5 Cara Memutihkan Gigi yang Mudah untuk Dilakukan

Cara Memutihkan Gigi

Mempunyai gigi yang bersih tentu akan membuat rasa percaya diri Moms menjadi tinggi. Moms pasti akan merasa tidak percaya diri jika memiliki gigi yang kuning, bukan? Oleh karena itu, merawat gigi adalah hal yang penting untuk dilakukan, salah satunya cara memutihkan gigi. 

Tapi, jika gigi Moms sudah terlanjur kuning, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memutihkannya kembali. Berikut ini cara-cara yang bisa Moms coba. 

Bagaimana cara memutihkan gigi yang kuning?

Ada beberapa bahan yang dapat Moms gunakan untuk mengembalikan kembali warna putih pada gigi. Cobalah beberapa cara di bawah ini. 

1. Menggosok gigi dengan baking soda

Cara memutihkan gigi yang pertama yaitu menggosok gigi menggunakan baking soda. Baking soda dianggap ampuh untuk mengangkat noda kuning pada gigi. Selain itu, bahan yang satu ini juga menciptakan lingkungan alkali dalam mulut Moms sehingga bakteri tidak dapat tumbuh. 

Perlu Moms ingat bahwa penggunaan baking soda untuk memutihkan gigi membutuhkan waktu dan Moms juga dianjurkan untuk tidak terlalu sering menggunakan baking soda karena dapat merusak enamel gigi. 

2. Mengonsumsi cuka apel

Percaya atau tidak, ternyata mengonsumsi cuka apel dapat dijadikan sebagai cara memutihkan gigi, lho. Kandungan asam asetat pada cuka apel terbukti ampuh untuk membunuh bakteri. Nah, sifat antibakteri inilah yang berguna untuk membersihkan mulut dan juga memutihkan gigi. 

Bukan hanya untuk memutihkan gigi, cuka apel juga dapat membuat permukaan gigi menjadi lembut.

Namun perlu diingat bahwa asam asetat berpotensi untuk mengikis enamel pada gigi, sehingga sebaiknya Moms tidak menggunakan bahan ini setiap hari. Batasi juga waktu bersentuhan antara cuka apel dengan gigi. 

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami?

3. Rutin mengonsumsi buah serta sayuran

Cara memutihkan gigi yang selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin. Meskipun tidak dapat dijadikan sebagai pengganti bahan penyikat gigi, mengonsumsi makanan sehat ini dapat menghilangkan plak ketika Moms mengunyahnya. Dengan begitu, noda kuning di gigi pun akan terangkat. 

Moms sebaiknya menghindari buah blackberry, blueberry, dan bit karena dapat meninggalkan noda pada gigi. Ada juga buah yang bisa mengangkat noda di gigi yaitu buah nanas dan stroberi. 

4. Mengurangi konsumsi gula

Kurangilah konsumsi gula apabila Moms ingin mempunyai gigi yang lebih putih karena gula membantu pertumbuhan bakteri streptococcus yang akan menyebabkan plak serta radang gusi. Maka dari itu, mengurangi konsumsi gula dapat dijadikan sebagai cara memutihkan gigi. 

Apabila Moms ingin mengonsumsi makanan dengan kandungan gula, segeralah sikat gigi setelah makan. Ini diperlukan guna menghindari pertumbuhan bakteri streptococcus..

Minuman soda, anggur merah, dan kopi dikenal dapat menodai gigi. Maka dari itu, Moms sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi minuman tersebut. Namun apabila memungkinkan, segeralah sikat gigi setelah minum minuman tersebut agar tidak ada noda yang menempel di gigi. 

5. Berkumur menggunakan minyak kelapa

Cara memutihkan gigi yang selanjutnya yaitu berkumur dengan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki kandungan lauric acid yang mampu membunuh bakteri di gigi dan juga mengurangi peradangan. 

Berkumur dengan satu sendok minyak kelapa ternyata juga dapat mengangkat plak serta menghilangkan radang gusi, lho. Meskipun belum ada studi yang dapat membukti efektivitas dari minyak kelapa, tapi berkumur dengan minyak kelapa dipercaya aman.

Baca juga: Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami Tanpa Obat Dokter

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x