada trimester pertama. Hal ini karena kedelai mengandung phytoestrogen. Kandungan tersebut dapat meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil, karena bisa memicu terjadinya kontraksi.

Pada awal kehamilan, perekat janin masih belum sempurna sehingga mungkin susu kedelai bisa jadi kurang aman.

Moms tidak perlu khawatir mengonsumsi susu kedelai, karena dilarang bukan berarti benar-benar tidak boleh. Susu kedelai ini memang cukup berbahaya apabila Moms mengonsumsinya saat usia kehamilan masih di minggu pertama sampai minggu ketiga kehamilan.

Selain itu, Moms tidak perlu khawatir karena manfaat susu kedelai sangat menguntungkan untuk Moms ketika sedang hamil. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Baca Juga: Ini 6 Pantangan Ibu Hamil Muda yang Harus Dihindari

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like