Apa tanda pertama kehamilan yang Moms ketahui? Telat haid pasti menjadi nomor satu di daftar para Moms. Namun, bagi Moms yang baru kali pertama mengalami kehamilan, pasti ingin tahu lebih dalam, apakah telat haid tanda kehamilan?

Siklus normal haid

Siklus haid dimulai sejak hari pertama haid datang sampai dengan satu hari sebelum haid di bulan berikutnya. Siklus ini berbeda di setiap Moms, namun umumnya berlangsung selama 28 hari. Selama siklus ini berada di rentang waktu 21-35 hari, berarti masih dikategorikan normal.

Haid sendiri berlangsung antara 5-10 hari. Haid yang berlangsung maksimal sepuluh hari masih dalam kategori normal.

Telat haid Tanda Kehamilan?

Bagi Moms yang memiliki siklus haid teratur, tidak akan sulit untuk menghitung siklus haid dan akan dengan mudah menyadari jika sudah telat haid. Namun, apakah telah haid tanda kehamilan yang mungkin terjadi? Haid dikategorikan terlambat jika sudah lebih dari 7 hari tidak menstruasi dari tanggal seharusnya.

Untuk Moms yang memiliki siklus teratur, jika haid tidak kunjung datang di hari ke-33 sejak menstruasi hari pertama, perlu dicurigai adanya kehamilan. Nah, untuk Moms yang siklusnya tidak teratur, bisa mencoba mengecek 5 haru setelah siklus terpanjang, misalnya hari ke-40.

Jika Moms memang sudah berhubungan intim sebelum haid datang, ada baiknya mengecek menggunakan test pack ketika haid datang terlambat. Dengan begitu kita bisa tahu apakah telat haid sudah pasti hamil.

Namun, kehamilan bukan satu-satunya penyebab haid datang terlambat. Stres yang berlebih, diet tidak teratur, olahraga berlebihan, atau penyakit lain bisa menyebabkan haid datang terlambat.

Baca juga: Nyeri Payudara, Menjelang Haid atau Tanda Hamil?

Moms, jika telat haid yang sudah pasti hamil ada beberapa perubahan di dalam tubuh yang juga akan dirasakan, yaitu :

Payudara nyeri dan kencang

Selama kehamilan, tubuh akan memproduksi hormon estrogen dan progesterone lebih banyak untuk pertumbuhan bayi. Di sisi lain, kedua hormon ini akan membuat payudara menjadi lebih kencang dan puting menghitam.

Perut kram

Mirip dengan gejala haid, tanda-tanda awal kehamilan juga disertai dengan perut kram. Jika sesudah lewat masanya, haid tidak juga datang, sebaiknya Moms memeriksakan diri.

Merasa tidak enak badan

Gejala mual, hilangnya nafsu makan, dan buang air kecil yang lebih sering menjadi gejala umum di bulan-bulan awal kehamilan. Moms sering kali salah mengartikan gejala ini dengan masuk angin. Namun, jika haid telat dan gejala ini muncul, sebaiknya periksakan dengan alat tes kehamilan.

Di awal masa haid, biasanya diawali dengan munculnya flek kecokelatan. Kehamilan juga memiliki gejala yang serupa. Sel telur yang telah menempel ke lapisan rahim dan telah mengalami pembuahan akan juga memunculkan gejala yang sama.

Moms, jika gejala-gejala di atas sudah muncul, ada baiknya Moms memeriksakan diri dengan menggunakan alat tes kehamilan atau kunjungi dokter kandungan.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like