Apakah Moms penasaran sebenarnya apa alasan munculnya jerawat kecil hingga wajah jadi bruntusan?  Munculnya jerawat kecil hingga wajah jadi bruntusan pasti bikin Moms jadi pusing kan. Biasanya jerawat-jerawat kecil ini sering muncul di area T-zone wajah misalnya seperti dahi, hidung serta dagu.

Baca juga: Muka Bruntusan? Ini Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Muka Bruntusan

Apa Alasan Munculnya Jerawat Kecil di Wajah?

Alasan terjadinya bruntusan di wajah disebabkan dengan munculnya jerawat kecil yang bergerombol atau biasa disebut dengan closed comedo. Sama halnya seperti jerawat besar, jerawat bruntusan ini terbentuk ketika sel kulit mati, minyak dan bakteri terjebak di dalam pori-pori kulit. 

Tersumbatnya pori-pori yang akan menyebabkan terjadi bruntusan ini biasanya sering disebabkan oleh hal-hal seperti ini: 

  • Perubahan hormon. Hal ini sering menjadi penyebab tumbuhnya jerawat pada wajah. Berubahnya hormon sering terjadi saat memasuki masa puber, menstruasi, masa kehamilan, sampai berhenti minum pil KB.
  • Lebihnya minyak di wajah. Kelebihan minyak pada wajah dapat menyebabkan pori-pori wajah menjadi tersumbat.
  • Menggunakan skincare wajah atau kosmetik. Skincare atau kosmetik yang mengandung bahan-bahan kimia tertentu bisa menjadi pemicu wajah bruntusan karena tidak cocoknya dengan kulit Moms atau bisa juga karena Moms mempunyai tipe kulit yang sensitif.
  • Terdapat bakteri. Tersumbatnya pori-pori kulit akan memudahkan sel kulit mati serta bakteri menumpuk. Contohnya seperti bakteri Propionibacterium acnes atau P. acnes. 

Selain hal-hal di atas, ada juga beberapa alasan munculnya jerawat kecil hingga wajah jadi bruntusan. Diantaranya: 

  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • Terpapar oleh polusi 
  • Menggosok area wajah yang berjerawat dengan terlalu keras 
  • Menyentuh area jerawat bruntusan dengan tangan yang kotor

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo Putih yang Mengganggu?

Apakah bisa menghilangkan jerawat bruntusan?

Setelah Moms tahu alasan munculnya jerawat kecil hingga wajah jadi beruntusan, pasti ingin tahu bagaimana cara menghilangkannya, kan? Sangat penting untuk Moms melakukan perawatan secara rutin demi menghilangkan jerawat-jerawat kecil di wajah.

Misalnya dimulai dari rajin mencuci muka dua kali sehari, tidak menyentuh ataupun memencet area kulit wajah yang sedang berjerawat, dan juga memilih produk perawatan wajah yang memiliki keterangan bebas komedo, bebas minyak, dan tidak menyumbat pori.

Selain itu, usahakan untuk memeriksa komposisi bahan yang ada pada produk skincare atau kosmetik yang akan Moms gunakan. Nah, yang terakhir, jangan malas ataupun lupa untuk menghapus make up Moms sebelum tidur.

Sebisa mungkin luangkan waktu untuk melakukan hal ini sehingga Moms bisa terbebas dari munculnya jerawat kecil.

Baca juga: Penyebab Munculnya Bintik Putih Pada Wajah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like