Kehamilan adalah hal yang menggembirakan dan yang paling ditunggu-tunggu oleh Moms dan suami. Maka tidak heran jika Moms ingin mengetahui kehamilan secepatnya, yaitu dengan memperhatikan tanda tanda hamil 1 minggu. 

Ciri hamil 1 minggu belum dapat Moms lihat atau rasakan. Pada umumnya, gejala kehamilan akan dimulai ketika Moms terlambat haid, yaitu sekitar minggu keempat masa kehamilan. Pada saat itu, sebagian wanita biasanya akan mengalami kram perut dan bercak darah yang disertai dengan mual, muntah, serta gejala awal kehamilan yang lain minggu berikutnya. 

Apa saja tanda tanda hamil 1 minggu?

Beberapa hal bisa menjadi ciri awal kehamilan

Selain tidak mendapatkan haid, Moms akan mengalami beberapa gejala berikut ini pada beberapa minggu setelah pembuahan:

  • Payudara sensitif dan bengkak
    Payudara menjadi bengkak, sensitif serta nyeri ketika disentuh merupakan tanda tanda hamil 1 minggu. Tetapi, gejala yang satu ini tidak selalu terjadi. 
  • Mual tanpa atau disertai dengan muntah
    Tanda tanda hamil 1 minggu yang berikutnya yaitu Moms mungkin akan merasakan mual tanpa atau disertai muntah. Bukan hanya di pagi hari, mual dapat terjadi kapanpun. Hal ini berhubungan dengan hormon kehamilan Moms.
    Setiap ibu hamil akan memiliki pengalaman yang berbeda, ada yang ringan dan parah. Nah, jika Moms mengalami mual muntah lebih dari 10 kali dalam sehari sehingga tidak ada minuman dan makanan yang masuk, dokter mungkin akan menyarankan Moms untuk melakukan rawat inap.
  • Sakit di bagian bawah pinggang
    Sakit di bagian bawah pinggang merupakan salah satu tanda tanda hamil 1 minggu. Ada sebagian ibu hamil yang mengalami kondisi ini dan bahkan kemungkinan berlanjut selama masa kehamilan. Khususnya, karena terjadi penambahan berat badan serta berubahnya postur tubuh Moms seiring berjalannya waktu. 

Selain itu, ada juga tanda tanda hamil yang sering dikeluhkan oleh banyak ibu hamil, misalnya seperti merasa lelah, sensitif terhadap bau,menjadi sering buang air kecil, serta ingin mengonsumsi makanan tertentu. Terkadang Moms juga akan mengalami kembung dan juga sembelit. Hal ini disebabkan karena sistem pencernaan yang melambat saat hamil. Perubahan hormon ketika hamil juga mampu menyebabkan sakit kepala, lho. 

Walaupun sulit untuk mengetahui ciri hamil 1 minggu, Moms tidak perlu khawatir. Kabar kehamilan in bisa Moms pastikan beberapa minggu kemudian. Jika perlu, Moms bisa melakukan pemeriksaan diri ke dokter kandungan guna memastikan ciri hamil 1 minggu, walaupun seringkali belum bisa dipastikan. 

Baca juga: Ciri Hamil 1 Bulan yang Perlu Moms Ketahui

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like